5 Cara Memperbaiki Warna Stain Kayu

Ketika Anda berencana untuk membuat furnitur baru atau memperbaikinya ada cara tertentu yang perlu dilakukan. Cara ini tergantung dengan tingkat kerusakannya. 

Warna dari stain adalah kesalahan yang paling sering terjadi. Misalnya warna stain yang tidak rata. Sebenarnya apa penyebab warna ini tidak rata dan bagaimana cara mengatasinya dengan benar?


Beberapa Cara Mengecat Kayu untuk Memperbaiki Warna Stain

Bagi sebagian DIY pasti akan merasa kaget dan bingung ketika stain yang kering berubah warnanya setelah diaplikasikan. Alasan mengapa warna ini bisa berubah karena dipengaruhi oleh warna kayu. 

Misalnya saja, Anda mengecat kayu jati dengan stain walnut atau kayu mahoni dengan warna walnut. Walaupun menggunakan warna yang sama tapi hasilnya akan berbeda. Belum lagi jika Anda tidak mengaplikasikan sanding sealer atau wood filler. 

Penyerapan masing-masing kayu berbeda berdasarkan ukuran porinya. Anda perlu tahu jenis masalah apa yang sering terjadi dan cara memperbaikinya. Kelima cara ini bisa jadi solusi yang paling mudah dilakukan. 

Cara 1. Mengaplikasikan Stain pada Area yang Tidak Merata

Jika Anda menemukan warna stain belang atau tidak merata, maka cara mengecat kayu adalah dengan mengaplikasikan pada area tersebut saja. Beberapa profesional menyebutnya dengan ‘’ditisik’’. 

Hanya saja cara ini berlaku jika tampilan belangnya sangat terlihat dan terjadi pada beberapa titik. Selain itu permukaan kayu juga tidak boleh dilapisi dengan clear coat terlebih dahulu. 

Cara lengkap mengecat kayu untuk perbaikan stain adalah sebagai berikut:

  1. Larutkan stain dengan warna sama, Anda bisa menciptakan larutan yang sedikit encer. 
  2. Setelah itu pakai kuas yang ukurannya kecil sehingga mudah saat mengaplikasikan. Cukup kuas stain pada area yang belang dengan tipis. 
  3. Biarkan stain kering lalu tambal keseluruhan bagian yang belang. Amplas dan lihat warnanya jika masih belum sama Anda bisa mengaplikasikan kembali. 
Baca Juga:  Teknik Finishing White Wash, Cara Mengeluarkan Serat Pada Kayu

Perlu hati-hati dalam mengaplikasikan supaya nanti hasilnya jadi tidak belang. Oleh karena itu, kunci keberhasilan dari cara ini adalah mengaplikasikan coating tipis saja. Termasuk dalam pembuatan larutan stain juga harus lebih encer. 

Cara 2. Mengaplikasikan Thinner Pada Area yang Terlalu Gelap

Banyak yang menggunakan thinner sebagai paint remover juga, jadi Anda bisa menggunakannya sebagai alternatif. Alat yang dibutuhkan adalah kain bersih dari katun untuk aplikasinya. Berikut ini cara yang bisa diikuti. 

  1. Buat bantalan dari kain sehingga mudah digunakan, Anda bisa membuatnya seperti hendak finishing french polish. 
  2. Tuangkan thinner ke dalam wadah kemudian celupkan kain ke dalam thinner sedikit saja sampai kain terbasahi. 
  3. Tutul pada bagian stain yang warnanya terlalu gelap plan-pelan jangan sampai warna hilang. Anda bisa melakukannya sampai area warna sama semua. 

Menggunakan thinner ini bisa memperbaiki cat kayu namun cukup membutuhkan ketelitian. Anda bisa melakukannya denga pelan dan sabar. Supaya mudah, buatlah tanda area yang hendak ditipiskan warnanya dengan thinner. 

Cara 3. Mengaplikasikan Satu Lapisan Stain Kembali

Apabila belang yang muncul pada stain terlalu banyak, dan Anda tidak sempat untuk menggunakan cara pertama atau kedua. Lalu apa solusinya? Untuk cara ini Anda bisa mengamplas kemudian mengaplikasikan stain secara menyeluruh. 

Cara ini akan menyeragamkan warna pada kayu dengan lebih cepat dan belang akan hilang. Anda mungkin akan sering menemukan masalah ini jika warna kayu lebih terang daripada stain. Apalagi yang digunakan adalah jenis kayu lunak. 

Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini. 

  1. Campurkan stain dengan warna yang sama pada kayu terlebih dahulu bersama air di wadah yang berbeda. Jangan lupa aduk secara merata.
  2. Kemudian kuaskan menyeluruh larutan stain ke permukaan kayu. Ikuti arah serat kayu atau arah sapuan cat sebelumnya. 
  3. Tunggu lapisannya kering kemudian ampelas. 
  4. Ulangi pengecatan sekali lagi hingga warnanya merata.
Baca Juga:  3 Tips Efektif Meratakan Warna Stain pada Kayu Pinus

Hasil dari perbaikan cat kayu menggunakan cara ini memberikan warna yang lebih gelap namun belang yang tadinya kelihatan akan hilang. Supaya cara ini berhasil Anda harus menentukan warna yang tepat dari stain yang sudah diaplikasikan sebelumnya. 

Cara 4. Mengaplikasikan Cat Duco untuk Warna Baru

Bagi Anda yang merasa warna dari stain sebelumnya terlalu banyak kerusakan. Misalnya saja stain mengelupas bahkan warna belangnya sudah terlalu banyak, maka solusinya bisa dengan aplikasi cat duco. 

Cara ini tepat dipilih jika Anda sudah bosan dengan warna stain sebelumnya. Cat duco memiliki warna solid yang bisa menutup warna kayu dan cat sebelumnya. Bahkan Anda tak perlu menghilangkan warna cat terdahulu. 

Cukup dengan memilih jenis cat duco dengan daya tutup bagus maka hasilnya akan sempurna. Ikuti langkah perbaikannya berikut ini. 

  1. Ampelas permukaan kayu terlebih dahulu, hilangkan kotoran serta stain yang mengelupas. 
  2. Aplikasikan cat primer ke permukaan kayu secara menyeluruh. Anda bisa mengaplikasikannya berulangkali sampai warna asli menutup. 
  3. Aplikasikan cat duco kayu dengan warna yang diinginkan. 
  4. Terakhir tutup dengan top coat

Jika Anda tidak menggunakan cat kayu maka hal yang perlu diperhatikan adalah jenis cat. Ada tiga cat yang digunakan, sebaiknya gunakan jenis yang sama. Misalnya, hanya menggunakan rangkaian produk cat kayu kayu water based. 

Cara 5. Menggunakan Paint Remover untuk Menghilangkan Stain

Merasa warna cat kayu kurang cocok untuk furnitur di rumah? Anda tak perlu khawatir karena ada alternatif terakhir dengan menggunakan paint remover. Mengikuti cara kelima ini artinya Anda akan mengecat ulang secara keseluruhan menggunakan stain. 

Apabila kerusakan yang terjadi cukup parah dan Anda ingin mendapatkan warna natural baru, memanfaatkan paint remover akan lebih baik. Anda juga bisa menggunakan thinner untuk menghilangkan cat yang lama. 

Baca Juga:  5 Alat untuk Membantu Menghasilkan Finishing Kayu Rustic

Beberapa langkah mengecat kayu ini bisa Anda ikuti. 

  1. Ampelas terlebih dahulu permukaan kayu, jangan lupa tutup bagian besinya agar tidak berkarat. 
  2. Tuangkan paint remover sedikit demi sedikit ke permukaan kayu. Diamkan sebentar. 
  3. Tunggu sampai cat mengelupas berbentuk seperti gelembung kemudian bersihkan dengan scrape. 
  4. Jika sudah bersih Anda bisa mengampelas halus permukaan sampai warna kayu asli terlihat. 

Sampai pada langkah keempat ini Anda akan melihat permukaan kayu yang siap di-cat ulang. Tinggal pilih warna stain kemudian aplikasikan stain baru di permukaan kayu . Anda bisa memilih cat close pore atau open pore. 

Bagi Anda yang ingin memperbaiki warna stain atau ingin mengaplikasikan stain yang baru, Anda bisa mencoba menggunakan produk Biovarnish. Wood stainnya tersedia dalam 20 pilihan warna natural dan bahan pelarutnya adalah air. Anda akan memperoleh kemudahan selama aplikasinya. Untuk pembelian bisa dilakukan melalui link berikut.

Artikel "Teknik Aplikasi"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH