Tips Menggunakan Warna Cat agar Ruangan Terlihat Terang dan Efisien

Ruangan Anda sempit karena memiliki rumah yang berukuran kecil?Jangan kahwatir Anda bisa mengubah itu semua menjadi ruangan yang terlihat besar dan nyaman digunakan. Kuncinya adalah tetap membuat ruangan Anda terlihat lebih terang dari sebelumnya. Ruangan yang gelap hanya akan menambah ruangan terlihat lebih sempit.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan, bukan hanya menggunakan perabot yang penting atau bahkan Anda mengurangi beberapa perabotan namun cukup dengan memilih warna ruangan yang tepat Anda akan mendapatkan ruangan terlihat terang dan lebih luas.

Ada banyak pilihan warna di luar sana, hanya saja Anda perlu menggabungkan, memilih warna-warna tersebut. Banyak orang yang kesulitan dan akhirnya justru menyewa desainer interior khusus di mana Anda harus mengeluarkan budget yang cukup tinggi. Tidak ingin mengeluarkan banyak uang namun tetap bisa menata dan mendapatkan ruangan sempit menjadi lebih terang dan nyaman berikut ini pilihan warna yang bisa Anda pilih.

  • Putih

Putih memantulkan cahaya dan membuat dinding menjauh, sehingga ruang kecil tampak lebih besar. Sementara orang kulit putih dapat memiliki warna biru, merah muda, atau bahkan hijau, ini hanya putih dalam bentuknya yang paling murni, tanpa warna apa pun. Tidak mencolok atau dingin, hanya ringan dan lapang.

  • Kuning

Warna kuning sangat cocok untuk anak-anak Anda karena warna-warni dan menyenangkan, tetapi tidak terlihat terlalu muda.

  • Blush

Warna merah muda yang sangat lembut menambah kehangatan ke ruangan kecil tanpa menguasainya. Padukan dengan abu-abu dan hitam untuk memastikan tidak terasa terlalu berenda.

  • Sage

Pilih hijau berlumut ringan dengan sedikit abu-abu di dalamnya untuk spasi oleh jendela. Di musim panas, ini akan menyatu dengan dedaunan, dan ketika terlalu dingin untuk menghadapi musim dingin, itu akan mengingatkan Anda bahwa musim semi sedang dalam perjalanan.

  • Putih pucat
Tips Menggunakan Warna Cat Agar Ruangan Terlihat Terang

Anda ingin memaksimalkan cahaya di ruang tamu kecil Anda terutama jika Anda punya banyak jendela jadi pilihlah warna dinding yang off-white. Itu akan menambah sedikit kehangatan, tapi tetap membuat suasana terasa lapang.

  • Biru langit

Anda ingin kamar tidur Anda terasa ringan, lapang, dan menenangkan terutama jika berada di sisi yang lebih kecil. Warna biru yang lembut ini membantu ruang Anda terasa sedikit lebih luas.

  • Kulit telur

Putih adalah ruang kecil, karena membuka semuanya dan membuatnya tetap terang, tetapi putih murni sering kali bisa terlalu mencolok. Tetaplah dengan warna yang lebih hangat untuk membantu ruangan Anda terasa lebih mengundang.

  • Hitam dan putih
Tips Menggunakan Warna Cat Agar Ruangan Terlihat Terang

Hitam dan putih adalah tampilan chic dalam setiap gaya interior dari modern ke periode klasik yang didominasi ruang arsitektur. Menambahkan detail dan aksesori hitam meminjamkan tepi kontemporer dan menyimpul ruangan dengan gaya, daripada menutup. Gunakan matte hitam untuk patina, gloss tinggi, kaca atau keramik untuk sedikit glam.

  • Aqua

Sebagai menenangkan seperti laut, aqua adalah warna yang sempurna untuk surut ke latar belakang seperti ombak, tanpa mendominasi ruang. Dipasangkan dengan kayu warna terang dan tekstur alami dalam soft furnishing, tambahkan sorotan sesekali warna yang lebih berani atau logam dalam bantal atau lampu.

  • Abu-abu

Abu-abu yang lebih hangat dengan transisi ke ‘greige’ terus ditampilkan di ruang interior dan menjaga ruang tetap terang dan terang tanpa sensasi dingin dari abu-abu yang lebih tradisional. Kamar mandi kecil ini mengambil ubin tepat ke langit-langit, menarik mata ke atas untuk memaksimalkan penggunaan ruang.

Menata Ruang Terang Lebih Efisien

Warna sudah Anda dapatkan untuk setiap ruangan kini beralih pada bagaimana Anda bisa menata ruangan yang ternag tersebut menjadi lebih efesien. Penggunaan yang efesien akan membuat ruangan menjadi lebih luas lagi. Seperti pada ruangan keluarga, pada acara tertentu maka Anda akan menggunakannya dengan banyak orang.

Ruangan yang ditata dengan sempit akan mempersulit ruang gerak, nah berikut ini apa saja yang perlu Anda perhatikan agar ruang-ruang di rumah Anda lebih mudah untuk digunakan.

  • Pencahayaan adalah elemen kunci dalam membuka ruang

Membiarkan cahaya alami di dalam ruangan membuka interior dan membuatnya terlihat lebih besar. Jika Anda tidak memiliki banyak cahaya alami, Anda dapat menambahkan beberapa efek kreatif menggunakan perlengkapan pencahayaan. Anda akan kagum pada bagaimana penambahan kecil ini dapat membuat perbedaan besar.

Jika Anda memiliki akses ke cahaya alami, membawanya ke rumah Anda melalui jendela besar akan langsung menghubungkan ruangan dengan alam bebas, tidak lagi membatasi ruang Anda. Gunakan penutup jendela belaka, atau tarik sepenuhnya ke belakang, untuk memungkinkan lebih banyak cahaya masuk. Jika pemandangannya buruk, taruh tanaman atau bunga di dekat jendela dan gunakan lampu untuk mencerahkan ruang.

  • Hilangkan keramaian
Tips Menggunakan Warna Cat Agar Ruangan Terlihat Terang

Jagalah agar kamar Anda tetap rapi dan teratur. Tidak ada yang membuat ruang kecil terasa sempit lebih dari terlalu banyak barang. Dengan hal-hal tersusun rapi dan tidak terlihat, ruang yang terlihat akan merasa tertib dan terbuka. Ruang yang berantakan sama dengan ruang yang lebih kecil.

Jangan tutupi dinding Anda dengan banyak gambar. Satu lukisan besar bekerja lebih baik daripada sekelompok lukisan kecil. Jika ada terlalu banyak hal yang terjadi, semua meminta perhatian, itu bisa membuat ruangan terasa sibuk dan ramai.

Saat mendekorasi ruangan kecil, buat titik fokus satu area atau fitur yang akan menarik perhatian. Di ruang makan, ini mungkin akan menjadi meja. Di kamar tidur, kemungkinan besar adalah tempat tidur. Jadikan titik fokus itu bintang ruangan. Atur perabotan agar fokus tertarik ke area itu, dan jaga dekorasi di seluruh ruangan hingga minimum (batasi jumlah aksesori).

Jaga lantai sejelas mungkin. Ini adalah salah satu cara terpenting untuk mempertahankan rasa kelapangan. Keluarkan karpet besar untuk menciptakan ilusi ruang lantai yang lebih luas.

  • Manfaatkan cermin

Cermin dapat membuat ruangan Anda terlihat lebih besar. Gunakan titik fokus dan arahkan cermin Anda ke arahnya untuk memberikan ilusi kedalaman. Cermin juga memantulkan cahaya alami dan buatan untuk membuat ruangan lebih terang pada siang dan malam hari. Mereka memantulkan cahaya jauh ke dalam ruangan, membuatnya tampak lebih besar.

Menempatkan cermin di dekat jendela untuk memantulkan suasana luar sangat efektif. Cermin di dinding dan permukaan kaca akan memberi ruangan Anda perasaan yang lebih terbuka. Anda juga dapat menggunakan pintu lemari cermin untuk membuat ruang terasa lebih besar.

  • Maksimalkan pengaturan furnitur Anda

Kadang-kadang furnitur dapat memakan banyak ruang. Untuk menghindarinya, gunakan furnitur multi fungsi, seperti peti yang bisa digunakan sebagai meja kopi, sofa bed atau tempat tidur dengan laci untuk penyimpanan di bawahnya. Gunakan meja makan yang dapat diperluas, meja lipat, dan tabel bersarang, yang dapat disimpan jika Anda tidak membutuhkannya.

Tempatkan furnitur yang lebih besar ke dinding untuk memaksimalkan ruang terbuka. Ukur furnitur Anda agar sesuai dengan ukuran ruangan, dan jangan memblokir jalur. Jika furnitur dan aksesori menghalangi pandangan ke suatu ruangan, itu akan terlihat sesak. Dengan memindahkan furnitur keluar dan menjauh dari jalur pejalan kaki, Anda akan membuka ruang dan membuatnya terasa lebih besar.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH