Apa itu Finsihing Chalk Paint? Lakukan Finishing ini Pada Meja Rias

Memperbaiki meja rias yang tampak kusam dan sudah mulai banyak lapisan cat yang mengelupas? Mengubah warna meja rias menjadi tampilan solid tidak sulit namun kurang menarik jika Anda hanya memberikan tampilan gloss.

Temukan cara kreatif untuk memperlihatkan keindahan dan juga keunikan dari meja rias yang telah lama Anda gunakan. Chalk paint adalah salah satu cara yang tergolong kreatif untuk menampilkan tampilan yang unik dari meja rias lama.

Mengecat dengan chalk paint sebenarnya adalah cat lateks yang memiliki warna solid. Cat lateks kemudian ditambahkan dengan bubuk khusus yang akan membuat tampilannya berubah menjadi matte.

Chalk paint buatan sendiri biasanya menggunakan bahan-bahan gypsum, air dan cat lateks. Setelah diaplikasikan akan menghasilkan tampilan matte dan Anda bisa menambahkan aplikasi wax setelah cat mengering.

Fungsi wax adalah untuk meningkatkan tingkat glossy sehingga tampilan meja rias akan berubah menjadi satin. Jika Anda tertarik menciptakan chalk paint sendiri maka mulai dengan mencampurkan gypsum dengan air.

Perbandingan gypsum dan air adalah 1 : 1, setelah merata siapkan cat lateks. Campurkan larutan gypsum dengan lateks menggunakan perbandingan 3 bahan : 1 air. Aduk merata, pilih warna sesuai kebutuhan. Chalk paint pun siap untuk digunakan.

Apabila Anda kesulitan untuk menciptakan chalk paint sendiri, beberapa produsen cat telah menciptakannya. Chalk paint dikemas dalam bentuk siap pakai dan Anda hanya perlu menambahkan air untuk finishingnya.

Berbagai pilihan warna dari chalk paint membuat Anda akan bingung memilih manakah warna yang tepat. Anda juga bisa memilih dua warna sekaligus dan menampilkan tampilan kontras pada meja rias.

Persiapan Furniture untuk Finishing Chalk Paint

Berikutnya jika Anda ingin menggunakan chalk paint yang dikeluarkan pabrikan tidak salah. Anda bisa menggunakan cat chalk paint dengan lebih mudah. Proses aplikasi dimulai dari persiapan. Apapun hasil finishing yang diharapkan persiapan furniture adalah langkah awal yang penting.

Apa Itu Finsihing Chalk Paint? Lakukan Finishing Ini Pada Meja Rias

Pada tahapan persiapan ini ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti.

  • Bersihkan furniture

Lepaskan semua jenis perangkat keras yang terdapat pada meja rias Anda. Perangkat keras ini bisa berupa knop laci. Lepaskan juga laci yang ada pada meja. Bersihkan kotoran yang melekat dengan air sabun.

Gosok air sabun ke seluruh permukaan meja rias. Lakukan proses ini di luar ruangan agar tidak mengotori kamar Anda. Setelah bersih diamkan meja agar mengering kemudian memulai untuk memberikan isolasi kertas pada bagian yang tidak akan dilapisi cat.

Tutup semua bagian cermin menggunakan kertas koran agar Anda tidak perlu lagi membersihkan cat yang menempel. Bagian dalam laci juga harus Anda tutup dengan rapat.

  • Pengamplasan

Amplas seluruh permukaan kayu, langkah ini sangat penting untuk memudahkan lapisan chalk paint melekat di atas permukaan kayu. Anda tidak perlu untuk menggunakan paint remover jika lapisan cat sebelumnya adalah pernis.

Namun jika meja rias sebelumnya dilapisi dengan cat warna solid, sebaiknya bersihkan dahulu dengan paint remover. Cat harus dihilangkan kemudian lanjutkan dengan proses pengamplasan.

Gunakan sarung tangan dan masker agar debu amplas tidak masuk ke pernapasan. Lanjutkan dengan pengamplasan kembali, gunakan kertas amplas mulai dari 120 hingga 220 beralih secara bertahap.

Anda bisa menggunakan orbital sander untuk mempercepat pengamplasan. Jangan lupa amplas manual pada bagian pojok furniture seperti laci karena orbital sander berbentuk lingkaran yang sulit menjangkau area tersebut.

  • Bersihkan debu amplas

Setelah selesai mengamplas, maka akan banyak debu yang harus dihilangkan. Jika Anda memiliki mesin vakum maka gunakanlah. Apabila Anda tidak memilikinya bersihkan kumpulan debu menggunakan kain kering terlebih dahulu.

Lanjutkan dengan membersihkan debu halus sisanya menggunakan kain microfiber yang telah dibasahi. Kain ini akan mengangkat debu halus secara maksimal. Kemudian keringkan permukaan meja dengan kain baru yang bersih.

Dengan begitu, persiapan meja rias telah selesai dan Anda bisa melanjutkan pada tahapan berikutnya.

Cara Mengecat Ulang Meja Rias dengan Chalk Paint

Persiapan yang telah Anda lakukan akan menampakan hasil setelah chalk paint mengering. Tentukan produk chalk paint manakah yang akan Anda gunakan kemudian persiapkan. Persiapan bahan finishing ini tidak sulit, Anda hanya perlu mempersiapkan chalk paint, kuas dan tempat untuk mencampurkan cat.

Apa Itu Finsihing Chalk Paint? Lakukan Finishing Ini Pada Meja Rias

Setelah persiapan bahan selesai Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

  • Campurkan chalk paint dengan air, pastikan cat telah bercampur rata. Jangan sampai terdapat endapan karena pigmen yang dihasilkan lebih berat dengan air. Jangan gunakan kuas untuk mengaduk cat, setiap akan mengaplikasikan pastikan Anda melakukan pengadukan.
  • Celupkan kuas ke dalam larutan ¾ bagian bulu kuas. Gunakan kuas nilon yang tidak akan meresap air. Sapukan kuas ke satu arah pada permukaan meja rias, proses ini membutuhkan satu sapuan yang panjang.
  • Tidak perlu takut dengan tampilan brush mark karena itulah yang akan menjadi daya tariknya setelah kering. Dilakukan proses penguasan hingga seluruh permukaan terselimuti.
  • Tunggu lapisan chalk paint pertama kering. Tidak butuh waktu yang lama untuk kering, kemudian Anda bisa mengamplas ambang kemudian melapisi kembali dengan lapisan kedua.

Proses finishing chalk paint sebenarnya selesai pada tahapan ini. Namun beberapa DIY ingin mendapatkan tampilan yang lebih kreatif dan menarik lagi sehingga terdapat beberapa langkah tambahan.

Lapisan akhir dari chalk paint akan mengering setelah satu jam, Anda bisa melakukan langkah selanjutnya berikut ini:

  • Teknik distress

Anda akan memberikan tampilan lama pada meja rias hanya dengan sedikit mengamplas di beberapa bagian. Proses pengamplasan bertujuan untuk memperlihatkan meja telah digunakan dalam waktu lama sehingga beberapa bagian cat telah menghilang.

Mulailah untuk mengamplas hingga warna chalk paint sedikit menghilang. Pengamplasan biasanya dilakukan pada bagian siku. Pastikan Anda tidak berlebihan memberikan teknik distress ini agar tetap tampak natural.

Jangan lupa setelah mengamplas bersihkan debu amplas.

  • Waxing

Apabila Anda sering menggunakan meja rias, maka tampilan matte akan mudah rusak karena tidak tahan goresan. Untuk mengatasi masalah tersebut aplikasi wax sangat penting di sini.

Wax akan memberikan tampilan meja rias sedikit gloss yaitu satin, selain itu wax juga akan melindungi permukaan agar tidak mudah tergores. Proses aplikasi wax cukup menggunakan kain kering dan diusapkan pada permukaan meja secara merata.

Jangan terlalu tebal agar meja tidak menjadi lengket. Lakukan merata dan ulangi proses ini satu bulan sekali untuk menjaga tampilan satin tetap stabil. Bersihkan dengan kain kering dan meja rias kini telah tampak mewah.

  • Memasang perangkat keras

Setelah tampilan meja disempurnakan, saatnya untuk merakit melepaskan isolasi dan memasang perangkat keras kembali. Mulailah dengan melepaskan isolasi kertas. Baru pasang perangkat keras kembali.

Pasang juga laci dari meja yang telah Anda cat secara terpisah. Letakan meja rias di ruangan semula dan kini siap untuk digunakan.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH