7 Tips Menggunakan Cat Transparan Outdoor untuk Gazebo Kayu Jati

Kayu jati sebagai gazebo merupakan hal yang biasa, karena jati sangat kuat dan tahan terhadap serangan rayap. Namun hal utama yang harus diperhatikan adalah tampilan dari gazebo. Warna kayu jati yang sering terpapar dengan sinar uv akan mudah untuk pudar. Membuat warna menjadi lebih pucat dan usang. 

Bukan masalah jika Anda memang ingin mendapatkan efek patina, tapi jika ingin mempertahankan warna kayu jati, perlu cat transparan outdoor sebagai bentuk perlindungan. Menggunakan cat outdoor membantu memberikan tameng atau perlindungan pada gazebo. 

Sehingga bukan hanya serangan sinar uv tetapi juga jamur, rayap hingga goresan akan tetap terjaga. Tampilan transparan tidak membutuhkan stain yang menajamkan warna. Anda juga tidak bisa mengaplikasikan sembarang pernis karena tak semua produk tersebut cocok digunakan untuk outdoor. 

Penasaran bagaimana dan apa saja yang harus diperhatikan selama mengecat gazebo menggunakan cat kayu transparan? Ikuti ketujuh tips dalam pengecatan yang sempurna disini. 

Tips 1. Produk Cat Transparan yang Harus Digunakan

Ketahanan dari sebuah gazebo bukan hanya ditentukan dari material kayu saja tetapi juga bahan finishingnya. Apakah produk cat transparan yang selama ini Anda gunakan? Jika Anda terbiasa untuk mengecat furniture indoor, maka belum tentu produk yang sama bisa digunakan. 

Ada dua produk yang wajib digunakan disini yaitu sanding sealer dan juga clear coat. Produk yang sangat direkomendasikan adalah Biovarnish. Produk cat water based ini bisa Anda manfaatkan, karena dijamin ketahanannya. Ada beberapa perlindungan yang didapatkan gazebo kayu yaitu sebagai berikut ini. 

  1. Tahan terhadap sinar uv, goresan, rayap dan juga jamur. 
  2. Tahan terhadap perubahan cuaca. 
  3. Keras tetapi tetap lentur mengikuti perubahan bentuk kayu. 
  4. Memiliki warna transparan yang tidak berubah. 

Berkat peranan air, Anda akan mendapatkan hasil finishing yang benar-benar transparan tahan lama. Selain itu proses aplikasinya juga sangat mudah. 

Tips 2. Mempersiapkan Gazebo dengan Benar

Tips selanjutnya tidak langsung masuk pengecatan tetapi persiapan. Anda harus menyiapkan bahan, alat serta substrat kayu yaitu gazebo itu sendiri. Jangan lupakan juga untuk mengecek kondisi cuaca, hindari mengecat di musim penghujan karena akan merusak cat. Cek selalu kondisi cuaca satu hari sebelumnya. 

Apabila Anda akan mengecat gazebo kayu jati yang baru, maka bisa langsung masuk ke tahapan pengecatan. Tetapi jika tidak Anda harus menghilangkan lapisan cat lama terlebih dahulu. Akan lebih baik jika Anda melakukan proses ini satu hari sebelum pengecatan karena akan membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Manfaatkan thinner atau obat khusus pembersih lapisan cat lama. Tuang sedikit demi sedikit ke bagian atas gazebo baru ke bagian bawah. Jangan lupa gunakan masker dan sarung tangan. Baru bersihkan cat mengelupas dengan scrape hingga semua lapisan benar-benar bersih. 

Tips 3. Mengamplas Gazebo supaya Halus 

Pengamplasan adalah faktor sangat penting untuk mendapatkan hasil finishing yang halus dan mengkilap lebih tinggi. Semua proses bermula dari pengamplasan, nah karena Anda akan mengamplas objek yang sangat besar jangan ragu untuk menggunakan mesin amplas. 

Anda bisa menggunakan hand sander atau belt sander sesuai dengan alat yang dimiliki. Kemudian ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pasang amplas nomor 150 ke mesin amplas. Mulai dari bagian atas seperti rangka atap kemudian tiang baru lantai gazebo. Jangan lupa sering mengganti amplas jika sudah aus. 
  2. Ganti amplas dengan nomor 180 dan ulangi ke bagian yang sama. Jangan lupa ikuti arah serat kayu. 
  3. Terakhir gunakan amplas nomor 220 ke bagian yang sama. Bersihkan semua debu amplas setiap selesai mengamplas dengan mesin vakum. 

Tips 4. Berapa Lapisan Coating yang Dibutuhkan?

Pertanyaan yang sering muncul ketika hendak mengecat adalah berapakah lapisan yang dibutuhkan baik itu sanding sealer dan juga clear coat? Jika Anda mengecat secara merata untuk furniture indoor, satu lapisan dari masing-masing bahan finishing sudah sangat cukup. Asal proses aplikasinya sekali harus benar-benar merata.

Namun karena Anda akan mengecat gazebo yang berada di luar ruangan akan lebih baik jika memberikan dua kali lapisan. Supaya perlindungan lebih kuat, selain itu juga lebih meratakan aplikasinya. Setiap aplikasi yang diberikan harus dibentuk tipis saja. 

Tips 5. Mengecat Gazebo dengan Kuas

Ada tiga cara yang bisa dilakukan saat mengaplikasikan cat transparan berdasarkan alat yang ingin digunakan. Alat pertama yang bisa digunakan adalah kuas karena sangat murah dan mudah didapatkan. Namun karena objek aplikasi sangat besar, Anda mungkin harus membutuhkan waktu lama dan tenaga yang lebih banyak. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan kuas. Pertama adalah arah penguasan harus sesuai dengan arah serat. Kedua jenis kuas yang digunakan jika Anda mengecat dengan Biovarnish adalah kuas dengan bulu nilon. Ketiga adalah kuas harus berukuran besar, baru dan halus. 

Proses aplikasi harus sesuai dengan kemasan kaleng, dan ikuti tekniknya berikut:

  1. Celupkan kuas ke dalam larutan cat transparan jangan ke seluruh bagian bulu. 
  2. Tap ke bibir wadah supaya cat berlebih berkurang dari bulu kuas. 
  3. Sapukan ke arah serat kayu sedikit diangkat dengan sudut 45 derajat. 
  4. Buat satu kali sapuan panjang, ulangi pencelupan dan lanjutkan di bagian yang terakhir. 

Tips 6. Mengecat Gazebo dengan Roller

Alat kedua yang bisa digunakan dan harganya cukup murah. Cara aplikasinya tidak jauh berbeda ketika Anda akan mengecat cat dinding. Namun untuk bagian tiang gazebo, akan lebih baik jika menggunakan roller yang lebih kecil. Sedangkan bagian lantai bisa menggunakan roller dengan ukuran besar. 

Langkah aplikasi juga mengikuti anjuran dalam kemasan kaleng Biovarnish, sedangkan tekniknya adalah sebagai berikut:

  1. Celupkan secara menyeluruh roller ke dalam larutan sanding sealer atau clear coat. 
  2. Perlahan jalankan roll dan biarkan cat transparan menempel pada permukaan kayu jati. Buatlah sedikit penekanan saat mengecat, biasanya satu kali celup bisa mengcover 1m2. 
  3. Ikuti arah pengecatan dengan serat supaya hasilnya juga halus. 
  4. Lanjutkan dengan memperbaiki bagian yang tidak tercover seperti siku menggunakan kuas nilon. 

Tips 7. Mengecat Gazebo dengan Spray Gun

Jika Anda memiliki spray gun dan biasa mengecat furniture, saatnya mencoba menggunakannya untuk gazebo kayu jati. Saat mengecat gazebo dengan spray gun, Anda harus membuat larutan atau viskositas dari cat transparan yang tepat. Cobalah menggunakan alat NK 2 dan dapatkan viskositas 11-12 detik. 

Setelah itu, ikuti pengecatannya dengan spray gun berikut ini. 

  1. Atur tekanan dan jarak semprotan dengan baik. Jika Anda sudah terbiasa maka langkah ini bisa dilakukan dengan mudah. 
  2. Kemudian mulai pada rangka bagian atas gazebo dan cat dengan arah horizontal. Setelah itu baru ke arah vertikal. 
  3. Lakukan secara perlahan hingga semua tertutup dengan cat transparan. 

Artikel "Teknik Aplikasi"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.