Teknik Finishing Kayu Paling Mudah

Kemudahan aplikasi cat dengan teknik finishing kayu yang berbagai macam sangat dibutuhkan. Pelajari teknik finishing berikut ini sebelum melakukan finishing.

Teknik Finishing Kayu

Finishing yang memiliki peranan penting dalam proses pembuatan furniture ini adalah tahapan akhir yang tidak wajib dilakukan. Fungsi dari finishing sendiri adalah untuk memberikan nilai estetika pada furniture serta salah satu perawatan agar furniture indoor maupun outdoor tahan lama. Dalam melakukan finishing banyak yang perlu diketahui mulai dari teknik finishing kayu, bahan baku cat yang digunakan apa saja dan juga pengamplasan. Setiap masing-masing furniture memiliki jenis kayu berbeda oleh karena itu warna dan tekstur yang dihasilkan berbeda. Perbedaan dari jenis kayu tersebut membuat Anda harus memilih jenis cat dan warna cat yang sesuai.

Untuk mendapatkan nilai estetika warna akan sangat mempengaruhi terlebih jika Anda menginginkan serat kayu yang terlihat jelas. Tentu saja produk cat yang dipilih haruslah memiliki transparansi yang tinggi. Dalam sisi perawatan maka cat yang digunakan harus sesuai misalnya saja cat untuk furniture indoor tidak bisa digunakan pada furniture outdoor. Anda harus tepat dalam memilih jenis cat yang akan digunakan. Selain dari jenis cat, teknik aplikasi yang digunakan juga harus tepat. Jika Anda akan melakukan finishing bidang luas apakah menggunakan brush system ataukah spray system? Tentu saja berbagai macam teknik finishing kayu harus dipelajari terlebih dahulu.

Pilihan Teknik Finishing

Mempelajari berbagai jenis finishing kayu akan sangat menguntungkan Anda karena dapat membantu memutuskan seberapa banyak produk c at yang harus digunakan. Sehingga jika sudah diprediksi Anda tidak akan kekurangan bahan atau mungkin kelebihan bahan cat agar tidak terbuang sia-sia. Berikut ini teknik finishing kayu yang bisa Anda pilih dan disesuaikan dengan furniture yang akan difinishing.

Teknik Finishing Kayu
  1. Kuas, brush system adalah salah satu teknik finishing yang paling sering digunakan untuk di rumah. Pemilahan teknik ini sangat mudah dan murah akan tetapi yang menjadi titik tumpu adalah pemilihan kuas halus. Jika Anda menginginkan hasil yang halus, kuas bisa dilapisi oleh kain katun bersih dan kering sehingga brush mark tidak akan nampak pada permukaan kayu. Aplikasi dengan kuas ini tidak cocok unutk furniture dengan permukaan luas tetapi bagus pada furniture dengan banyak cekungan seperti ukiran. Cat bisa masuk ke dalam bagian yang sulit berkat kuas.
  2. Wipping, teknik wipping adalah menggunakan kain katun bersih dan kering kemudian dipoles ke seluruh permukaan kayu. Teknik finishing wipping akan memakan waktu yang cukup lama karena harus dilakukan secara perlahan tetapi memiliki hasil permukaan yang lebih halus.
  3. Rolling, Teknik finishing ini biasanya digunakan oleh pabrik dan material yang difinshing adalah papan kayu. Memiliki prinsip yang sama dengan roller pada cat tembok bedanya disini menggunakan mesin khusus dengan roller yang telah dilapisi oleh bahan cat pada bagian atas dan pada bagian bawah terdapat roler berjalan untuk menjalankan papan kayu. Sisa cat dapat jatuh pada bagian bawahnya.
  4. Dipping, proses dipping adalah proses perendaman yang membutuhkan banyak bahan cat. Bahan cat akan dimasukan ke dalam ember besar kemudian merendam furniture. Akan tetapi proses ini jarang digunakan karena boros. Akan tetapi cat bisa masik ke bagian sela-sela kayu yang sulit dijangkau.
  5. Spray, teknik finishing kayu dengan spray juga sering digunakan karena sangat mudah hanya membutukan spraygun dan kompresor. Teknik finishing ini cenderung cepat karena memanfaatkan tekanan angin untuk menyemprotkan cat pada seluruh permukaan finishing. Tingkat tekanan angin pun dapat disesuaikan dengan keinginan. Teknik aplikasi ini cukup cepat akan tetapi lumayan sulit untuk menjangkau bagian cekungan pada furniture.

Artikel "Teknik Aplikasi"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.