Yuk Cek 3 Cara Mudah Mendapatkan Tampilan Pernis Doff yang Maksimal

Ketika saatnya berhubungan dengan finishing kayu, maka hasil yang berbeda sesuai dengan trend yang berlangsung bisa kapan saja berubah. Baik itu tampilan furniture gloss atau doff akan tetap memberikan perlindungan pada kayu yang sepadan.

Namun bagaimana Anda bisa menemukan atau memilih bahan finishing yang tepat untuk furniture atau dekorasi di rumah saat ini? Mari belajar dari tampilan bahan finishing yaitu pernis karena lebih banyak digunakan.

Pernis adalah bahan finishing yang akan menciptakan lapisan coating pada permukaan kayu. Lapisan coating ini memberikan tampilan transparan sehingga dapat memperlihatkan serat kayu dan warnanya.

Tampilan yang dihasilkan sangat berbagai sesuai dengan sheen level yang dimiliki. Sebagai lapisan paling akhir sangat penting menentukan manakah pernis yang tepat sesuai gaya furniture. Ada dua tampilan yang banyak dipilih yaitu gloss dan doff.

Pernis dengan tampilan gloss adalah tampilan kilap yang akan memantulkan cahaya diatas permukaan furniture. Tingkat sheen level hanya dapat diukur dengan glossy meter bukan dengan mata telanjang. Ukuran yang tersedia biasanya 85% hingga 90% adalah gloss, diatas itu sudah termasuk high gloss.

Tampilan yang kedua adalah doff, bertolak belakang dengan gloss tampilan ini tidak memantulkan cahaya sehingga furniture akan tampak buram. Buram bukan berarti tidak transparan, hanya saja akan tercipta lapisan permukaan kayu seperti tidak diberikan lapisan coating.

Trend finishing doff ini biasanya diaplikasikan pada furniture outdoor atau furniture yang memberikan kesan mahal. Tampilan doff membutuhkan perawatan yang lebih tinggi karena biasanya tidak tahan terhadap goresan.

Perlu kehati-hatian yang tinggi jika Anda memilih finishing dengan tampilan doff. Walaupun memiliki resiko perawatan lebih tinggi, tidak sedikit orang yang berminat dengan finishing ini. Proses aplikasinya sama seperti pernis kayu pada umumnya sehingga Anda bisa membaca cara pemakaian yang tertera dalam kemasan kaleng pernis.

Ada beberapa cara yang bisa Anda dilakukan untuk mendapatkan tampilan doff pada furniture. Jika Anda memiliki furniture berpenampilan glossy dan ingin mengubahnya menjadi doff tidak perlu khawatir karena banyak cara yang bisa dilakukan.

Pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut bagaimana cara menciptakan furniture berpenampilan doff.

Mengaplikasikan Clear Coat Doff Pada Furniture

Cara pertama yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan furniture dengan tampilan doff adalah mengecatnya. Cara ini bisa dilakukan untuk kayu yang belum di finishing sehingga sangat mudah untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

3 Cara Mudah Mendapatkan Tampilan Pernis Doff Yang Maksimal

Pilihlah bahan finishing yang terbuat dari bahan dasar air, karena pernis kayu doff water based lebih transparan dan cepat kering. Anda bisa menggunakan Biovarnish clear coat doff untuk finishing kayu.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan tampilan doff dengan top coat.

  • Amplas permukaan kayu dengan amplas grit maksimal 220. Bersihkan debu amplas.
  • Aplikasikan cat dasar kayu berbahan air, seperti Biovarnish sanding sealer. Bahan ini akan menyegel pori kayu sehingga minyak kayu tidak naik. Setelah kering lanjutkan dengan pengamplasan.
  • Siapkan Biovarnish clear coat doff yang telah dicampur dengan air. Semprotkan bahan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Tunggu lapisan pertama ini kering 60 menit kemudian amplas ambang dengan amplas grit 400.
  • Aplikasikan kembali Biovarnish clear coat doff ke seluruh permukaan kayu. Tunggu lapisan akhir ini mengering selama 24 jam atau semalaman.

Keesokan harinya setelah lapisan top coat mengering maka Anda akan dilihat furniture berpenampilan doff. Tampilan ini akan bertahan lebih lama, tidak ada tingkat kilau yang tinggi akan Anda lihat.

Mengubah Tampilan Glossy Menjadi Doff

Apabila Anda memiliki furniture yang telah di finishing dengan top coat atau pernis kayu gloss jangan khawatir karena Anda bisa mengubahnya menjadi tampilan doff. Kini Anda tidak membutuhkan pernis kayu doff lagi dan Anda membutuhkan bahan yang lainnya.

Sebelum memulai, pastikan jenis cat apakah yang digunakan sebelumnya. Anda perlu mengetahui agar lapisan cat baru tidak akan merusak lapisan cat lama dan juga cocok.

3 Cara Mudah Mendapatkan Tampilan Pernis Doff Yang Maksimal

Anda tidak perlu mengelupas lapisan cat lama dan mengulangi proses aplikasi kembali. Permukaan kayu harus dipastikan bersih dari debu agar tidak menimbulkan goresan. Gunakan kain katun yang kering untuk membersihkan permukaan kayu dengan benar.

Apabila permukaan top coat ternyata menggunakan lapisan pernis solvent maka untuk menurunkan tingkat glossnya Anda membutuhkan bahan seperti tung oil. Bahan ini akan mengubah tampilan glossy menjadi doff atau matte.

Perhatikan langkah-langkah berikut ini untuk proses aplikasi:

  • Amplas permukaan kayu dengan amplas halus grit 400. Gunakan amplas basah dan tambahkan sedikit air untuk menghasilkan goresan yang lebih halus lagi. Bersihkan permukaan kayu dengan kain kering.
  • Tuangkan tung oil atau teak oil ke dalam permukaan kain yang halus. Masukkan minyak ke permukaan kayu searah serat kayu.
  • Tetap gosokan minyak pada permukaan kayu hingga tinggal sedikit cairan minyak di permukaan. Biarkan minyak ini kering selama semalaman dan bersihkan dengan buffer.
  • Permukaan kayu akan menjadi lebih tidak mengkilap bahkan mendapatkan kesan doff. Anda hanya perlu melakukan pembersihan dan menggosok permukaannya secara rutin.

Bahan Poles yang akan Menurunkan Tingkat Gloss

Satu cara lagi yang mudah dan bisa Anda aplikasikan sendiri di rumah untuk mengubah furniture gloss lama menjadi tampilan matte. Anda tidak perlu mengelupas lapisan cat lama, bahkan bahan ini lebih mudah didapatkan dibandingkan tung oil.

Bekerja dengan tung oil membutuhkan waktu yang lebih lama walaupun proses finishingnya hampir sama yaitu dengan memoles. Gunakan bahan poles untuk hasil tampilan matte. Beberapa bahan poles ini biasanya digunakan untuk finishing polyurethane yang berpenampilan gloss.

Walaupun dirancang untuk polyurethane, bahan poles ini bisa juga digunakan untuk pernis gloss. Kuncinya adalah bersihkan permukaan kayu dengan amplas halus 400 grit atau bisa yang lebih halus lagi.

3 Cara Mudah Mendapatkan Tampilan Pernis Doff Yang Maksimal

Tampilan plastik mengkilap dari pernis akan berubah dengan kelanjutan langkah berikut ini:

  • Biarkan lapisan permukaan furniture bersih dan kering. Permukaan harus benar-benar bebas dari debu dan kotoran.
  • Oleskan bahan poles yang juga disebut sebagai wax. Oleskan menggunakan kain katun kering yang telah dibalutkan kepada busa sehingga membentuk lingkaran yang mudah dipegang.
  • Aplikasikan searah serat kayu dan tekan kemana saja arah pemolesan. Cara ini akan menghilangkan tampilan cacat pada kayu dan mengisi permukaan yang tergores. Pada awalnya akan tampak mengkilap namun setelah mengering akan berubah menjadi tampilan doff.
  • Apabila Anda memiliki buffer elektrik juga bisa digunakan. Pastikan kain yang Anda gunakan baru, bersih dan kering. Ketika kain sudah penuh dengan bahan poles gantikan dengan yang baru.

Ketiga cara diatas sangat mudah diterapkan pada segala macam kayu yang memiliki tampilan mengkilap. Anda kapan saja dengan mudah dapat memberikan lapisan baru dan sekedar memoles untuk mengubah tampilan pernis menjadi pernis doff.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH