Amankah Menggunakan Meja Antik? Ini Cara Memperbaiki Tampilannya

Meja antik seringkali diburu oleh para kolektor, meja yang memiliki harga ratusan juta rupiah menjadi salah satu benda furnitur yang banyak dijaga, bahkan adapula yang tidak digunakan hanya untuk penampilan sebuah ruangan saja. Meja antik tidak selalu meja yang berharga ratusan juta rupiah dan memiliki asal usul dari kerajaan atau dari suatu negara bagian.

Anda bisa saja memiliki meja antik bekas peninggalan nenek moyan Anda sendiri. Ini juga disebut dengan meja antik jika umurnya sudah mencapai ratusan tahun. Apakah meja yang telah diciptkana ratusan tahun aman untuk digunakan khususnya di dekat anak-anak?

Meja yang memiliki umur hingga ratusan tahun ini adalah meja yang aman tidak aman untuk digunakan. Ada beberapa unsur aman jika Anda sudah melakukan sedikit perubahan namun tidak melakukan perombakan sepenuhnya. Tidak aman jika bentuk dari meja tersebut sangat rapuh terlebih lagi belum pernah digunakan dan hanya ditumpuk di gudang saja.

Ya Anda perlu melakukan perbaikan pada meja antik jika Anda ingin mendapatkan keamanan dalam penggunaan selanjutnya. Tidak ada ruginya melakukan rekonstruksi atau perbaikan di beberapa tempat untuk membuat meja antik memiliki konstruksi yang bagus dan memiliki penampilan yang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan sebelumnya.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dan ikuti jika ingin mendapatkan hasil yang sempurna dari meja antik yang Anda miliki. Proyek restorasi atau proyek perbaikan ini dapat Anda lakukan di akhir pekan dengan keluarga Anda.

Memilih Tampilan Pada Meja Antik

Bagaimana Anda akan melakukan finishing ulang pada meja antik? Apakah Anda akan mengganti sepenuhnya dengan warna cat solid atau Anda akan menggantinya dengan warna yang mirip? Kebanyakan meja antik memiliki warna natural jadi Anda bisa menggunakan pernis atau plitur untuk finishing selanjutnya. Bagi para kolektor ada pandangan yang berbeda.

Para kolektor kebanyakan justru akan membiarkan tampilan yang lapuk bahkan memudar dari sebuah meja antik. Bagi mereka, meja yang masih memiliki warna asli akan tampak selaliu antik. Namun perhatikan nilai sejarah kapan meja tersebut diciptakan apakah ketika furnitur warna natural muncul atau justru warna solid.

Jadi jika Anda ingin memilih tampilan yang mirip dengan warna asli pastikan Anda mengetahui kapan meja tersebut dibuat dan bagaimana nilai sejarahnya. Tidak semua meja antik memiliki warna natural. Jadi pastikan Anda mengetahui sejarah dimana dan kapan meja tersebut diciptkana untuk mempermudah pemilihan warna yang tepat.

Berikut ini langkah selanjutnya bisa Anda lakukan setelah mendapatkan sejarah dari meja antik yang Anda miliki.

  • Gunakan alat pengaman

Memulihkan furnitur lama membutuhkan bahan kimia dan alat yang dapat berbahaya bagi kesehatan Anda jika tindakan pencegahan tertentu tidak dilakukan. Pertama, selalu gunakan alat yang tepat untuk pekerjaan itu; tidak hanya membuat tugas lebih mudah, tetapi juga membuat Anda dan keluarga Anda tetap aman. Kenakan alat pelindung seperti sarung tangan karet, lengan panjang dan kacamata untuk mencegah pembakaran bahan kimia dari percikan api. Bekerja di area yang berventilasi baik atau sebaiknya dilakikan di luar rumah untuk menghindari menghirup uap berbahaya. Waspadai lapisan cat lama yang mungkin mengandung timah. Jika Anda curiga bahwa cat berbasis timbal adalah pada bagian furnitur Anda, gunakan respirator yang tepat ketika membersihkan lapisan yang lama.

  • Mengidentifikasi Lapisan Cat Lama

Sebelum Anda dapat mengembalikan tampilan meja antik, identifikasi lapisan cat yang ada di kayu. Cat yang alami seperti laquer, pernis dan plitur sulit diidentifikasi dengan penglihatan saja dan mungkin memerlukan beberapa eksperimen. Pertama, uji permukaan dengan menerapkan alkohol didenaturasi ke daerah yang tidak mencolok. Jika cat hilang dengan alkohol, itu adalah lapisan laquer. Jika diperlukan pernis lebih tipis untuk menghilangkan hasil akhir, lacquer dan jika tidak satu pun dari produk ini melakukan trik, Anda mungkin berurusan dengan pernis. Finishing berpigmen seperti cat atau enamel lebih mudah diidentifikasi. Hasil lapisan lainnya seperti minyak, wax atau sealer tembus dapat ditentukan oleh kurangnya kilau pada permukaan.

  • Pembersihan

Kadang-kadang memulihkan furnitur lama bisa semudah seperti hanya melakukan perawatan setiap harinya. Metode yang dijelaskan di sini dapat digunakan dengan menggosok kayu, rotan atau permukaan rotan. Pertama, gunakan pembersih kayu komersial berbasis minyak untuk menghapus lapisan kotoran dan wax di permukaan potongan Anda. Jika pembersih kayu saja tidak mengembalikan furnitur ke kilau aslinya, ganti dengan larutan air hangat dan deterjen cair. Oleskan campuran dengan kain, hati-hati agar kayu tidak terlalu basah. Bilas seluruh area secara menyeluruh, dan keringkan dengan kain bersih yang lembut untuk menghindari kerusakan kayu karena air.

  • Reamalgamasi
Amankah Menggunakan Meja Antik?

Cat dapat mengembangkan goresan dan retakan yang dapat menumpulkan permukaan kayu dan menambahkan efek retak pada meja antik. Cara termudah untuk memperbaiki lapisan film adalah melalui proses yang dikenal sebagai reamalgamation, yang menggunakan pelarut yang diaplikasikan langsung untuk menghilangkan kerusakan. Pertama, bersihkan potongan menggunakan salah satu teknik di atas. Selanjutnya, pilih pelarut; alkohol didenaturasi untuk lak atau lak tipis pada lak. Varnish biasanya tidak dapat di-reamalgasi. Terapkan pelarut ke permukaan yang telah selesai menggunakan sikat bulu alami, bekerja cepat tanpa membiarkan sikat terlalu kering. Saat pelarut mengering, pertama-tama akan tampak mengkilap dan kemudian kusam hingga selesai, tanpa semua retakan dan goresan. Gosok daerah itu ringan dengan busa kasar, bekerja di satu arah di sepanjang serat kayu. Untuk menambah kilau ekstra, selesaikan proses dengan aplikasi wax.

  • Pengupasan

Ketika refinishing sudah beres, langkah pertama dalam restorasi mebel antik adalah menghilangkan finishing lama untuk memberi ruang bagi noda baru. Lapisan cat yang lebih banyak akan membutuhkan formula pengupasan yang lebih keras, seperti semi-tempel yang bisa duduk di permukaan untuk melonggarkan mantel lama untuk mengikis. Bekerja dari atas ke bawah, menerapkan stripper secara bebas dalam satu arah, menambahkan ekstra ke area berukir di mana cat akan lebih sulit untuk dihilangkan. Tunggulah lima sampai 20 menit, tergantung pada ketebalan cat, dan kemudian mulai mengikis permukaan dengan pisau dempul atau alat pengupasan. Bersabarlah, karena mungkin dibutuhkan sejumlah aplikasi sebelum selesai cukup dihapus.

  • Refinishing

Kini sampai bagian yang menyenangkan dari restorasi mebel antik yaitu aplikasi lapisan cat baru dan selesaikan untuk tampilan baru pada karya Anda. Sebelum memulai proses ini, buat perbaikan mebel antik yang diperlukan, seperti memperbaiki kursi kursi yang rusak atau mengisi retakan. Amplas meja dengan amplas grit 100-120, dan kemudian bersihkan permukaan menggunakan vacuum dan kain.

Gunakan kuas halus untuk mengoleskan cat atau pernis, biarkan selama setidaknya lima menit sebelum membersihkan kelebihan dengan kain bersih. Aplikasikan top coat dengan kuas dan diamkan. Top coat akan memberikan pilihan tampilan mengkilap atau tidak.

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH