Tips Memilih Warna Cat untuk Triplek sebagai Plafon Kamar

Pemilihan warna yang salah untuk plafon kamar bisa membuat tidur Anda tidak nyaman. Tentu Anda tidak ingin terganggu kenyamanan beristirahat hanya karena warna plafon triplek terlalu terang atau terlalu gelap. 

Warna ini bisa disesuaikan berdasarkan tema kamar atau warna kesukaan Anda.

7 Tips Pemilihan Warna Cat untuk Triplek Plafon Kamar 

Triplek adalah salah satu jenis plywood yang memiliki tiga lapisan. Di kedua lapisannya terdapat veneer yaitu lapisan lembaran kayu tipis. Khusus untuk plafon akan lebih baik menggunakan triplek yang cukup tebal. 

Untungnya triplek adalah jenis kayu buatan yang mudah dilapisi dengan warna cat apapun. Selama Anda mengaplikasikannya dengan tepat, plafon tidak akan mudah berkerut atau rusak. 

Justru dengan adanya lapisan cat, plafon triplek jadi lebih indah dan tahan lama. Supaya Anda menemukan warna cat untuk triplek terbaik, bisa memperhatikan beberapa tips sederhana berikut. 

1. Memilih Warna yang Sama dengan Dinding 

Tips yang pertama dalam pemilihan cat untuk triplek plafon adalah menyesuaikan dengan warna sama dengan dinding kamar. Cara ini cukup mudah karena Anda tidak perlu bingung memilih warna lain lagi. 

Warna yang sama akan menciptakan kesan serasi dan membuat ruang tampak lebih menyatu. Anda juga tidak akan kesulitan meletakkan furniture karena takut warnanya tidak sesuai dengan dinding dan plafon. 

Warna yang sama juga membuat kamar Anda jadi tampak lebih luas. Apapun warna yang dipilih ruangan kecil jadi tidak terasa sumpek. Selama bisa disesuaikan dengan desain interiornya. 

Beberapa pilihan warna yang sering digunakan yaitu putih, abu-abu, atau biru muda. Ketiga warna ini bisa membuat ruangan lebih nyaman serta luas karena cenderung lebih terang. 

Baca Juga:  Teknik Mengontrol Warna dengan Wood Stain Liquid Biovarnish untuk Kayu

2. Pilih Warna yang Lebih Gelap untuk Suasana Lebih Hangat

Tips selanjutnya adalah dengan menggunakan warna lebih gelap. Warna ini bisa Anda pilih jika menginginkan suasana kamar yang lebih hangat. Pemilihan warna gelap ini tidak terbatas pada warna hitam saja. 

Warna gelap bisa Anda dapatkan dari wood stain yang cenderung gelap seperti warna sonokeling atau walnut. Beberapa warna kayu eksotis juga cenderung gelap sehingga Anda tidak akan kesulitan mencari warnanya. 

Efek terbaik dari menggunakan warna gelap dari wood stain adalah serat dari veneer pada triplek jadi lebih terlihat. Kesan hangat akan diperkuat dengan plafon triplek yang notabene dari kayu. 

Kamar Anda jadi terasa lebih hangat, tidak kalah dengan plafon kayu palet asli yang jauh lebih mahal. Khusus untuk stain, Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Stain. 

3. Warna Biru Tepat untuk Suasana Tenang

Apakah Anda sering beristirahat di kamar saat sore atau liburan? Anda mungkin mengincar ruang kamar yang suasananya tenang. Disarankan agar Anda menggunakan warna cat biru untuk plafon triplek. 

Pilih warna biru terang sehingga Anda seolah-olah berada di bawah langit. Biasanya warna ini diaplikasikan ketika Anda memiliki kamar dengan plafon rendah. Akan lebih bagus jika Anda bisa menambahkan gambar awan yang samar-samar. 

Selain memberikan ketenangan, plafon triplek dengan warna biru muda akan membuat ruangan terlihat lebih luas. Jika sekarang kamar Anda cenderung sempit dan sumpek maka sebaiknya pilihlah warna ini. 

4. Hindari Warna Gelap untuk Plafon Triplek Rendah

Tips yang selanjutnya ini adalah untuk Anda yang memiliki kamar dengan plafon rendah. Lebih baik untuk tidak menggunakan warna gelap seperti hitam atau coklat hitam pada saat mengecat plafon. 

Baca Juga:  Grosir Cat Dasar Kayu Water Based Biovarnish di Indonesia Paling Aman

Warna gelap ini akan membuat ruang kamar Anda jadi terlihat sempit dan sumpek. Apalagi jika terdapat banyak barang di kamar, Anda tidak akan betah beristirahat dengan nyaman. 

Efek lain dari warna plafon yang gelap ini juga bisa membuat kamar terlihat lebih lembab tanpa disadari. Apalagi jika Anda jarang membersihkan kamar.

5. Jangan Pilih Warna dengan Tampilan Glossy

Plafon Kamar

Ada berbagai jenis cat yang memberikan hasil akhir glossy. Sekilas pada acara tertentu, plafon dengan tampilan glossy ini tampak mewah. 

Namun, jika Anda menerapkannya pada kamar tidur akan sangat tidak tepat. Bayangkan saja ketika Anda menyalakan lampu atau saat siang hari. Plafon yang terkena cahaya dapat memantulkan sinar ke seluruh ruangan. 

Anda yang terbiasa tidur dengan lampu mati tidak akan bisa tidur nyenyak. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih warna cat harus matte atau memiliki tingkat glossy yang rendah. 

Semakin rendah posisi plafon justru lebih baik karena tidak ada pantulan cahaya pada plafon dan juga dinding kamar. Ruangan pun jadi terasa lebih sejuk walaupun cahaya matahari masuk atau lampu dinyalakan. 

6. Warna Putih untuk Kesan Minimalis 

Masih merasa pusing memilih warna cat untuk triplek plafon? Anda bisa mengandalkan warna yang mudah ditemukan yaitu putih. Warna putih menggambarkan tema ruangan minimalis. 

Efek yang dihasilkan dari warna ini adalah ruangan bisa tampak luas dan kamar menjadi bersih. Jika Anda memiliki plafon dengan warna putih, seharusnya Anda akan lebih rajin membersihkan kamar. 

Anda bisa memadukan warna plafon putih ini dengan dinding warna pastel atau kuning gading. Warna-warna terang yang mendukung desain minimalis perlu diterapkan pada dinding kamar. 

Baca Juga:  Jual Cat Kayu Kuas Biovarnish untuk Mengecat Replika Kapal Kayu

7. Pilihan Warna Plafon Kontras dengan Dinding 

Anda juga bisa menggunakan warna cat untuk triplek plafon yang kontras dengan dinding. Misalnya, Anda menggunakan dinding dengan warna kuning, maka plafon dengan warna coklat sangatlah tepat. 

Ada juga yang menggunakan plafon dengan warna hitam dan dinding warna putih. Dengan catatan plafon kamar memiliki ukuran yang cukup tinggi. Dengan pemilihan warna kontras ini bisa membuat kesan ruangan lebih tinggi. 

Selama berencana mengecat plafon triplek sendiri, pastikan bahwa Anda menggunakan cat triplek terbaik. Anda bisa mengandalkan Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Clear Coat. 

Pilih Biovarnish Clear Coat matte agar plafon tidak memantulkan cahaya berlebih. Selain itu Biovarnish Wood Stain juga menyediakan banyak pilihan warna natural yang bisa dipilih dan disesuaikandengan triplek plafon di kamar Anda. 

Kelebihan dari warna cat untuk triplek dari Biovarnish ini adalah bisa bertahan lama. Proses finishingnya pun tidak mengeluarkan aroma menyengat. 

Artikel "Teknik Aplikasi"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH