Apakah Cat Kayu Terbaik untuk Finishing Recycle Wood? Intip Di Sini

Melancarkan proses recycle wood yang mudah wajib menggunakan cat kayu terbaik agar terwujud konsep eco friendly.

Cat Kayu Terbaik

Negara Indoensia dalam waktu singkat dapat kehilangan 18.5 juta hektare hutan yang sangat penting fungsinya. Hutan yang tersebar di pulau Jawa dan Pulau Kalimantan dibakar, ditebang dan juga digunduli untuk perluasan lahan. Seperti pada pulau Sumatera, hutan yang dibakar langsung ditanami oleh tanaman sawit yang sangat menguntungkan. Lalu bagaiamana dengan ekosistem? Tentu saja ekosistem makhluk hidup yang di dalamnya juga punah. Bahkan asap tebal sering menyelimuti kota kota di Sumatera.  Belum lagi bahaya longsor dan lain sebagainya. Kayu hasil penebangan liar juga dijual secara ilegal. Harga kayu maikin lama melonjak tinggi karena sudah berkurangnya hutan dengan pohon yang siap tebang.

Salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan saat ini dalam melestarikan lingkungan adalah memanfaatkan kayu yang sudah tidak digunakan. Material tersebut disebut dengan recycle wood. Memanfaatkan recycle wood sangatlah mudah karena Anda bisa menggunakan kayu yang sudah tidak terpakai kemudian dibentuk sesuai yang Anda inginkan. Agar tampilan recycle wood menarik gunakan cat kayu terbaik yang juga eco friendly.

Menikmati Keuntungan Recycle Wood

Jika Anda berpikiran bahwa recycle wood adalah material yang seharusnya dibuang atau tidak memiliki manfata yang bagu sebaikanya berhenti dari pola pikir tersebut. Pada kenyataannya ada banyak industri wood working yang memanfatkan recycle wood. Mungkin beberapa furniture yang Anda beli juga menggunakan bahan recycle wood.

Berikut ini keuntungan yang akan Anda dapatkan jika memanfaatkan recycle wood.

  1. Dari biaya yang akan Anda keluarkan tentunya tidak akan sebanyak jika Anda membeli kayu gergajian yang baru. Bahkan Anda bisa tidak mengeluarkan biaya sama sekali. Recycle wood bisa Anda dapatkan dari kayu yang sudah tidak terpakai baik dari bench, pergola, rumah tua yang tidak terpakai, bekas kapal, dll.
  2. Dari bentuk tekstur memiliki keunikan tersendiri karena proses pengeroposan yang dihasilkan dari alam. Misalnya tekstur yang melengkung karena terkena panas dan hujan terus menerus.
  3. Serat yang dihasilkan masih dapat Anda nikmati karena serat tidak akan hilang selama kayu tersebut masih dapat digunakan. Maka serat rescyle wood tidak kalah dengan serta kayu gergajian yang baru.
  4. Eco Friendly. Dengan memanfaatkan recycle wood Anda telah menyelamatkan hutan secara tidak langsung karena tidak menyupport penebangan liar. Anda juga tidak akan menimbun sampah kayu.
  5. Recycle wood memiliki banyak fungsi seperti untuk kayu bakar tungku atau bisa juga dibuat furniture. Furniture yang menggunakan recycle wood akan memiliki tampilan unik terbantu dengan tekstur kayu yang tidak biasa.

Furniture yang menggunakan recycle membutuhkan lapisan cat kayu terbaik. Mengapa? Karena untuk menjaga ketahanan dari kayu tersebut. Terlebih kayu banyak memiliki lubang dan keropos karena peruabahan cuaca.

Mewujudkan Konsep Eco Friendly Dengan Cat Kayu Terbaik

Cat Kayu Terbaik

Mewujudkan konsep eco friendly dengan menggunakan recycle wood adalah pilihan tepat. Akan tetapi belum sempurna jika Anda belum menggunakan cat kayu yang eco friendly juga. Pemilihan cat eco friendly tidak bisa sembarangan karena kebanyakan cat adalah cat solvent dengan bahan pencampur thinner yang mengandung banyak toxic. Eco friendly berarti aman bagi lingkungan dan juga penggunanya seperti manusia.

Cat kayu yang eco friendly adalah cat kayu water based. Karena cat water based memanfaatkan bahan baku air dan bahan pencampur air. Sehingga tidak ada kandungan toxic yang akan membahayakan lingkungan. Gunakan cat kayu terbaik water based untuk menjaga keamanan lingkungan dan keamanan aplikatornya seperti sama halnya menggunakan recycle wood untuk menjaga kelestarian hutan.

Cat Kayu Terbaik Eco Friendly untuk Recycle Wood

Konsep recycle wood kini cukup marak di Indonesia, bukan hanya furniture untuk ekspor tetapi juga di kalangan DIY. Tidak menggunakan kayu baru, turut mengurangi penebangan hutan. Itulah tujuannya, selain itu recycle wood sendiri juga memiliki tampilan yang sangat unik dan indah. 

Contohnya saja untuk furniture bergaya vintage yang cukup dengan sedikit pengecatan bisa mengubah tampilannya secara jelas. Lalu apakah produk cat eco friendly yang sebaiknya digunakan? Anda bisa memanfaatkan Bioduco chalk paint yang bahan pelarutnya adalah air. 

Sebagai cat water based yang eco friendly, sejumlah regulasi diikuti sehingga melahirkan produk yang sangat aman. Ada beberapa alasan yang membuat Bioduco chalk paint aman dan sangat direkomendasikan yaitu;

» Pelarut air yang tak menimbulkan bau

Air adalah bahan pelarut yang digunakan untuk mengencerkan Bioduco chalk paint. Dengan penggunaan air inilah, cat menghilangkan banyak kadar solvent di dalamnya. Tujuannya agar bisa dilarutkan dengan air. Efek samping positif yang bisa dirasakan langsung adalah tidak menimbulkan bau. 

Baik itu bau saat pertama kali kaleng cat dibuka hingga pada saat cat masuk ke proses pengeringan. Pada tahapan pengeringan, bahan yang menguap adalah air bukan thinner maupun spiritus. 

» Memiliki warna-warna pastel

Sebagai produk chalk paint yang pertama kali ada di Indonesia, warna-warna yang dihadirkan pun sangat menarik. Anda tidak akan menemukan pilihan warna ini pada produk cat duco atau merk lainnya. Warna pastel sangat cocok diterapkan pada furniture recycle yang tampak usang. 

Hanya perlu menguasai teknik mengecat yang tepat saja sehingga Anda bisa mendapatkan furniture bergaya vintage yang maksimal. Inilah daya tarik yang membuat Bioduco chalk paint bukan sekedar cat aman tetapi juga indah. 

» Mengikuti regulasi ECHA dan US EPA

Di Eropa, ada sebuah regulasi yang diterapkan dalam penggunaan bahan-bahan kimia termasuk dalam pembuatan cat. Disebut dengan European Chemical Agency isinya membatasi dalam penggunaan zat organik seperti timbal, formalin dan lainnya. 

Kedua adalah regulasi yang diterapkan di Amerika yaitu EPA atau Environmental Protection Agency yang juga isinya pembatasan mengenai zat organik dalam sebuah produk. 

Kedua jenis regulasi ini pun selalu diperbaharui setiap tahunnya, dan chalk paint selalu mengikuti keduanya. 

» Tidak menimbulkan polusi dalam ruangan

Saking semangatnya membuat furniture recycle Anda tidak memperhatikan soal pemilihan cat. Salah memilih, cat bisa menjadi sumber polusi udara dalam ruangan yang tidak disadari banyak manusia. Salah satu zat berbahaya yang menyebar tanpa wujud dan bau adalah formaldehyde. 

Merupakan penguapan yang terjadi dari zat formalin, ketika menguap maka akan berubah menjadi polusi. Karena tidak ada bau dan bentuk manusia tentu tidak sadar menghirupnya. Untungnya Bioduco chalk paint membatasi penggunaan formalin, jadi kadar formaldehid di udara tidak menimbulkan polusi. 

»  Mudah untuk diaplikasikan

Satu lagi yang menjadikan chalk paint Bioduco sangat direkomendasikan yaitu kemudahan aplikasinya. Bahan pelarut yang digunakan adalah air sehingga otomatis akan menimbulkan sifat hemat dalam finishing. 

Kedua, alat yang digunakan untuk aplikasi cat ini hanyalah kuas. Bermodalkan kuas nilon dan juga air finishing yang apik untuk recycle wood bisa didapatkan. Di mana lagi Anda bisa mendapatkan cat kayu terbaik selain Bioduco chalk paint? 

Bagi Anda yang ingin langsung membeli cat berkualitas ini bisa langsung melalui link di bawah ini. 

  1. https://www.tokopedia.com/biovarnishseries
  2. https://www.tokopedia.com/catkayu
  3. https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH