Mengenal Prinsip Desain dan Tata Ruang Keluarga, Khususnya Furniture

Dalam mendesain pastinya membutuhkan beberapa prinsip yang diterapkan agar ruangan lebih nyaman. Sebaiknya pula gunakan cat duco kayu solid yang aman.

Penataan ruangan terutama ruang keluarga memang harus diperhatikan karena menyangkut kenyamanan dari penghuni. Jika penataan asal-asalan dan tidak memperhatikan jenis furniture atau aksesoris yang akan diterapkan, pastinya akan menimbulkan kesan berantakan bahkan kumuh.

Maka dari itu, pentingnya memperhatikan beragam konsep yang perlu diterapkan pada ruang keluarga akan memberikan kesan yang nyaman dan indah dipandang. Prinsip dalam mendesain ruangan juga tidak dilakukan secara asal namun membutuhkan panduan yang pas. Akan lebih baik jika kamu menggunakan cat duco kayu solid yang bertujuan untuk mempercantik tampilan furniture, perabotan atau aksesoris ruangan.

Prinsip Desain dan Tata Ruang Keluarga

Ruang keluarga merupakan ruang yang memiliki peran yang sangat krusial pada suatu hunian rumah. Sebab, ruang keluarga ini menjadi satu tempat yang difungsikan sebagai tempat pertemuan atau bahkan tempat bersantai bersama. Maka dari itu, desain atau tata ruang harus senyaman mungkin agar keluarga merasa betah berada di ruangan tersebut. Pada umumnya, ruang keluarga terdapat setelah ruang tamu. Apakah konsep seamcam ini masih layak digunakan untuk hunian modern saat ini?

Jika dilihat dari konsep maka setiap keluarga memiliki konsep yang berbeda, begitu pula dengan bentuk kenyamanan dari keluarga yang satu dengan yang lainnya. Hal ini dikarenakan oleh dasar kebiasaan dan kebutuhan dari keluarga tersebut yang menjadi pola dasar dalam menciptakan suasa yang nyaman.

Seperti yang disinggung diatas bahwa konsep desain untuk menata ruang keluarga tidak dilakukan secara asal-asalan melainkan memerlukan panduan yang pas agar ruangan tidak pengap, berantakan dan kotor. Walaupun ada juga konsep yang menggunakan konsep semacam ini namun kebanyakan keluarga di Indonesia menginginkan konsep yang lega dan tenang. Karena ruang keluarga menyangkut kenyamanan ketika keluarga berkumpul atau hanya sekedar digunakan untuk bersantai.

Nah, Jika melihat dari beragam konsep pasti tidak akan menemukan kesamaan. Namun pada umumnya, tata ruang yang digunakan didominasi dengan desain yang sama. Beberapa desaindan tata ruang tersebut biasanya cenderung digunakan untuk menciptakan ruang nyaman. Adapun beberapa prinsip desain dan tata ruang  yang dinukil dari majalah “Rumah” sebagai berikut:

  1. Perhatikan Zona atau Zoning

Zona, tentu semua orang sudah mengetahui yang dimaksud dengan zona. Begitu pula ketika digunakan untuk menata desain ruangan. Anda harus mengetahui zona setiap ruangan, pada umumnya, zona dibedakan menjadi dua yaitu zona umum dan zona privat. Seiring waktu, zona berkembang menjadi semiumum/semiprivat yang bisa digunakan untuk beragam aktivitas tanpa mengganggu aktivitas lainnya.

Ruang keluarga adalah ruangan yang masuk ke ruang umum atau semiprivat. Namun, karena sempitnya lahan tren penggunaan ruang semakin luas yang mana ruang tamu, ruang makan, dan dapur menjadi satu area yang tidak dipisahkan zona. Kadangkala, ruang keluarga dijadikan satu fungsi dengan ruang tamu, hal ini sah-sah saja asalkan kenyamanan dari keluarga tidak terganggu dan tidak menghilangkan fungsi pokok setiap ruang tersebut.

  1. Flow Sirkulasi

Karena ruang keluarga merupakan salah satu ruangan yang menjadi pusat pertemuan, akan lebih baik jika posisi ruang kelurga ditempatkan pada ruang yang bisa dijangkau dari berbagai arah sehingga tidak menghalangi ruang yang satu dengan ruang yang lainnya. Pada umumnya, ruang keluarga banyak diterapkan dengan ruang yang terbuka karena ruangan tersebut mengusung zona semiprivat.

  1. Tata Ruang dan Desain Ruang

Tata ruang sangat berpengaruh pada visual dalam suatu hunian sehingga visual tersebut dapat mempengaruhi kenyamanan dari penghuni rumah. Visual ruang akan memberi jiwa pada ruang yang efeknya akan dirasakan oleh penghuni yang menggunakan ruang tersebut.

Menurut arsitek andal, Ir. And. Primus Handoyo menyatakan bahwa ruang keluarga tidak usah terpaku pada aturan yang kaku dan sebaiknya sefleksibel mungkin. Khususnya aturan tersebut digunakan dalam menentukan jenis barang dan bahan yang digunakan atau juga arah pandangan yang menuju pada satu titik tertentu misalkan TV. Yang terpenting adalah ruangan tersebut dapat menciptakan sebuah keluarga yang nyaman, kehangatan dan keakraban.

  1. Sirkulasi Udara dan Pencahayan

Nah, yang paling tidak kalah penting adalah pencahayaan dan sirkulasi udara yang cukup agar ruangan tidak pengap. Sirkulasi udara yang baik akan memberikan nuansa ruangan lebih segar, nyaman, rasa tidak sumpek dan lega. Sedangkan untuk pencahayaan selain membantu aktivitas terjadi di ruang keluarga juga bisa menciptakan suasana yang ingn dibangun dalam ruangan tersebut.

Pada intinya ketika menata ruangan adalah faktor kenyamanan, meskipun mengutamakan kenyamanan namun tetap saja harus memperhatikan faktor estetika. Kedua hal tersebut sangat penting ketika diterapkan pada ruang keluarga karena bisa mempengaruhi nuansa dalam ruangan. Dan untuk menciptakan nuansa nyaman sebenarnya dipengaruhi oleh dua hal yaitu kebiasaan dari penghuni rumah dan pemilihan bentuk, style, material, penataan dan faktor lingkungan. Maka dari itu, prinsip desain dan tata ruang diatas bisa menjadi pedoman untuk menata ruang keluarga yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Gunakan Cat Duco Kayu Solid Yang Aman

Jika membicarakan ruang keluarga tentu membutuhkan cat kayu yang tidak menimbulkan bau yang sangat menyengat. Bau yang menyengat pada cat selain menyebabkan penghuni tidak merasa nyaman ternyata juga mengindikasikan cat tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan. Pastinya tidak inginkan keluarga Anda mengalami gangguan kesehatan karena cat?

Cat duco kayu solid yang berbahaya pada umumnya menggunakan bahan dasar yang berbahaya dan mengandung VOC yang tinggi. Cat semacam ini telah lama dilarang penggunaannya untuk kebutuhan finishing di luar negeri terutama Amerika dan Eropa. Kedua negara tersebut pun juga memiliki regulasi yang menetapkan keamanan bahan cat yaitu regulasi US Enviromental Protection Agency untuk daerah Amerika Serikat sedangkan Eropa menggunakan standar dari regulasi European Chemical Agency (ECHA) Reach. Yang mana regulasi tersebut mengawasi bahan kimia serta VOC pada bahan finishing.

Jadi cat kayu yang mengandung bahan kimia seperti timbal, merkuri dan  formalin yang notabene merupakan logam berat yang sangat membahayakan kesehatan, dampak paling fatal penggunaan bahan kimia tersebut adalah kanker. Namun, tidak perlu khawatir sebab kemajuan teknologi juga membuat para ilmuwan menciptakan cat kayu yang jauh lebih aman dan ramah lingkungan yaitu cat water based.

Cat water based sudah mulai banyak digunakan di Indonesia karena masyarakat saat ini sudah menyadari akan pentingnya penggunaan bahan yang ramah lingkungan. Dengan cat duco kayu solid berbahan water based, pastinya sangat cocok jika diterapkan untuk beragam furniture, perabotan ataupun aksesoris pada ruangan keluarga. Selain memberikan kesan nyaman dan aman, tampilan cat tersebut pastinya akan memberikan tampilan yang indah dan eye-catching.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH