Rahasia Cara Finishing Kayu Jati dengan Biovarnish dengan Sempurna

Apakah Anda sudah melakukan finishing pada furniture kayu jati dengan tepat? Apakah produk yang digunakan sudah memenuhi standar untuk finishing? Jika belum perhatikan ulang hasil yang diinginkan, cara finishing serat produk apa yang Anda pilih.

Salah melakukan finishing pada furniture kayu jati artinya Anda akan mengulang proses finishing. Anda akan membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak lagi. Tidak mengurangi proses finishing Anda harus bisa melakukan rancangan proses finishing dengan tepat.

Apakah rancangan finishing itu? Rancangan perlu dilakukan yaitu menggambarkan bagaimana hasil finishing yang Anda inginkan. Ingatlah bahwa kayu jati adalah kayu dengan harga yang mahal. Salah melakukan finishing bisa berakibat fatal.

Banyak kesalahan yang dialami dapat dilihat setelah cat mengering seperti warna minyak kayu yang naik dan warna cat yang berbeda dari yang diinginkan. Menghindari masalah tersebut maka rancanglah hasil finishing Anda.

Anda bahkan bisa menggambarkan secara nyata dalam selembar kertas hasil finishing seperti apakah yang diinginkan. Sebagai saran, kayu jati sangat menarik jika Anda memberikan warna seperti pada kayu aslinya.

Warna kayu jati asli memiliki efek keemasan yang perlu diangkat. Anda bisa menggunakan produk Biovarnish yang merupakan pernis kayu water based. Pernis kayu yang terbuat dari bahan air ini memiliki transparansi yang sangat jelas.

Efek warna keemasan yang dibutuhkan untuk ditampilkan akan muncul dengan sempurna. pilihlah warna kayu jati dari Biovarnish seperti warna gardena teak. Tidak hanya itu saja kekuatan perlindungan Biovarnish pada kayu jati sangat maksimal hingga Anda bisa menggunakan pada furniture outdoor.

Produk Cat Kayu Water Based Biovarnish

Cat akan menempel dengan sempurna dan memberikan ketahanan yang cukup lama. Artinya ketahanan terhadap perubahan cuaca sudah diuji sebelumnya dalam laboratorium. Selanjutnya setelah Anda memutuskan akan menggunakan cat Biovarnish dan selesai memilih warna belajar bagaimana cara finishing yang maksimal.

Persiapan yang Wajib Dilakukan Sebelum Finishing

Melakukan finishing sempurna kebanyakan hanya dikuasai oleh para profesional. Lalu bagaimana para pemula atau DIY dapat melakukan proses finishing dengan sempurna? Hasil sempurna bisa dimulai dari cara persiapan.

Persiapan substrat kayu jati menjadi kunci utama Anda akan mendapatkan hasil finishing yang tepat. Finishing yang merata dan halus tergantung dengan pengamplasan dan kebersihan permukaan.

Apa saja persiapan yang perlu dilakukan, ikut langkah-langkah mudahnya berikut ini;

  1. Mulailah dengan mengamplas menggunakan amplas alumunium oxide nomor 180 dan 220 berurutan.
  2. Amplas menggunakan hand sander, jika tidak memiliki gunakan amplas yang dibalutkan pada balok kayu.
  3. Amplas searah dengan serat kayu untuk memotong bulu-bulu halus secara sempurna.
  4. Bersihkan debu amplas dengan kain microfiber yang lembab.
  5. Jemur sebentar untuk menghilangkan kandungan air.
  6. Sebelum memulai mengecat bersihkan debu setelah penjemuran dengan kain katun kering.

Langkah-Langkah Finishing dengan Biovarnish

Proses pengecatan dengan produk Biovarnish pada kayu jati cenderung mudah. Anda hanya memerlukan kuas dan juga air. Kuas sebaiknya gunakan yang baru dengan bulu nilon.

Siapkan bahan-bahan berikut ini:

  1. Biovarnish wood filler jati
  2. Biovarnish wood stain gardena teak
  3. Biovarnish clear coat gloss
  4. Kuas nilon
  5. Gelas plastik
  6. Air
  7. Pengaduk
  8. Pisau scrape
  9. Amplas alumunium oxide 240 dan 400
  10. kain katun kering

Setelah semua alat lengkap Anda ikuti langkah berikut ini:

  • Pendempulan

Cacat kayu jati perlu di dempul dengan wood filler untuk hasil yang merata. isikan atau ratakan Biovarnish wood filler jati dengan pisau scrape. Tunggu wood filler mengering selama 20 menit. Lanjutkan dengan pengamplasan dengan amplas nomor 240.

Rahasia Cara Finishing Kayu Jati Dengan Biovarnish Dengan Sempurna

Amplas permukaan kayu jati khususnya yang telah didempul hingga merata halus. Cacat atau lubang tidak boleh lag terlihat. Bersihkan debu sisa pengamplasan dengan kain.

  • Pewarnaan kayu

Jika permukaan kayu jati sudah merata dengan dempul lanjutkan dengan memberikan warna pada kayu jati. Campurkan Biovarnish wood stain warna gardena teak dengan air dalam gelas plastik. Dapatkan larutan hingga 11-12 detik NK2 aduk merata.

Celupkan ujung kuas nilon ke dalam larutan wood stain kemudian sapukan ke permukaan jangan terlalu ditekan. Lakukan penguasan searah serat kayu jika perlu tipis saja untuk menghindari brush mark. Tunggu lapisan pertama mengering 60 menit.

Apabila lapisan pertama telah mengering, lanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas nomor 400. Bersihkan debu amplas sesudahnya. Dilakukan penguasan sekali lagi hingga Anda mendapatkan warna yang diinginkan.

Biovarnish wood stain dapat diaplikasikan hingga beberapa kali lapis. perlu diingat bahwa semakin banyak lapisan maka warna akan semakin gelap. Oleh karena itu lebih baik untuk mendapatkan lapisan yang tipis.

  • Aplikasi Pernis

Lapisan akhir adalah Biovarnish clear coat gloss yang merupakan pernis bening. Hasilnya transparan atau bening jadi perlu cahaya yang kuat untuk melihat apakah muncul brush mark. Arahkan lampu dengan sudut 45 derajat di atas permukaan kayu jati.

Buatlah larutan clear coat yang sudah dicampur air dalam gelas plastik mencapai 11-12 NK2. Celupkan ujung kuas yang bersih kemudian sapukan ke permukaan kayu jati searah serat. Tunggu lapisan ini kering selama semalaman.

Perhatikan ketika penguasan untuk tidak menimbulkan efek brush mark. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, aplikasikan tipis saja. Sama seperti wood stain Anda bisa mengulang aplikasi clear coat setelah satu jam kemudian.

Trik Finishing dengan Biovarnish agar Merata

Ingin mendapatkan hasil finishing sempurna yaitu merata dan halus ada triknya tersendiri. Anda sudah tepat dengan memilih Biovarnish karena memiliki tarikan yang lebih ringan saat dikuas. Namun melengkapi cara finishing yang tepat Anda bisa mengikuti beberapa trik mudah.

Ikuti beberapa trik mudah cara finishing kayu jati menggunakan Biovarnish untuk hasil halus dan merata. Anda akan mendapatkan hasil finishing yang transparan bebas brush mark.

  • Lakukan tes

Hasil sempurna dapat dilakukan jika Anda sudah melakukan tes finishing secara keseluruhan. Jika tidak percaya dengan warna yang diberikan sebagai contoh, Anda bisa mengatasinya pada area kayu jati yang tidak terlalu terlihat.

Dilakukan tes sehingga Anda mendapatkan warna yang diinginkan. Bedakan jumlah layer cat untuk membedakan dan menemukan layer yang tepat.

  • Gunakan kuas baru

Anda perlu menggunakan kuas baru untuk mendapatkan hasil sempurna. Jangan gunakan kuas bekas yang memiliki bulu rontok. Bulu kuas akan rontok dan menempel menghasilkan cacat finishing kayu jati.

Rahasia Cara Finishing Kayu Jati Dengan Biovarnish Dengan Sempurna

Hasil sempurna juga akan didukung dengan kualitas kuas. Dapatkan kuas dengan harga yang mahal karena dapat dipastikan kuas memiliki kualitas terbaik.

  • Sapukan kuas panjang

Jangan terputus ketika menggunakan cat. Anda akan mendapatkan sapuan kuas berbeda dan warna berbeda. Akan sangat terlihat dari bagian mana Anda memulai menguasai terlebih jika memulai dari tengah.

Sapukan kuas tanpa terputus dari ujung ke ujung. Hasil finishing akan memberikan sapuan kuas bebas brush mark. Tidak diragukan Anda akan mendapatkan hasil sempurna.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH