Cat Lantai Warna Transparan Baru yang Tahan Lama dan Cara Aplikasinya

Lantai kayu adalah salah satu material yang membutuhkan cat. Anda akan mengecat lantai lama Anda menjadi baru? Maka Anda perlu membaca artikel ini apalagi jika Anda seorang pemula yang belum pernah mengecat sama sekali.

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengapa lantai kayu membutuhan cat dan jenis cat apa yang terbaik bahkan cara aplikasi yang benar. Mengapa lantai kayu harus dicat? Pernakah pertanyaan tersebut Anda pikirkan?

Cat Lantai Warna Transparan Baru Yang Tahan Lama

Apabila pertanyaan tersebut pernah Anda pikirkan maka jawabannya sangat mudah yaitu karena sifat kayu yang membutuhkan perlindungan. Jadi mengecat bukan hanya sekedar masalah dari pemberi penampilan saja.

Anda mungkin selama ini mengecat lantai kayu atau benda kayu lainnya karena ingin mendapatkan penampilan yang menarik. Namun di sisi lain cat adalah salah satu bahan yang akan memberikan perlindungan dari lantai kayu agar lebih tahan lama.

Sifat kayu yang dapat menyerap kelembaban tetap terjadi walaupun kayu tidak lagi mejadi pohon. Karean pori kayu tersebut sifatnya terbuka sehingga kelembaban akan sangat mudah untuk meresap ke dalam bagian dalam kayu.

Pada akhirnya jika pori kayu tersebut tidak ditutup dengan cat maka lantai kayu pada rumah Anda akan cepat rusak dan akhirnya Anda harus mengeluarkan budget yang lebih besar lagi untuk perbaikan bahkan bisa mengganti lantai kayu di rumah Anda.

Maka pencegahan kerusakan dilakukan dengan menggunakan cat.

Mengenal Cat Lantai Kayu Warna Transparan

Melakukan pencegahan kerusakan pada kayu juga tidak dapat dilakukan dengan semabrang jenis cat. Anda bisa memilih jenis cat berkualitas dan sesuai dengan kayu yang Anda gunakan. Bahkan proses aplikasi yang tepat akan mempengaruhi hasil.

Ada dua jenis cat yang bisa Anda gunakan pertama adalah cat solvent atau oil based dan satu lagi adalah cat water based. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang harus Anda perhatikan.

Namun jika disarankan sebaiknya Anda menggunakan jenis cat water based karena bebas dari bahan logam berat yang akan mencemari lingkungan rumah Anda. Bahkan proses aplikasi bisa dilakukan dengan cepat dan Anda bisa langsung menggunakan ruangan tanpa harus menunggu lama.

Jika Anda menggunakan cat solvent maka Anda akan mendapatkan proses yang panjang untuk aplikasi hingga Anda akan menggunakannya. Pertama jika keadaan ruangan lembab dan tidak terkena sinar matahari maka cat solvent akan lama proses pengeringannya.

Kedua cat solvent akan mengeluarkan bau yang sangat menyengat dalam proses pengeringan sehingga Anda wajib menggunakan respirator untuk proses aplikasinya. Penguapan bahan cat solvent yang terhirup oleh pernapasan Anda akan sangat berbahaya dalam jangka waktu yang sama lama.

Berlawanan dengan cat solvent, cat water based sangat mudah digunakan, Anda tidak perlu ruangan yang terkena panas matahari langsung hanya membutuhkan sirkulasi udara saja. Cat akan mengering dengan sempurna dengan baik karena pelarut air yang dapat menguap dengan mudah dan sempurna.

Produk cat water based adalah produk yang kini lebih mudah Anda temukan di Indonesia, karena standar penggunaan cat water based di luar negeri sudah menjadi sangat penting sehingga furnitur ekspor di Indonesia membutuhkan cat tersebut.

Anda juga akan mendapatkan cat water based melalui situs ini yang menyediakan produk cat water based dengan warna transparan yang berkualitas yaitu Biovarnish. Sebagai cat lantai kayu warna transparan Anda bisa menggunakan lapisan top coat dari BioThane yang akan memberikan perlindungan keras namun lentur karena dapat mengikuti perubahan bentuk dari kayu.

Langkah-Langkah Pengecatan Lantai Kayu Warna Transparan

Setelah Anda mengetahui jenis cat yang berkualitas untuk lantai kayu di rumah dengan hasil transparan kini saatnya Anda mulai mengerjakan pengecatan dengan langkah-langkah yang sangat mudah.

Cat Lantai Warna Transparan Baru Yang Tahan Lama

Sama seperti mengecat furnitur, pada pengecatan lantai Anda membutuhkan filler untuk memperbaiki cacat kayu, Anda membutuhkan wood stain untuk memberikan warna natural dan terakhir Anda membutuhkan top coat.

Perhatikan terlebih dahulu lantai kayu yang akan Anda finishing pastikan tidak ada lapisan cat lama bahkan lapisan wax atau lilin. Lapisan tersebut akan mencegah peresapan lapisan cat yang baru ke dalam pori kayu sehingga Anda akan mendapatkan lapisan cat yang tidak cepat kering karena tidak menempel dengan baik pada kayu.

Langkah pertama, jika permukaan lantai kayu kasar maka gunakan sander berbentuk persegi atau Anda bisa memilih hand sander untuk memulai pengamplasan. Gunakan amplas nomor 150 jika Anda ingin segera selesai dalam tahapan ini. Yang perlu Anda ingat adalah tujuan pengamplasan bukan benar-benar mengamplas hanya untuk menghilangkan lapisan gloss pada permukaan kayu. Cukup amplas hingga lapisan gloss menghilang dan bukan untuk meratakan permukaan lantai kayu.

Langkah kedua, bersihkan debu sisa amplas dengan seksama. Hilangkan debu amplas dengan vakum setelah itu basahi lantai untuk menghilangkan sisa debu halus. Diamkan lantai kayu hingga benar-benar menjadi kering.

Langkah ketiga, pada tahapan ini Anda akan benar-benar mulai mengecat yaitu tahapan memperbaiki permukaan kayu yang cacat. Perbaiki permukaan kayu yang cacat menggunakan Biovarnish wood filler sesuai dengan warna kayu. Anda bisa mengaplikasikannya menggunakan pisau palet. Aplikasikan secara merata dan pastikan cacat kayu tertutup wood filler.

Langkah keempat, ulangi proses pengamplasan untuk memperhalus khususnya pada bagian cacat kayu. Anda bisa langsung menghilangkan debu amplas dengan vakum bedanya Anda tidak perlu melakukan proses pembasahan.

Langkah kelima, Anda bisa memulai dengan menerapkan lapisan pertama yaitu wood stain. Pilih warna Biovarnish wood stain sesuai dengan warna kayu yang Anda inginkan. Siapkan roler atau kuas untuk proses aplikasi. Proses aplikasi pertama harus tipis karena cat water based akan memberikan hasil terbaik jika diaplikasikan tipis namun Anda bisa mengulanginya beberapa kali. Cat pada bagian tepi lantai kayu terlebih dahulu dan bukan bagian tenga. Jangan lupa pada tahapan mengecat transapran ini Anda perlu mengikuti serat kayu jika ingin mendapatkan hasil yang rata.

Langkah keenam, pada tahapan ini Anda hanya perlu menunggu hingga lapisan wood stain benar-benar mengering. Pastikan cat mengering dengan menekankan ibu jari Anda dan pastikan tidak ada bekas sidik jari di atasnya. Jika sudah kering mulai pengamplasan dengan kertas amplas 400 gunakan mesin jika perlu. Pastikan debu amplas juga sudah Anda hilangkan menggunakan vakum.

Lankah ketujuh, pada langkah ini Anda sudah bisa menutup permukaan dengan top coat yaitu Biothane. Aplikasikan Biothane seperti ketika Anda mengaplikasikan wood stain yaitu searah serat kayu. Pastikan Anda mengecat bagian sudut terlebih dahulu baru pada bagian dalam lantai kayu. Tunggu hingga cat mengering sekitar semalaman yaitu 24 jam dan Anda akan mendapatkan hasil lantai yang kering dengan sempurna. Anda dapat menggunakan ruangan apabila lantai kayu sudah benar-benar kering sempurna.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH