Cara Mudah Mengecat Dengan Cat Kayu Kuas

Ingin mendapatkan cara mudah mengecat dengan cat kayu kuas yang tidak memakan biaya banyak dan hasil sempurna? Simak artikel berikut.

Ada beberapa aplikasi yang bisa dilakukan demi kelancaran proses finishing mebel. Dalam hal ini Anda bisa memilih antara lain spray system, kuas, dengan kain atau dengan roll. Jika menggunakan alat roll maka Anda membutuhkan mebel dengan bidang rata dan luas seperti dinding. Sedangkan jika menggunakan kain maka akan membutuhkan waktu yang lama karena Anda akan mengoleskan ke seluruh permukaan mebel secara perlahan. Lalu jika Anda memilih dengan alat semprot maka Anda harus mempersiapkan alat-alat yang tidak murah seperti spray gun, kompresor, dll. Maka pilihan paling mudah dan murah adalah meggunakan kuas. Alat kuas bisa Anda temukan dimana saja dan harga murah bahkan ukurannya bervariasi.

Demi keberhasilan dalam finishing menggunakan cat kayu kuas ada beberapa trik yang perlu diketahui yaitu :

  1. Menentukan jenis kuas. Dengan banyaknya ukuran kuas maka Anda harus memilih ukuran yang tepat. Misalnya jika finishing bidang yang luas Anda bisa menggunakan kuas yang berukuran besar. Jika bidang berlekuk maka Anda bisa memanfaatka kuas yang berukuran kecil agar bsia menjangkau bagian lekukan yang sulit.
  2. Ujung kuas. Bentuk dari ujung kuas harus rata agar tidak meninggalkan brush marking. Anda harus meratakan ujung kuas dengan gunting.
  3. Arah, ketika aplikasi arahan kuas searah serat kayu jangan sampai berlawanan arah atau memotong serat. Jika memotong serat maka hasilnya akan tidak rata.
  4. Cara memegang kuas. Ada dua cara memegang kuas yaitu seperti memegang raket dan seperti memegang sendok. Jika Anda mengaplikasikan pada bidang yang luas pegang kuas seperti memegang raket. Sedangkan jika Anda menjangkau daerah cekungan maka pegang seperti memegang sendok.

Tahapan Mengecat Dengan Cat Kayu Kuas

Ketika Anda sudah mengetahui cara aplikasi dengan kuas maka selanjutnya masuk ke dalam tahapan praktek. Di sini akan dijabarkan mengenai cara menggunakan cat kayu kuas agar hasilnya maksimal, berikut tahapannya:

Cat-kayu-kuas
  1. Material kayu harus kering. Jika banyak pori-pori yang masih terbuka maka gunakan Biovarnish Wood Filler dengan pisau scrape. Bersihkan serbuk bekas amplas dengan kain karena akan mempengaruhi hasil yang halus.
  2. Awali pengecatan dengan Biovarnish Woosd Stain yang sudah dicampur dengan air. Aplikasikan cat pada seluruh permukaan material atau mebel sesuai dengan cara yang sudah disampaikan di atas. Ketika aplikasi aduk cat terus menerus agar tidak ada pengedapan yang mempengaruhi hasil warna.
  3. Jika pengecatan lapisan pertama sudah selesai tunggu kering sekitar 60 menit saja kemudian amplas dengan kertas amplas alumunium oxide no. 400 hingga halus.
  4. Jika permukaan kayu kembali kering dan halus Anda bisa melakukan pengecatan kembali hingga warna yang diinginkan sudah didapatkan. Semakin banyak lapisan cat warna yang dihasilkana akan semakin gelap.
  5. Langkah terakhir adalah pemberian Biovarnish Clear Gloss. Dalam tahapan ini cara aplikasinya sama dengan Biovarnish Wood Stain.Hanya saja untuk mendapatkan hasil kering sempurna adalah mendiamkan mebel semalaman. Maka akan terbentuk lapisan film yang keras dan kuat.

Tipe Cat Kayu Kuas Yang Sempurna

Jika Anda memilih cat kayu kuas maka tidak bisa sembarangan. Contoh cat yang memiliki hasil sempurna adalah cat seri Biovarnish. Dengan bahan pelarut tidak akan mempengaruhi sisi keborossan, bahkan hasilnya yang halus tanpa bursh marking mempermudah Anda mendapatkan tampilan yang menarik. Bahkan teknik aplikasi tidak terpatok dengan kuas saja tetapi juga menggunakan spray. Jadi bagi Anda pemula atau profesional di bidang finishing dapat mengaplikasikan cat Biovarnish ini.

Artikel "Finishing Idea"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.