Mengapa Muncul Gelembung Saat Mengecat? Cek Dulu Penyebabnya Ini

Setelah Anda melakukan banyak pekerjaan mengecat, gelembung-gelembung besar dan kecil adalah hal terakhir yang tidak diinginkan, bahkan untuk para profesional di bidang mengecat. Lateks dan cat akrilik sangat mudah untuk menggelembung namun sebenarnya masalah ini dapat dengan mudah timbul pada cat yang baru saja mengering.

Masalah gelembung bisa saja terjadi pada permukaan material kayu interior maupun eksterior. Gelembung sangat mudah timbul ketika pencegahan tidak dilakukan.

Anda bisa bertanya pada beberapa profesional di bidang mengecat sehingga Anda mendapatkan banyak cara untuk melakukan pencegahan tersebut. Namun dalam artikel ini Anda akan dengan mudah mendapatkan jawabannya.

Darimana Gelembung Muncul?

Gelembung dapat muncul ketika lapisan top coat terpisah dengan lapisan cat di bawahnya. Anda perlu mamahami ini karena untuk mengecat permukaan kayu dibutuhkan beberapa lapisan film demi perlindungan.

Sayangnya munculnya gelembung sangat sulit untuk diprediksi bisa terjadi pada beberapa bagian dalam bentuk besar atau dalam bentuk gelembung kecil dan menyebar. Biasanya dapat muncul secara mendadak dalam beberapa bulan.

Gelembung ini muncul karena material kayu yang belum kering benar telah dilapisi dengan cat. Maka ketika pengecatan dilakukan dan lapisan top coat telah mengering, kandungan air di dalam kayu menguap karena adanya perubahan suhu.

Karena pori kayu telah tertutup dengan cat yaitu top coat maka udara yang menguap tersebut mendorong lapisan coating sehingga muncul gelembung.

Mengecat furnitur atau dinding eksterior dan terjadi hujan maka efeknya juga sama seperti Anda mengecat dalam keadaan kayu yang belum kering benar. Air hujan akan meresap ke dalam kayu melalui cat yang belum mengering.

Jika musim hujan maka sebaiknya Anda tidak melakukan pekerjaan mengecat di luar ruangan atau mengecat dinding kayu. Pada cuaca yang lembab akan mengakibatkan kayu meresap kelembaban dimana Anda harus menunggu kayu kering terlebih dahulu.

Tidak hanya itu saja jika Anda berencana untuk mengecat rumah dengan dinding kayu baik bagian dalam maupun luar maka ada banyak persiapan yang perlu dilakukan tidak hanya memilih bahan finishing, membeli alat untuk mengecat dan melakukan pekerjaan mengecat.

Misalnya saja Anda harus menyiapkan permukaan kayu yang sudah benar-benar kering dan bersih. Jika Anda menggunakan wallpaper sebelumnya pastikan bekas lem yang menempel sudah benar-benar hilang.

Lem yang menempel biasanya masih meresap ke dalam pori kayu maka tindakan yang tepat adalah melakukan pengamplasan hingga benar-benar bersih. Maka sebaiknya persiapkan dinding Anda dengan baik, cek kadar kelembababn dan juga kebersihannya. Pastikan tingkat kering dari kayu adalah standar biasanya MC 12-15.

Cara Menghilangan Gelembung Pada Dinding Kayu

Gelembung timbul ketika cat yang baru saja diaplikasikan kering dan terpisah dari permukaannya dengan berbagai macam alasan. Gelembung ini akan tampak besar dan Anda akan mendapatinya seperti akan pecah.

Mengapa Muncul Gelembung Saat Mengecat?

Gelembung yang muncul ini bisa diakibatkan oleh panas, kelembaban, ketidakmampuan cat merekat dengan baik pada permukaan kayu dan alasan lainnya. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gelembung yang biasanya muncul pada permukaan dinding kayu.

  1. Bersihkan

Walaupun banyak orang yang tidak menyadarinya debu dan kotoran akan menempel bahkan pada permukaan dinding yang rata. Anda juga harus mengecek apakah ada sarang laba-laba yang muncul pada bagian sudut dinding.

Pastikan semua area yang akan Anda cat ulang benar-benar bersih. Adanya debu dan kotoran akan menganggu kinerja dari cat sehingga tidak dapat menempel dengan baik pada permukaan dinding. Anda juga harus pastikan jika tidak ada tetesan air atau kayu yang lembab dan akan menimbulkan gelembung di kemudian hari.

  1. Tunggu Kering

Pastikan dinding kayu yang akan Anda cat telah kering. Jika Anda merasa tidak sabar untuk memberikan warna baru pada dinding rumah pastikan sudah benar-benar kering sebelum Anda mengecat. Jangan terburu-buru dan pastikan dinding benar-benar bersih.

Jika Anda sudah membersihkan bahkan jika menggunakan lap basah diamkan dinding hingga mengering dengan benar. Keringnya dinding tentu tergantung dengan cuaca dan juga kelembaban. Semakin tinggi tingkat kelembaban semakin lama Anda harus menunggu.

  1. Memilih Bahan Cat

Anda harus pintar memilih material cat yang tidak akan menimbulkan gelembung pada dinding rumah di kemudian hari. Jika Anda ingin menggunakan lapisan cat berwarna solid maka pastikan Anda menggunakan primer coat terlebih dahulu. Jika ingin mendapatkan warna natural pastikan Anda menggunakan sanding sealer.

Kedua produk tersebut akan berfungsi sebagai lapisan dasar yang akan menutup pori kayu dengan baik sehingga lapisan di atasnya akan melekat dengan baik. Fungsi primer yang lain juga untuk menutup warna dan serat kayu untuk meraih warna yang tajam.

Pilihlah bahan cat yang terbuat dari water based karena bahan ini akan memberikan perlindungan terbaik dari cuaca khususnya kelembaban yang akan mencegah timbulnya gelembung. Jika Anda ragu Anda bisa meminta Material Safety Data Sheet (MSDS) dari produsen cat. Anda juga akan mendapatkan saran untuk menggunakan jenis cat tertentu yang akan menghidari Anda dari gelembung dinding.

  1. Mengecat Tidak Harus dalam Cuaca Panas

Cuaca panas dianggap sebagai cuaca yang paling baik untuk melakukan pekerjaan mengecat khususnya mengecat dinding luar. Namun terlalu banyak udara panas juga menjadi salah satu masalah. Cat membutuhkan panas agar kering dengan sempurna namun jika temperatur tinggi terlalu cepat maka cat tidak akan kering sempurna dan gelembung akan muncul dengan mudah.

Selalu cek terlebih dahulu suhu udara atau temperatur apakah akan naik dengan tinggi secara cepat atau tidak. Selain itu cek juga apakah saran terbaik menggunakan cat baik itu campuran maupun cara mengecat dari pabrik pembuatnya sebelum memulai.

  1. Mengecek Cat
Mengapa Muncul Gelembung Saat Mengecat?

Terakhir adalah mengecek secara berkala apakah timbul gelembung pada bagian tertentu ketika cat sudah mengering. Cat yang baik tidak akan menggelembung ketika cat mengering dan dalam hitungan beberapa bulan.

Jika sudah dalam kurun waktu tahunan bahkan lebih dari tiga tahun maka permasalahan ini adalah hal yang sangat wajar.

Kembali lagi pada saat Anda mengaplikasikan cat, Anda harus mengecek dari awal hingga akhir bagaimana proses pengecatan yang baik dan disarankan oleh pabrik pembuatnya. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal selalu perhatikan pencampuran dengan bahan pelarutnya.

Kebanyakan para pemula kesalahan fatal adalah jumlah campuran dari cat dan bahan pelarutnya. Anda akan tidak boleh mendapatkan cat yang terlalu encer maupun cat yang terlalu kental. Cat harus memiliki cairan yang tepat.

Jika perlu untuk mendapatkan hasil yang terbaik tes terlebih dahulu lapisan cat pada permukaan kecil dinding yang tidak terlalu terlihat. Anda bisa mengetes warna sekaligus ketahanan cat dan apakah akan timbul gelembung.

Mencegah gelembung akan lebih baik jika Anda sudah siap dan melakukan hal-hal di atas untuk mendapatkan dinding yang halus.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH