Mengenal Kelebihan Perkembangan Teknologi Cat Kayu Water Based

Kemajuan teknologi yang menciptakan cat kayu water based akan berdampak positif bagi manusia dan lingkungan serta memajukan peradaban manusia.

Tahukan Anda perkembangan teknologi berperan penting bagi manusia? Kemajuan teknologi diciptakan unutk memenuhi berbagai kebutuhan manusia seperti memudahakan atau mempercepat proses pekerjaan manusia, melestarikan lingkungan serta memajukan peradaban manusia menjadi lebih baik. Dari ketiga fungsi teknologi tersebut Anda bisa memilih teknologi mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satunya adalah perkembangan produk cat dari cat solvent menjadi cat water based.

Cat solvent yang sudah sejak lama digunakan oleh banyak pengrajin kayu masih sering digunakan saat ini. Akan tetapi perlahan tapi pasti cat kayu water based sudah mulai menggeser peranan cat solvent dalam industri olahan kayu. Maka sebaiknya mulai saat ini beralihlah menggunakan cat water based.

6 Kelebihan Cat Katyu Water Based

Jika berbicara menenai cat solvent maka hal pertama yang terbesit adalah baunya yang menyengat. Bau tersebut menandakan bahwa cat solvent mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk tubuh. Lalu bagaimana jika Anda gunakan terus menerus? Lama kelamaan penyakit berbahaya seperti kanker akan terbentuk di dalam tubuh Anda. Selain itu juga setelah penggunaan bau menyengat pada furniture juga lama hilangnya. Anda tentu tidak ingin penyakit tersebut terjangkit pada tubuh Anda maupun anggota keluarga yang lain.

Water-based-paint-vs-solvent-based-paint

Berikut ini enam kelebihan dari cat kayu water based yang bisa Anda pahami sebelum menentukan cat mana yang akan Anda gunakan.

  1. Kelenturan film. Dari kelenturan film ini cat water based tidak mudah tergores sehingga Anda tidak perlu khawatir akan cat yang mudah mengelupas.
  2. Lapisan warna cat water based sangat cerah bahkan cat naturalnya memiliki transaparansi yang baik.
  3. Tahan cuaca. Cat kayu yang baik tentu tahan terhadap cuaca seperti cat water based. Anda tidak perlu khawatir akan cat yang memudar pada furniture outdoor.
  4. Tidak Berbau. Cat water based tidak memiliki bau karena bahan dasar air dan bahan pencampur air yang tidak mengandung zat kimia berbahaya. Anda tidak perlu takut lagi akan kesehatan Anda.
  5. Cepat kering. Teknologi cepat kering ini memudahkan Anda untuk mempercepat proses produksi. Berbeda dengan cat solvent yang sangat bergantung pada panas matahari agar cat cepat kering.
  6. Memasuki pasar ekspor. Pasar furniture luar negeri sangat mementingkan kesehatan manusia. Cat water based yang memilki standar keamanan sangat mudah bagi industri Anda untuk memasuki pasar ekspor.

Membandingkan Cat Kayu Water Based Dengan Cat Solvent

Kelebihan Cat Water Based

Kelebihan yang banyak dimiliki oleh cat kayu water based akan menjadi pertimbangan lebih bagi Anda sebelum memilih produk cat yang akan digunakan. Masih ada satu lagi kelebihan yang bisa Anda pertimbangan yaitu masalah biaya.  Dari segi biaya jika Anda melihat harga cat solvent satu kilo dibandingkan cat water based satu kilo akan lebih murah cat solvent. Tetapi Anda harus lebih cermat dalam mempertimbangkannya.

Misalnya saja Anda membeli satu kilo cat solvent berharga 70 ribu dan Anda juga harus membeli bahan pencampur seperti spiritus dengan harga 40 ribu per liternya. Padahal perbandingan bahan dengan bahan pencampur cat solvent adalah 1:4. Maka jika ditotal Anda membutuhkan budget 230 ribu untuk satu kilogram cat.

Sedangkan jika Anda membeli cat water based dengan harga hanya 80 ribu perkilonya tanpa membeli bahan pencampur karena Anda hanya membutuhkan air. Perbandingan pada cat water based adalah 2:1. Maka total biaya yang harus Anda keluarkan untuk satu kilo cat water based hanyalah 80 ribu. Hal ini yang masih belum banyak disadari oleh banyak masyarakat.

Sebelum memilih cat sebaiknya pertimbangkan  dari semua aspek tersebut terlebih teliti sebelum mengeluarkan uang. Cat kayu water based memiliki banyak keunggulan dari semua aspek yang menjadikannya produk unggulan.

Produk Cat Kayu Water Based yang Terpercaya

Setelah membandingkan antara produk cat water based dan solvent dari segi harga dan kualitas, cat water based memang lebih unggul dari banyak aspek. Kini saatnya untuk membicara produk manakah yang sebaiknya digunakan. Anda mungkin akan menemukan banyak produk cat berpelarut air di pasaran, namun manakah yang kualitasnya terbaik? 

Jika Anda ingin menggunakan cat water based berkualitas dan terpercaya maka yang sangat direkomendasikan adalah Biovarnish. Terdiri dari empat produk yaitu Biovarnish wood filler, sanding sealer, liquid stain, dan clear coat. 

Keempat produk berpelarut air ini sangat direkomendasikan sehingga tidak membahayakan pengguna karena tidak mengeluarkan bau yang menyengat. Coating aman dan mudah diaplikasikan. Sebagai produk terpercaya, berikut ini beberapa kelebihan yang membuat Biovarnish sangat direkomendasikan. 

• Daya sebar dan tutup yang luas

Biovarnish memberikan hasil warna natural maksimal didukung dengan daya sebar serta tutupnya yang cukup luas. Untuk coating Biovarnish dalam 1 kg bisa digunakan pada permukaan kayu seluas 8 hingga 10 m2. Coating akan menutup permukaan secara maksimal. 

Daya sebar yang luas ditambah data tutup terbaik membuat Anda tidak akan bermasalah dengan biaya. Dengan begitu biaya yang dikeluarkan untuk finishing tidak akan berlebihan. Apalagi dengan bahan pelarut air, maka dijamin biaya finishing tidak akan membengkak. 

• Pembuatannya mengikuti regulasi luar negeri

Biovarnish dibuat secara khusus dengan mengikuti regulasi pembuatan cat yang diterapkan di Eropa dan Amerika. ECHA atau European Chemical Agency membatasi penggunaan voc atau volatile organic compound yang biasanya banyak digunakan pada produk cat. 

Sedangkan EPA atau regulasi Environmental Protection Agency dari amerika yang membatasi penggunaan bahan organik. Semua regulasi tersebut membatasi adanya penggunaan bahan berbahaya yang menjadi pembuatan cat. 

• Perlindungan maksimal dari perubahan cuaca

Tidak sedikit orang yang berencana untuk mengecat furniture outdoor dengan warna natural. Produk water based yang tadinya terkenal mudah luntur kini tidak lagi dengan hadirnya Biovarnish. Coating Biovarnish justru memberikan perlindungan terhadap perubahan cuaca dan masalah eksternal kayu lainnya. 

Biovarnish menciptakan coating yang kuat namun fleksibel. Mengikuti perubahan bentuk kayu ketika perubahan cuaca terjadi. Sehingga ketika kayu menyusut dan memuai, coating tidak akan menimbulkan masalah seperti retak bahkan mengelupas. 

• Mudah diaplikasikan dengan air dan kuas

Siapa bilang mengecat harus selalu menggunakan alat semprot atau alat poles yang ribet pemakaiannya? Hanya dengan kuas saja, Biovarnish bisa diaplikasikan dengan mudah. Kuas yang dipergunakan hanyalah kuas dari bahan nilon yang halus serta cocok dengan cat berbasis air. 

Kuas yang digunakan pun harganya tidak terlalu mahal yang membuat biaya finishing semakin ringan lagi. Karena dengan penggunaan kuas ini juga, para pemula yang tidak memiliki alat semprot atau tidak terbiasa menggunakan spray gun tetap bisa mengecat hingga hasilnya halus. 

• Daya tahan gores lebih tinggi

Jika ingin furniture tahan terhadap goresan, Anda bisa menggunakan Biovarnish clear coat gloss. Tingkat glossy yang dimiliki mencapai 85% sehingga membuat coating mengkilap. Tingkat kilapnya yang cukup tinggi ini membuat cat bisa lebih tahan gores. 

Jadi jika terjadi goresan, warna yang dihasilkan tidak terlalu terlihat. Furniture pun akan lebih tampak bebas dari goresan akibat penggunaan. 

Jika Anda ingin membeli Biovarnish, bisa membelinya melalui link di bawah ini. 

  1. https://www.tokopedia.com/biopaint102
  2. https://www.tokopedia.com/bioindustrieso
  3. https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH