Karakteristik Kayu Kamper hingga Finishing yang Cocok Digunakan

Memerlukan kayu yang tahan banting seperti kayu jati namun lebih murah? Saatnya Anda untuk memanfaatkan kayu kamper. Kayu ini berasal dari Kalimantan sama seperti kayu ulin, bahkan fungsinya tidak jauh berbeda.

Fungsi kayu kamper yang banyak dimanfaatkan adalah sebagai bahan bangunanan namun tidak sedikit juga yang memanfaatkan kayu kamper sebagai furniture. Sisa dari pengolahan kayu kamper dimanfaatkan oleh pengrajin rumahan sebagai material kerajinan.

Bagian dari rumah yang biasanya memanfaatkan kayu kamper adalah kusen, jendela dan pintu, plafon kayu, usuk atau reng dan semua konstruksi atap. Dilihat potensi kayu kamper yang sangat baik maka dilakukan banyak budidaya kayu kamper untuk menjaga pasokan tetap terjaga.

Misalnya saja seperti di Samarinda yang merupakan hutan penghasil kayu kamper terbesar. Jenis kayu yang dihasilkan lebih halus sehingga lebih mudah diolah untuk menjadi furniture. Ketika masih menjadi pohon, kamper bisa tumbuh hingga ketinggian 20 – 30 meter dan diameternya adalah 0,6 meter hingga 1,2 meter.

Alasan mengapa kayu ini disebut dengan kayu kamper adalah harum wangi yang dikeluarkan seperti kamper. Maka disebutlah kayu ini sebagai kayu kamper. Wangi yang dikeluarkan tersebut sebenarnya berfungsi untuk mengusir rayap dan hama lainnya.

Karakteristik Kayu Kamper Hingga Finishing Yang Cocok Digunakan

Aroma tersebut berasal dari resin mirip dengan resin yang dimiliki kayu jati. Sehingga membuat kayu kamper tahan dengan rayap. Namun ketahanan nya masih di bawah kayu jati, kelas awet kayu kamper adalah kelas II – III dan kelas kuat I – II.

Dilihat dari kelas awet dan kelas kuatnya harga kayu kamper di pasaran lebih murah dibandingkan dengan kayu jati. Hal ini disebabkan kayu kamper masih memiliki jumlah yang mencukupi dibandingkan kayu jati.

Ciri lain yang khas dari kayu kamper adalah pola serta kayunya. Serat yang dimiliki berbentuk lurus dan bergelombang. Permukaan kayu memiliki tekstur yang kasar dan mengkilap walaupun tidak menimbulkan warna emas seperti kayu jati.

Warna kayu kamper mirip dengan kayu mahoni namun lebih cenderung lebih muda kecoklatan. Beberapa warna lain yang sering muncul dari kayu kamper adalah kemerahan, keabuan, dan hijau olive. Sangat sulit membedakan bagian kayu teras maupun kayu gubalnya karena memiliki warna yang sangat mirip.

Kemiripan kayu kamper dengan kayu mahoni seringkali disalahgunakan. Karena kayu mahoni memiliki harga lebih murah dibandingkan kayu kamper bahkan kualitasnya. Maka ketika Anda membeli kayu kamper yang asli berhati-hatilah dan pastikan kayu tersebut bukanlah kayu mahoni.

Cara mengawetkan kayu kamper paling mudah adalah dengan bahan finishing. Kayu kamper sendiri sudah memiliki dasaran warna dan serat yang menarik, kini Anda hanya perlu memilih finishing yang cocok.

Berbagai macam produk finishing tersedia dan siap dibeli untuk finishing kayu kamper. Namun terlebih dahulu Anda perlu memilih manakah hasil finishing yang sebaiknya digunakan pada kayu kamper.

Macam-Macam Finishing yang Cocok untuk Kayu Kamper

Masuk pada tahapan finishing, semua jenis kayu pada dasarnya membutuhkan perlindungan dari cat. Produk finishing atau cat ini memiliki dua varian hasil yang pertama adalah warna natural dan kedua adalah warna solid.

Hasil finishing warna natural memberikan tampilan kayu kamper yang asli sedangkan untuk warna solid akan menutupnya. Nah dari kedua tampilan ini manakah yang akan Anda pilih?

Pemilihan hasil finishing bisa ditentukan dari bagaimana Anda akan menggunakan kayu kamper. Apakah Anda akan menggunakannya sebagai konstruksi atau furniture. Berikut ini beberapa saran finishing pada kayu kamper sesuai penggunaannya.

  • Konstruksi pendopo modern

Anda akan membangun kayu kamper sebagai usuk atau tiang penyangga pendopo modern? Maka cat warna solid harus digunakan. Pendopo modern seperti yang dimiliki keraton membutuhkan kayu yang diberikan warna solid sesuai dengan makna dari masing-masing warna pada tiang.

Ditambah lagi adanya ukiran pada tiang penyangga membutuhkan warna solid yang berbeda. Dalam kasus ini Anda harus memenuhi warna solid apa saja yang dibutuhkan. Biasanya warna dominannya adalah hijau.

  • Konstruksi pendopo kuno

Selain rumah pendopo modern yang dihuni oleh bangsawan pada pula rumah pendopo kuno yang biasanya digunakan zaman dahulu untuk rakyat. Warna yang digunakan adalah warna natural yaitu memperlihatkan warna asli kayu kamper.

Karakteristik Kayu Kamper Hingga Finishing Yang Cocok Digunakan

Pada zaman dahulu bahan finishing yang digunakan adalah shellac atau plitur tradisional. Usuk kayu akan terlihat mengkilap transparan dan terlindungi. Namun kini Anda bisa menggunakan pernis kayu yang dijual pabrikan dengan mudah. Proses aplikasinya pun tidak sulit bisa menggunakan kuas atau alat semprot.

  • Furniture Outdoor

Ketahanan kayu kamper terhadap rayap membuatnya sanggup diolah menjadi furniture outdoor yang bersentuhan langsung dengan tanah. Misalnya saja garden furniture. Walaupun memiliki kekuatan yang bagus terhadap rayap tanah perlindungan dari cat tetap dibutuhkan.

Jenis cat yang perlu diaplikasikan adalah polyurethane. Cat ini akan memberikan lapisan coating pada garden furniture terhadap gangguan perubahan cuaca secara langsung. Warna kayu dan ketahanannya terhadap rayap atau jamur akan bertambah baik.

  • Furniture gaya minimalis

Anda akan mengecat furniture kayu kamper untuk gaya minimalis? Maka cat yang sebaiknya digunakan adalah cat kayu solid. Gaya minimalis adalah gaya yang memainkan warna-warna simple dan kebanyakan warna netral. Warna tersebut paling mudah dihasilkan dari warna solid.

Pilih warna kayu yang netral seperti warna putih, hitam dan abu-abu. Kesan bersih akan didapatkan dari kayu kamper. Anda bisa menempatkan furniture ini di seluruh area rumah sesuai kebutuhan.

  • Furniture gaya klasik

Apabila ingin menerapkan kayu kamper dengan furniture gaya klasik di rumah, pasti tidak jauh dengan warna kayu natural. Gaya klasik mengedepankan keindahan tampilan kayu keras. Pada waktu itu furniture dari kayu keras lebih mudah digunakan.

Demi menajamkan warna kayu Anda tidak hanya menggunakan pernis saja namun juga membutuhkan pigmen. Warna natural dengan pigmen bisa Anda dapatkan dari wood stain. Pilih warna wood stain yang mirip warna kayu kamper kemudian melapisinya dengan pernis.

  • Furniture dapur

Furniture kayu kamper yang digunakan untuk dapur memiliki ciri khas yang berbeda. Kayu harus dilapisi dengan bahan perlindungan yang tahan terhadap air. Bahan pernis water based cocok digunakan dan tampilan natural atau solid bisa dipilih sesuai selera.

Karakteristik Kayu Kamper Hingga Finishing Yang Cocok Digunakan

Mengapa pernis water based? Hal ini disebabkan furniture kayu kamper yang digunakan untuk dapur membutuhkan keamanan yang tinggi. Furniture bisa saja bersentuhan langsung dengan makanan yang perlu menggunakan cat kayu aman. Cat berbahan dasar air adalah cat yang tepat untuk melindungi furniture dari air dan tidak menimbulkan kontaminasi.

  • Furniture ruang anak

Adapun furniture yang digunakan untuk ruangan anak. Kayu kamper yang digunakan pada kamar Anda paling cocok adalah sebagai tempat tidur. Kekuatan konstruksi kayu kamper akan menjaga anak tetap aman.

Bahan finishing yang seharusnya dipilih adalah cat kayu warna solid yang berbahan dasar air. Anak-anak suka sekali dengan warna sehingga warna solid menjadi pilihan yang sangat penting. Sedangkan cat berbasis air akan melindungi kesehatan anak Anda dari gas beracun yang biasanya dikeluarkan oleh bahan finishing.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH