Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Kayu Solid yang Menguntungkan?

Selama ini banyak orang mengenal kayu, tapi tahukan apa saja kelebihan dan kekurangan kayu solid. Dalam dunia furniture ada banyak sekali jenis kayu yang digunakan bahkan modern ini kayu buatan yang merupkan kayu lapis ini diminati sebagai material furniture. Harganya yang murah membuat banyak orang lari dari penggunaan kayu solid ke kayu lapis atau plywood ini.

Memang benar harga dari plywood murah, tapi harga murah pasti ada kualitasnya. Kualitas yang berbeda didapatkan mulai dari ketahanan dan juga finishingnya. Tampilannya bisa saja menarik namun belum tentu bisa tahan lebih lama.

Bagi orang-orang yang masih bertahan dengan furniture dari kayu solid akan mengeluarkan uang lebih banyak. Ya kayu solid terbilang lebih mahal tapi kualitasnya tentu lebih baik dibandingkan kayu buatan.

Dalam artikel ini tidak akan membahas lebih jauh tentang kayu buatan, namun akan membahas lebih jauh tentang kayu solid. Mengapa harga kayu solid lebih mahal? Apa penyebabnya dan bagaimana kualitas furniture yang akan didapatkan jika menggunakan kayu solid? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

Mengenal Apa Itu Kayu Solid

Kayu solid adalah sebuah istilah yang digunakan untuk membedakan kayu biasa yang berbentuk lumber dan kayu buatan yakni plywood. Namun artinya juga bahwa kayu solid adalah kayu yang memiliki struktur kuat dan tidak memiliki ruang kosong seperti pada kayu buatan yang direkatkan menggunakan lem.

Kayu solid adalah kayu asli yang baru saja ditebang dari pohon. Tidak ada pelengap yang digunakan seperti pada kayu buatan sehingga Anda tidak akan menemukan lem pada kayu solid. Kayu jenis ini akan lebih mudah untuk diperbaiki daripada kayu buatan. Ada banyak jenis kayu solid sehingga banyak pengrajin yang bisa memilih sesuai dengan furniture yang akan dibuat, finishingnya dan juga harganya.

Setiap kayu solid memiliki karakter masing-masing mulai dari warna, struktur, serat kayu dan juga tekstur. Anda akan lebih mudah membedakannya dan mengetahui kualitasnya setelah mengetahui ciri khas masing-masing dari berbagai macam jenis kayu.

Pada umumnya dalam sebuah kayu terdapat dua bagian yang perlu diketahui. Pertama adalah kayu gubal, kayu gubal ini terdapat pada bagian luar dibawah kulit kayu. Kedua adalah kayu teras yakni bagian paling dalam kayu setelah kayu gubal. Cara membedakan keduanya adalah dengan warna, biasanya kayu gubal memiliki warna yang lebih muda seperti putih sedangkan kayu teras memiliki warna yang lebih gelap yakni cokelat tua.

Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Solid Yang Menguntungkan?

Akan sangat mudah membedakannya karena kualitas masing-masing bagian berbeda. Kayu gubal memiliki kualitas yang kurang baik karena termasuk kayu yang baru tumbuh sehingga ketahanannya terhadap jamur dan rayap kurang.

Sebaliknya pada kayu teras ketahanan yang diberikan akan sangat baik, karena kayu bagian ini sangat keras sehingga tahan terhadap oleh rayap dan juga jamur. Berbicara mengenai ketahanan ini ada beberapa jenis kayu yang terkenal ketahanannya dari rayap dan juga jamur sehingga harganya sangat mahal.

Misalnya kayu seperti jati, cedar, merbau dan lain sebagainya adalah kayu eksotis yang memiliki harga sangat mahal. Ini disebabkan terdapat resin pada kayu yang tidak disukai oleh serangga. Ketika menjadi pohon, resin ini dikeluarkan untuk mengusir serangga namun resin ini masih tetap bertahan bahkan ketika sudah menjadi bentuk furniture.

Harga mahal juga dikarenakan masa panen yang sangat lama. Kayu jati tua membutuhkan waktu tanam selama 80 tahun baru bisa ditebang dan hasilnya kayu adalah kualitas nomor 1. Ketahanan dan kekuatannya tidak perlu diragukan sehingga bobotnya pun sangat berat. Anda perlu menunggu waktu lama hanya untuk menebang satu pohon.

Jika Anda ingin kayu solid dengan harga murah tentu saja masa tebangnya cukup pendek biasanya hanya 15 hingga 20 tahun. Kayu dengan harga murah ini sejenis kayu pinus, kayu mahoni, kayu balsa, dll. Kayu ini ringan dan memiliki ciri khas warna yang muda bahkan perbedaan antara kayu gubal dan kayu teras tidak terlalu terlihat.

Kayu ringan tidak dapat digunakan sebagai furniture di luar ruangan karena tidak tahan terhadap perubahan cuaca panas dan hujan. Ketika mereka diletakan di atas tanah maka kerusakan akibat rayap akan sering terjadi. Jenisnya yang lunak dan memiliki serat yang halus mempermudah untuk rayap menyerang.

Inilah perbedaannya dengan kayu keras seperti jati, mereka dapat digunakan di mana saja bahkan sebagai lantai kayu. Ketika terkena panas dan hujan mereka lebih tahan lama tidak mudah rusak akibat jamur maupun rayap.

 Kelebihan dan Kekurangan Kayu Solid yang Keras

Dalam pembahasan kelebihan dan kekurangan kayu solid ini akan mengacu pada kayu keras seperti kayu jati, kayu merbau dan juga kayu bengkirai. Jenis-jenis kayu ini adalah kayu yang yang akan memberikan ketahanan lebih baik sehingga jika Anda ingin menjadikannya material furniture perlu mempertimbangkan beberapa aspek berikut ini.

  1. Ketahanan terhadap cuaca

Seperti yang telah dijelaskan bahwa kayu solid adalah kayu yang lebih kuat menahan serangan panas dan hujan bahkan ketika terjadi perubahan. Kayu solid memiliki pori kayu yang lebih halus dan lebih padat sehingga akan mengurangi kerusakan yang terjadi akibat hujan, rayap dan juga jamur. Anda bisa menggunakannya sebagai furniture taman atau bahkan pinggir pantai.

  1. Tampilan yang menarik
Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Solid Yang Menguntungkan?

Kayu adalah material serat alam yang selalu memiliki penampilan menarik. Dibandingkan dengan serat alam lainnya seperti bambu, rotan bahkan pelepah pisang, kayu solid memiliki penampilan indah dan alami. Ketika kayu diberikan lapisan cat maka serat dan warna kayu akan memberikan ketajaman yang lebih baik. Bahkan ketika dibiarkan begitu saja sebagai furniture cocok digunakan sebagai gaya apapun.

Warna natural yang diberikan bersifat netral di semua gaya. Tampilan yang menarik ini tidak terbatas oleh waktu tinggal bagaimana membentuknya menjadi furniture yang menarik.

  1. Harga

Satu kekurangan yang dihadapi oleh semua orang yang ingin menggunakan kayu solid berkualitas tinggi adalah harganya. Ketika akan membeli kayu jati yang sudah berumur puluhan tahun, harga yang diberikan sangat mahal. Anda harus bersiap untuk mengeluarkan uang lebih banyak bahkan mencapai tiga kali lipat dibandingkan dengan harga kayu biasa atau material lainnya.

Harga yang terlalu mahal termasuk kekurangan dari kayu solid sehingga tidak bisa dimiliki oleh sembarangan orang. Kayu solid yang mahal tentu sesuai dengan kualitas yang diberikannya.

  1. Perawatan

Salah satu hal yang paling memakan banyak biaya lainnya adalah perawatan. Walaupun kayu memiliki resin yang tahan terhadap rayap namun perawatan harus tetap dilakukan. Sebuah furniture harus dilapisi oleh cat yang akan membentuk lapisan coating diluar untuk perlindungan dan mempercantik tampilan.

Jika memutuskan untuk tidak memberikan lapisan coating maka Anda harus menggunakan bahan poles kayu yang mencegah jamur atau rayap dari dalam substrate kayu. Ini akan sangat efktif jika dilakukan dengan rutin. Perawatan akan memakan waktu Anda dan juga uang Anda.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH