Cara Aplikasi Cat Duco Kayu Pada Plywood untuk Hasil Warna Terbaik

Furniture yang terbuat dari plywood modern ini lebih banyak dipilih karena lebih kuat dan murah sebagai perabotan dalam ruangan. Tampilan plywood juga bisa menjadi indah dengan pengecatan yang tepat.

Veneer yang merupakan lapisan paling luar dari plywood memiliki keindahan tersendiri. Furniture yang terbuat dari plywood dibuat dengan sangat kuat sehingga dapat bertahan lama.

Kelebihan lainnya dari plywood adalah pada saat membentuk sebagai furniture tidak diperlukan membuat joinery yang biasa dilakukan pada kayu solid. Plywood adalah material yang sangat ringan dan mudah untuk dirakit.

Beberapa furniture biasanya dijual terpisah dan Anda perlu merakitnya sendiri di rumah. Jika Anda ingin melakukan pengecatan sendiri, pilihlah furniture plywood yang belum dilapisi dengan HPL (High Pressure Laminated).

Ada dua cara yang banyak dipilih untuk finishing furniture dari bahan plywood. Pertama adalah dengan pernis dan kedua adalah dengan cat duco. Tentu saja Anda harus memilih plywood dengan kualitas baik untuk memastikan bahwa veneer yang digunakan dan dipasang memiliki kualitas tinggi.

Lapisan veneer yang terlalu tipis atau proses perekatan yang tidak baik akan menghasilkan finishing apapun tidak sempurna. Mengecat plywood dengan cat duco membutuhkan usaha yang cukup tinggi khususnya pada bagian struktur.

Permukaan plywood yang kasar tidak akan menghasilkan finishing duco yang halus. Permukaannya harus dipersiapkan terlebih dahulu dengan pendempulan. Kemudian lapisan primer baru aplikasi cat duco.

Ingin tahu bagaimana langkah-langkah selanjutnya mengecat plywood dengan cat duco? Simak kelanjutannya dalam artikel ini.

Tiga Jenis Plywood yang Harus Diketahui

Sebelum Anda memulai untuk mengerjakan pengecatan pada plywood, kenali dahulu jenis plywood apakah yang digunakan. Dengan begitu Anda akan dengan mudah mengetahui cara pengecatan yang tepat.

Perbedaan dari plywood ini meliputi ketebalan, warna dasar dan ukuran. Proses mengecat sangat tergantung dengan perbedaan perbedaan tersebut. Sehingga Anda mengetahui bagaimana dan berapa lapisan top coat yang harus diaplikasikan.

Berikut ini tiga jenis plywood yang sering berada di pasaran.

  • Melamine plywood

Jenis yang pertama ini mirip seperti plastik sintetis dan sangat tipis. Ketebalannya hanyalah 0.4 hingga 1 zem yang kemudian lilaposo dengan lapisan okal MDF. Setelah proses terakhir ukurannya bisa mencapai 18-25 mm.

Permukaan melamine plywood ini berwarna cerah terkadang orang yang menggunakannya tidak perlu melakukan pengecatan lagi. Kayu ini sering digunakan untuk desain kantor atau hotel.

Jika Anda memiliki melamine plywood dan berencana untuk melakukan finishing maka prosesnya tergolong sangat mudah. Seratnya halus dan memiliki polimorfisme serat. Karena sifatnya yang sangat tipis sebaiknya Anda melapisi dengan cat sangat tipis.

  • Laminasi plywood

lembaran kayu laminasi biasanya memiliki tampilan yang mirip namun untuk laminasi plywood memiliki ciri yang lebih tebal. Jenis kayu ini sangat mudah untuk ditekuk. Kebanyakan digunakan untuk lemari kayu lapis dan rak dapur.

Kemudahannya untuk ditekuk membuat Anda harus memilih jenis cat yang tidak mudah retak. Cat harus lentur setelah kering mengikuti perubahan bentuk dari laminasi plywood. Proses finishingnya perlu hati-hati dan pastikan menggunakan kecepatan yang standar.

  • Veneer plywood
Temukan Cara Aplikasi Cat Duco Kayu Pada Plywood Untuk Hasil Warna Terbaik

Plywood yang memiliki lapisan veneer harus dilakukan dengan sangat hati hati karena veneer sangat mudah rusak. Venner adalah lembaran kayu yang sangat tipis direkatkan pada permukaan plywood dengan lem untuk membentuk serat kayu.

Veneer plywood lebih banyak digunakan untuk bidang konstruksi karena murah dan mudah untuk dibentuk. Warna dari plywood ini sesuai dengan veneer yang digunakan dan bisa memberikan hasil warna natural.

Langkah Langkah Mengecat Plywood dengan Cat Duco

Kini saatnya untuk beralih pada proses pengecatan plywood dengan cat duco kayu. Tahukah Anda bahan apa saja yang digunakan dan bagaimana cara aplikasinya? Proses aplikasi pada dasarnya bisa memanfaatkan alat apapun seperti kuas atau alat semprot.

Anda hanya perlu melakukan langkah tepat untuk menghasilkan warna tajam sesuai yang telah dipilih. Pada empat produk yang harus Anda gunakan untuk menghasilkan warna tajam dan halus.

Produk pertama adalah wood putty atau dempul kayu, kedua adalah primer coat, ketiga adalah cat duco kayu, keempat adalah top coat. Jenis cat yang paling mudah digunakan adalah cat berpelarut air.

Jadi pastikan Anda mendapatkan empat produk tersebut yang terbuat dari bahan dasar air. Misalnya saja Anda menggunakan produk BioColours yang merupakan produk cat duco kayu lokal Indonesia dengan kualitas terbaik.

BioColours memiliki daya tutup dan daya sebar yang luas. Anda bisa menggunakan 1 kg cat untuk menutup permukaan plywood berukuran 8-12 m2 untuk satu lapisan. Hitung berapa luas plywood yang akan Anda aplikasikan.

Pilih 24 warna yang tersedia dari Bioduco solid dan metalic. Pemilihan warna ini tentu saja berdasarkan jenis cat yang ingin Anda dapatkan. Jika sudah ikuti proses aplikasinya satu per satu berikut ini.

  • Membersihkan permukaan plywood

Penyimpanan di toko akan membuat plywood menyimpan debu dan kotoran. Jika Anda akan memulai pengecatan mulailah dengan membersihkan permukaan plywood menggunakan kain kering.

Bersihkan ke satu arah agar debu bersih dari permukaan plywood. Gunakan handuk yang lembut untuk membersihkan lapisan debu terakhir. Setelah bersih lanjutkan dengan proses pengamplasan.

Jika permukaan plywood sangat kasar Anda bisa menggunakan mesin amplas. Jika tidak Anda bisa melakukannya secara manual. Pastikan Anda berhati-hati mengamplas pada jenis plywood yang tipis.

Bersihkan permukaan plywood setelah selesai pengamplasan. Pastikan hasil amplasan tidak meninggalkan bekas dan menghasilkan permukaan yang halus. Bersihkan debu amplas seperti membersihkan kotoran sebelumnya.

  • Aplikasi dempul

Aplikasikan BioCOlours wood putty pada plywood yang berlubang dan bagian tidak merata lainnya. Aplikasikan dengan pisau palet dan ratakan. Isi penuh bagian yang berlubang dan tunggu lapisan mengering sekitar 20 menit.

Lanjutkan pengamplasan dengan kertas amplas 240. Dapatkan permukaan kayu yang halus dan merata. Bersihkan debu amplas.

  • Aplikasi primer coat

Larutkan terlebih dahulu BioColours primer coat dengan air. Gunakan gelas yang bersih dan dapatkan larutan mencapai 11-12 NK2. Tuangkan ke alat semprot kemudian semprotkan ke permukaan plywood.

Gunakan teknik cross spray untuk mendapatkan hasil cat yang merata. Jika warna primer pada lapisan pertama belum menutup warna plywood maka aplikasikan sekali lagi hingga benar-benar tertutup.

Pastikan di antara lapisan coating Anda mengamplas ambang dengan amplas 400 setelah lapisan primer kering. Hal ini juga berlaku pada lapisan cat duco dan top coat.

  • Aplikasi cat duco

Proses aplikasi BioColours Bioduco tidak jauh berbeda dengan aplikasi primer. Bedanya di sini Anda akan bekerja dengan warna yang telah dipilih. Anda perlu melarutkan mengaplikasikan dengan alat semprot dan menunggu kering.

Temukan Cara Aplikasi Cat Duco Kayu Pada Plywood Untuk Hasil Warna Terbaik

lapisan primer akan membantu warna cat duco menjadi lebih tajam. Anda juga bisa mengaplikasikan dua lapisan tergantung dengan hasil yang diinginkan.

  • Aplikasi top coat

Lapisan akhir berwarna transparan. proses aplikasi juga sama yaitu larutkan , semprotkan dan tunggu kering. Waktu kering yang dibutuhkan adalah 24 jam. Sebaiknya Anda mendiamkan plywood selama semalaman.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH