Kayu Buatan Membutuhkan Cat Kayu Mengkilap

Penampilan plywood menarik, mewah dan berdaya tarik tinggi? Jawabannya ada di finishing dengan cat kayu mengkilap yang tepat.

Semakin langkanya produk kayu maka semakin banyak kreasi untut tetap menggunakan kayu tetapi dengan cara yang lain yaitu mengolah kayu menjadi material kayu yang lebih banyak dan bisa digunakan layakanya kayu solid. Dua jenis kayu yang sering dimanfaatkan manusia saat ini adalah kayu solid dan juga kayu buatan. Dari keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Kayu solid adalah kayu gergajian yang tahapan proses pengolahan lebih langsung bisa dibuat menjadi furniture. Sedangkan kayu buatan adalah material dari kayu yang kemudian diolah dengan mesin baik itu mesin press dan juga bahan perekat. Contoh dari kayu buatan adalah MDF, HDF, Particle board, Multiplek, Triplek, plywood, dan masih banyak lagi.

Kayu solid penggunananya bagus untuk furniture outdoor hal ini berbeda dengan kayu buatan yang hanya bisa digunakan untuk furniture indoor saja. Kekuatan dari kayu solid dan kayu buatan sangat berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh pori-pori kayu. Jika kayu solid memiliki pori-pori alami untuk menyerap kelembapan secara normal. Sedangkan kayu buatan memiliki rongga dari bahan perekat. Misalnya saja Particle yang dibuat dari serbuk kayu yang dipress kemudian direkatkan menggunakan lem. Akan tetapi untuk penampilan, kayu buatan memiliki kelebihan yaitu memiliki serat yang bisa diatur. Untuk memperlihatkan serat kayu buatan maka cat kayu mengkilap yang tepat bisa menjadi bahan finishing yang bagus.

Plywood, Kayu Buatan Dengan Banyak Fungsi

Kayu buatan adalah salah satu material yang sering digunakan modern ini. Fungsinya tidak terbatas pada furniture indoor saja tetapi juga digunakan sebagai serat dua runagan, daun pintu, langit-langit, rumah, bahkan home decor. Sifatnya yang ringan membuat plywood lebih unggul dibandingkan kayu solid. Bahkan untuk interior kendaraa kebanyakan menggunakan plywood ini. Kelebihan dari plywood selaian bisa dibuat menjadi berbagai macam olahan juga memiliki dimenasi yang stabil, memiliki ketebalan kuat dibandingkan dengan papan kayu biasa bahkan tahan terhadap benturan atau pukulan.

Cat Kayu Mengkilap

Pembuatan dari plywood sendiri adalah kayu dan juga bahan  perekat yaitu lem. Pertama kayu log akan dikuliti atau diserut menjadi veneer yaitu lembaran kayu tipis dengan permukaan luas sehingga serat kayu dapat terlihat. Lalu lembaran veneer akan ditumpuk dengan serat yang bersilangan agar memudahkan bahan perekat menyerap dan terjadi perekatan yang kuat.  Kemudian plywood akan ditekan dengan mesin tekanan tinggi sambil dipanaskan. Maka plywood dengan ukuran tertentu sudah bisa digunakan. Ada dua jenis plywood yang pertama adalah triplek yaitu lapisan veneer yang digunakan ada tiga lapis. Yang kedua adalah multipleks dengan lapisan veneer lebih dari tiga. Plywood sudah banyak terbukti memiliki banyak kelebihan yaitu bahan perekat didalamnya berguna sebagai bahan penyekat air. Jika masa tekan semakin kuat amak daya tahan plywood dengan pukulan atau benturan juga semakin kuat.

Hal terakhir yang harus diperhatikan dalam pengolahan plywood adalah finishing. Dalam finishing plywood Anda bisa menggunakan dua jenis cat baik cat minyakl (solvent) atau cat water based. Anda bisa membuat desain furniture atau home decor dengan plywood sesuai style yang ingin diciptakan dan pilihan warna yang menarik. Untuk memberikan tampilan mengkilap dibutuhkan cat kayu mengkilap yang memiliki tingkat glossy pas.

Cat Kayu Mengkilap Untuk Finishing Plywood

Cat Kayu Mengkilap

Finishing plywood sendiri dipengaruhi oleh jenis cat yang digunakan. Lapisan plywood pasti memiliki bau yang menyengat hal ini dikarenakan plywood direkatkan oleh cat yang memiliki tingkat formalin tinggi. Sehingga bau menyengat tidak dapat dihindari. Untuk menghindari bau menyebar ke dalam ruangan Anda gunakan cat kayu water based yang tidak mengandung formalin untuk finishing plywood. Jika Anda menggunakan cat minyak maka kemungkinan bau hilang akan lama. Cat water based yang merupakan cat kayu mengkilap biasanya memiliki tingkat kilap atau glossy yang bagus yaitiu 80%. Dengan pilihan warna natural, furniture dari plywood Anda akan terlihat eksostis karena mengekspose serat kayu.

Artikel "Based Knowledge"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.