Mengecat Menggunakan Chalk Paints untuk Furniture Tampil Vintage

Meja, rak buku dan juga kursi lama Anda mungkin sudah mengelupas atau sudah Anda gunakan dalam waktu yang lama. Daripada Anda membuangnya Anda bisa mengecat ulang dan menggunakannya menjadi barang yang bermanfaat. Anda dapat memilih untuk menghapus bagian cat dan mempertahankan kayu, tetapi itu jauh lebih merepotkan daripada menggunakan chalk paint.

Karena kayu alami yang tersisa memiliki warna kemerahan yang indah, warna cat yang dipilih adalah biru yang lebih gelap (ketika tertekan nanti, warna merah akan muncul di beberapa tempat, menghasilkan kontras yang bagus). Anda juga bisa membuat chalk paint sendiri dengan beberapa bahan sederhana.

Perhatikan juga ada sekaleng wax dan sikat wax (untuk digunakan pada langkah selanjutnya), beberapa amplas (untuk digunakan di langkah selanjutnya), sikat sederhana (tidak perlu sikat yang lebih mewah untuk cat), beberapa handuk ( kain atau handuk bersih), dan sepotong aluminium foil untuk membungkus kuas cat basah Anda (jika Anda perlu istirahat dan tidak ingin sikat Anda mengering).

Mengecat Menggunakan Chalk Paints

Jika Anda sudah mempersiapkan alat dan juga bahan tersebut maka selanjutnya Anda bisa membuat furnitur chalk paint yang memiliki penampilan daripada sebelumnya.

Persiapan Furnitur Sebelum Mengecat

Anda tidak perlu menghapus apa pun dari furnitur Anda, yang mencakup cat lama atau sentuhan lama, tetapi Anda harus memastikan bahwa permukaannya bersih dan kering. Air sabun sederhana adalah pilihan terbaik. Jangan gunakan wax furnitur untuk membersihkannya! Komponen wax dari kebanyakan poles furnitur tidak tercampur dengan baik dengan chalk paint.

Jika Anda seorang pemula dalam mengecat chalk paint atau finishing, Anda mungkin menempatkan kain atau lembaran lama di bawah barang Anda. Jika Anda ingin hasil yang rapi, jangan khawatir. Jika Anda mendapatkan chalk paint di atas karpet atau lantai, Anda dapat menghapusnya dengan mudah dengan sabun cuci piring atau deterjen, air, dan sedikit minyak.

  • Gunakan Sikat Untuk Mencetak Serat Furnitur Anda

Inilah keindahan nyata menggunakan chalk paint. Anda tidak perlu berhati-hati untuk mendapatkan semua sapuan kuas Anda ke arah yang sama; Anda tidak harus memastikan bahwa cakupannya merata. Anda bahkan tidak perlu mengecat setiap sudut dan celah jika Anda tidak menginginkannya.

Untuk bagian khusus ini, dua lapis cat diperlukan di atas meja, karena akan membutuhkan lapisan yang lebih tebal. Kayu yang belum selesai akan membutuhkan lebih banyak cat untuk ditutupi.

  • Amplas Permukaan Untuk Menciptakan Hasil Yang Sempurna
Mengecat Menggunakan Chalk Paints

Pastikan Anda menggunakan amplas halus. Amplas yang lebih kasar, semakin dalam alur yang dibuat di furnitur. Anda tidak mencoba mengamplas ke semua permukaan kayu, hanya ke bagian akhir di bawah lapisan cat itu.

Dimana dan berapa banyak cat yang Anda sandari benar-benar merupakan preferensi pribadi. Jika Anda menjadi terlalu bersemangat dan mengamplas terlalu banyak, jangan dipikirkan. Anda selalu dapat kembali dan mengecat lapisan warna lain. Pada bagian ini, pengamplasan tidak dilakukan di tengah bagian atas, di mana bagian yang sudah ada sudah hilang.

Untuk lebih mudahnya Anda bisa mengamplas hanya pada bagian sudut atau ujung. Misalnya saja Anda akan mengecat sebuah lemari maka bagian knop akan lebih cepat pudar. Anda bisa mengamplas bagian tersebut.

  • Hapus debu amplas

Basahi salah satu handuk atau kain dan sapukan handuk basah di seluruh perabotan. Anda mencoba untuk mengambil debu yang Anda hasilkan dengan amplas. Debu amplas yang tersisa akan memperlihatkan hasil finshing yang tidak rapi.

  • Aplikasikan wax

Chalk paint tidak memiliki sealer yang sebagian besar cat miliki dan, karenanya, membutuhkan wax untuk menyegel warna dan menjaga air atau kotoran lainnya dari hasil akhir. Pertama, pastikan bahwa cat benar-benar kering.

Mengecat Menggunakan Chalk Paints

Anda perlu menggunakan sikat terpisah untuk menerapkan wax. Beberapa jenis sikat khusus untuk aplikasi wax tersedia; mereka biasanya memiliki ujung yang sedikit membulat dan sedikit lebih berat di pegangannya. Sikat ini agak mahal, tetapi Anda bisa menggunakan sikat yang sama beberapa kali untuk mengaplikasikan wax. Namun, setelah Anda menggunakan kuas untuk wax, Anda tidak dapat menggunakannya untuk mengecat.

Beli wax Anda ketika Anda membeli cat Anda. Untuk bagian ini, wax bersih sedang digunakan.

Oleskan wax dengan mudah di bagian-bagian kecil pada suatu waktu. Gunakan handuk atau kain untuk menghapus sisa wax saat Anda selesai. Untuk bagian ini, misalnya, wax salah satu kaki luar dan bersihkan sisa-sisa wax, tempelkan bagian luar kaki yang lain dan bersihkan sisa-sisa wax, tempelkan kaki bagian dalam satu per satu dan bersihkan kelebihannya, dan seterusnya.

Perhatikan bahwa untuk bagian furnitur luar ruangan, Anda tidak perlu menggunakan wax karena potongan itu akan menua dan memudar lebih cepat, tetapi wax itu tidak akan berfungsi dengan baik di luar ruangan.

Wax akan memberikan perlindungan pada furnitur chalk paint Anda. Apabila Anda ingin mendapatkannya lebih lama lagi dan bisa menikmati frunitur lebih lama Anda bisa menggunakan wax beberapa minggu sekali sebaiknya tiga minggu sekali.

Salah satu jenis wax yang bisa Anda gunakan adalah Beeswax Linseed Oil. Produk ini akan memberikan Anda banyak kelebihan dan akan memberikan penampilan dari furnitur chalk paint lebih baik.

Wax akan meresap ke dalam pori kayu dan melindungi dari dalam sehingga tidak menimbulkan jamur. Jadi sebaiknya jika Anda ingin mendapatkan hasil sempurna gunakan Beeswax Linseed Oil tipis-tipis saja. Anda tidak akan mengalami masalah jamur pada furniture.

  • Biarkan Kering Dan Nikmati Furniture Baru Anda

Untuk furnitur yang akan banyak digunakan (seperti meja kopi), waktu pengaturan untuk wax adalah 2–3 minggu. Namun, jika Anda menggunakan terlalu banyak, dan Anda menemukan cincin air pada barang yang sudah dichalk paint, Anda bisa membersihkannya dengan air sabun dan dengan mudah mengecat ulang atau melindunginya dengan lebih banyak wax.

Jika Anda tidak akan menyusahkan potongan atau membiarkannya menunjukkan umurnya dengan menampilkan beberapa warna lama, Anda akan ingin memberikan setidaknya dua lapisan lengkap dengan banyak waktu pengeringan di antara keduanya. Ini adalah tampilan yang lebih modern untuk furnitur yang dicat. Pastikan Anda tidak pelit saat mengaplikasikan wax untuk memberikan kilau yang bagus.

Jika Anda ingin sepotong untuk memiliki dua warna (satu menunjukkan melalui yang lain), pastikan bahwa lapisan pertama benar-benar kering sebelum mengecat lapisan kedua dari lapisan film atas (biasanya lebih ringan). Teknik ini biasanya digunakan untuk tampilan shabby chic.

Nah sangat mudah bukan mendapatkan furnitur chalk paint pada furnitur warna duco yang kini Anda miliki? Tampilan dari chalk paint sendiri banyak digemari di tahun 2018 ini karena akan menampilkan furnitur dengan tampilan lama yang antik. Tanpa Anda harus mengelupas lapisan cat yang lama dan melakukan pengecatan ulang lagi dengan waktu yang lebih lama.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH