Memilih Warna Pernis Kayu untuk Lantai dan Cara Mengaplikasikannya

Memilih warna pernis untuk diaplikasikan pada lantai rumah Anda berperan penting untuk memperlihatkan suasana rumah. Pemilihan warna yang tepat akan membawa Anda pada suasana ruangan yang hangat atau bahkan dingin sesuai dengan keinginan Anda. Sebelum masuk ke dalam warna pernis yang harus dipilih pelajari dulu apa saja jenis pernis yang tersedia dan bisa Anda gunakan.

Apakah Anda perlu memutuskan warna pernis kayu Anda. Apakah Anda membutuhkan pernis berbasis minyak, berbasis solvent atau berbasis air?

Warna Pernis Kayu Untuk Lantai

Pernis berbasis minyak, meskipun lebih mudah untuk diaplikasikan, sekarang jarang digunakan karena mereka cenderung menambah banyak warna pada kayu, dapat mengambil usia untuk sepenuhnya menuakan kondisi ruangan, berpotensi berminggu-minggu untuk kering, dan memiliki umur yang singkat. Dua atau tiga la[isan biasanya melakukan usaha yang keras. Namun perlu diingat bahwa baunya lebih bau daripada produk berbasis air, rentan terhadap bekas kuas dan membutuhkan waktu lebih lama untuk kering daripada pelarut alternatif atau pernis berbasis air.

Pernis berbasis air lebih cepat kering dan berbau lebih sedikit, tetapi mereka dapat menaikkan sedikit serat kayu pada beberapa kayu lunak. Ini bukan masalah karena proses aplikasi antara mantel akan membantu menjaga hasil akhir tetap mulus. Pernis berbasis air tidak lebih baik dari pernis kayu berbasis minyak tetapi bekerja dengan baik di atas noda kayu berbasis pelarut dan noda berbasis thinner. Kebanyakan profesional menggunakan pernis berbasis air karena hampir tidak berbau.

Pernis berbasis solvent tidak cepat kering tetapi juga paling bau karena kandungan V.O.C (Volatile Organic Compound) yang tinggi. Menggunakan pernis berbasis solvent akan sulit dengan menyelesaikan finishing lantai karena kecepatan mereka kering sangat lama. Pernis berbasis solvent dapat menyulitkan bagi para pemula yang tidak memiliki pengalaman. Pemula mungkin lebih baik menggunakan dengan pernis berbasis air yang lebih mudah digunakan dan memberikan hasil yang sebanding.

Memilih Warna Pernis yang Cocok untuk Lantai

Jika Anda berencana untuk memasang lantai kayu keras di rumah Anda atau mungkin Anda sudah memiliki lantai kayu dan ingin memperbaikinya Anda perlu mempertimbangkan jenis finishing dan warna lantai kayu apa yang ada dan mana yang paling cocok untuk rumah Anda. Berikut ini beberapa warna yang bisa Anda pilih dari produk pernis.

  1. Honey dan Stain Merah

Memilih warna pernis untuk lantai kayu yang memiliki warna oranye, madu atau merah adalah pilihan yang tepat untuk menambah kedalaman secara halus dan meningkatkan serat kayu. Lantai kayu berwarna madu menciptakan kamar yang hangat dan ramah. Tampilannya mudah dipasangkan dengan perabotan klasik seperti yang kontemporer, meskipun bisa dibilang tampilan ini paling cocok untuk tren rumah modern yang chic. Dinding putih dan perabotan kayu dicat putih sering dipilih untuk melengkapi tampilan lantai madu yang mengundang warna putih membuat putih dari menjadi klinis dan dingin.

  1. Warna Mid-Brown dan Kopi

Memilih warna-warna noda lantai kopi mid-brown adalah pilihan yang sangat berkelas untuk rumah yang dewasa, halus dan chic. Ini juga merupakan nada yang sangat serbaguna yang dapat Anda sesuaikan dengan semua jenis penampilan dan berfungsi sebagai warna latar belakang yang netral jadi pilihan yang baik jika Anda membayangkan pengerahan ulang secara berkala. Ini sangat cocok dengan biru dan abu-abu, memungkinkan untuk merasa lebih dingin dan rileks untuk menyerap ruang Anda dibandingkan dengan nada madu yang nyaman yang dijelaskan di atas.

  1. Cokelat Sangat Gelap Warna Hampir Hitam
Warna Pernis Kayu Untuk Lantai

Warna noda lantai kayu paling mengesankan ketika hasilnya muncul adalah warna yang dalam dari warna kayu yang sebenarnya. Warna kayu yang sangat gelap dan hampir hitam dapat sepenuhnya mengubah cahaya putih alami oakk atau beech sehingga hampir terlihat seperti ebony. Estetika yang dihasilkan cocok secara luas menjadi dua kubu: ultra modern dengan perabotan kontemporer atau minimalis, atau ultra tradisional dengan perabotan dan perabotan yang mengambil isyarat mereka dari dekorasi bersejarah. Memilih untuk pernis kayu warna gelap adalah pilihan yang berani!

  1. Warna Pernis Abu-abu

Lantai abu-abu sangat tren saat ini, jadi layak dipertimbangkan jika Anda membangun dari awal atau memperbaiki lantai lama dan benar-benar menginginkan tampilan yang diperbarui. Lantai abu-abu memiliki keunggulan sebagai netral yang lebih menarik daripada cokelat medium, tetapi tidak seperti cokelat sedang mereka cenderung dipasangkan dengan sebagian besar dekorasi kontemporer modern. Namun, abu-abu itu rumit karena variasi warna abu-abu lebih hangat akan memberi ruang Anda nuansa yang lebih alami, dengan warna abu-abu biru yang lebih dingin akan menciptakan getaran segar.

Cara Menggunakan Pernis Kayu untuk Lantai

Warna dan jenis pernish bisa Anda pilih, kini saatnya Anda mengaplikasikan pernis pada lantai kayu rumah Anda. Bagaimana cara menggunakan pernis kayu dan kecepatan kering yang akan didapatkan tergantung dengan jenis pernis dan warna yang Anda inginkan.

  • Bagaimana cara mengaplikasikan varnish pernis berbasis minyak?

Gunakan kuas berbulu halus, kain bersih atau sikat busa waspadai sikat murah, yang sering meninggalkan bulu yang tidak enak dipandang di belakang serta membuat sapuan kuas yang terlihat jelas.

Sapukan vpernis ke arah yang sama seperti serat dan jangan terlalu tebal. Jangan menyikat area yang sama lagi dan lagi. Dan gunakan sapuan kuas panjang, yang membantu menyingkirkan semua gelembung dalam produk. Setiap gelembung kecil yang tersisa di akhir proses harus menghilang dengan cepat. Amplas ringan di antara lapisan.

  • Bagaimana cara mengaplikasikan pernis pernis berbasis air?
Warna Pernis Kayu Untuk Lantai

Aplikasikan lapisan yang sangat tipis dengan kuas halus atau kuas busa. Bekerja di arah yang sama dengan serat kayu. Agar tidak menaikkan pori tidak terlalu banyak sekaligus tenanglah. Lapisan pertama harus kering dalam beberapa jam dan ketika Anda tidak perlu sedikit amplas antara mantel, biasanya para profesional melakukannya, karena dapat membantu untuk mencapai hasil akhir yang lebih halus. Jika menggunakan primer, 2 lapis lacquer berbasis air biasanya cukup; jika tidak menggunakan primer, maka 3 lapis mungkin diperlukan untuk menawarkan perlindungan optimal.

  • Bagaimana cara mengaplikasikan pelapis pernis berbasis solvent?

Oleskan lapisan tipis dengan sikat halus atau rol microfibre. Bekerja di arah yang sama dengan serat kayu. Jaga agar ruangan selalu berventilasi setiap saat dengan membuka pintu dan jendela dan sadar akan waktu pengeringan yang kurang cepat. Seperti halnya pernis berbasis air, jika menggunakan primer, 2 lapis lacquer berbasis pelarut biasanya cukup jika tidak menggunakan primer, maka 3 lapis mungkin diperlukan untuk menawarkan perlindungan optimal.

Persiapan lantai kayu dalam 8 langkah sebelum Anda mengecat.

  • Semakin baik Anda membersihkan ruangan sebelum memulai, semakin baik akhir akhirnya. Debu dan kotoran dapat menghentikan amplas menjadi seefektif seperti seharusnya dan juga membuat berantakan pernis Anda jika Anda tidak melakukan apa pun yang Anda bisa untuk menjaga agar semuanya tidak kotor. Beberapa orang bahkan membersihkan dinding dan langit-langit untuk memastikan 100% ada sedikit debu.
  • Sewalah mesin amplas lantai khusus dan Anda akan dengan mudah dapat mengamplas sampai ke tepi lantai tanpa harus berlutut dan mengeringkan DIY.
  • Isi celah di papan lantai jika Anda perlu dengan wood filler atau wood putty.
  • Tergantung pada kondisi lantai, Anda mungkin perlu mulai mengamplas dengan amplas yang lebih kasar. Mulailah di salah satu ujung ruangan dan amplas sesuai arah serat. Gunakan amplas yang lebih kasar, biasanya sekitar 120 hingga 150 grit abrasif untuk mendapatkan hasil akhir yang indah dan halus.
  • Keamanan pertama yaitu selalu cabut kabel mesin amplas saat Anda perlu mengganti kertas.
  • Biarkan debu mengendap lalu perhatikan dengan saksama untuk menyingkirkan setiap titik terakhir. Lalu bersihkan permukaan bersih dengan kain atau pel basah dan biarkan kering secara menyeluruh.
  • Baik Anda menggunakan kuas, kain atau pad, aplikasikan dua hingga tiga lapis pernis dengan waktu pengeringan yang cukup di antaranya periksa instruksi pada kelang untuk rekomendasi pabrikan. Jika tidak sepenuhnya kering, akan terasa lengket. Pastikan Anda menerapkan produk di area kecil seluas 4-5 kaki persegi setiap kali.
  • Jangan berjalan di lantai setidaknya sehari setelah Anda menyelesaikan pekerjaan.

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH