Inspirasi Warna-Warna Menarik untuk Ruang Baca yang Bikin Betah

Berniat membuat ruang baca di rumah ? Sebelum mulai mengeksekusi, ada baiknya Anda membaca tips di bawah ini.

Ruang Baca

Ruang baca merupakan sebuah ruang yang biasa digunakan untuk membaca atau bahkan bekerja. Bagi beberapa orang, ruang baca bahkan menjadi ruangan favorit. Apalagi bagi Anda yang memiliki pekerjaan sebagai penulis, atau Anda yang sekedar suka baca.

Kehadiran ruang baca menjadi salah satu fasilitas yang penting bagi sebagian orang. Dengan memiliki ruang baca yang memadai Anda akan merasa nyaman dan betah ketika membaca. Sehingga menunjang aktivitas Anda dan produktivitas semakin bertambah.

Namun untuk membuat sebuah ruangan menjadi ruang baca yang nyaman diperlukan usaha yang tidak mudah. Perlu memperhatikan berbagai faktor dalam membangunnya. Seperti furnitur apa saja yang harus ada di dalam ruang baca, pencahayaan, dan yang tidak kalah penting warna dari ruang baca.

Perlu Memperhatikan Ini Sebelum Membuat Ruang Baca

Ruang Baca Nyaman

Sebuah ruang baca biasanya dilengkapi dengan berbagai macam furnitur pendukung, seperti rak buku, meja, kursi, dan furnitur pendukung lain. Hal ini akan membuat kenyamanan dan kegunaan ruang baca menjadi maksimal. Tata letak furnitur juga tidak boleh sembarangan, demi mencipatkan ruangan yang mudah diakses dan ketika ingin mengambil barang-barang akan menjadi lebih mudah.

Selain furnitur pelengkap, Anda juga harus memperhatikan pencahayan dari ruang baca tersebut. Pilih ruangan yang memadai pencahayaannya. Karena ruang baca dikhususkan untuk membaca, maka pencahayaan menjadi penting agar kita lebih nyaman ketika membaca.

Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah tema warna yang akan digunakan untuk ruang baca. Pemilihan warna menjadi unsur yang membuat ruangan tampak luas dan lebih menarik. Ruang baca yang memiliki warna menarik dan sesuai dengan karakter Anda dapat membuat anda lebih nyaman dan betah.

Nah, ide dekorasi kali ini berkaitan dengan ruang baca di rumah anda. Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah anda merasa nyaman ketika anda berada di ruang baca anda? Warna apa yang anda pilih untuk membuat kesan ruang baca anda menjadi lebih nyaman?

Inilah 7 Warna Menarik Untuk Ruang Baca

Kaleng-cat-warna-merah--biru-hijau

Ternyata pemilihan warna menjadi sesuatu yang penting dan perlu Anda pertimbangkan dengan baik. Warna pada sebuah ruangan tidak hanya memiliki fungsi estetika seperti mempercantik atau memperindah ruangan. Di sebuah ruangan dengan pemakaian warna yang tepat akan memberikan kesan yang luas. Pemilihan warna yang pas akan membuat Anda nyaman. Sedangkan penggunaan warna pada sebuah ruangan apabila tidak tepat dapat memberikan rasa tidak nyaman bagi penghuninya.

Maka dari itu ketika Anda memilih warna untuk sebuah ruangan perlu untuk memperhatikan beberapa pertimbangan. Apalagi ketika memilih warna untuk ruang baca Anda. Dimana tujuan penggunaan ruang baca untuk  membaca dan tidak jarang juga digunakan untuk bekerja. Oleh karena itu sebisa mungkin, Anda memilih warna untuk ruang baca yang bisa menunjang aktivitas, agar Anda makin produktif.

Berikut ini inspirasi warna menarik untuk ruang baca Anda.

  1. Orange-kemerahan
Ruang Baca

Warna terang dapat membuat ruangan tampak lebih cerah. Warna orange-kemerahan dapat dijadikan sebagai inspirasi Anda kali ini untuk membuat suasana ruang baca menjadi lebih tegas. Orange-kemerahan memberikan kesan yang lebih luas sehingga sangat cocok untuk diterapkan pada ruang baca atau perpusakaan pribadi anda. Warna ini bukan hanya dapat anda terapkan pada bagian dinding saja, namun juga pada furnitur seperti rak buku, meja baca, kursi, sofa, dan sebagainya.  Namun dengan tetap memperhatikan perpaduan warna dan motif yang sesuai agar tidak bertabrakan.

  1. Yummy-biru

Selain warna terang dan berani, warna yummy biru atau warna biru tua dapat anda jadikan sebagai inspirasi Anda sebagai tema untuk ruang baca atau perpustakaan mini Anda. Warna ini menunjukkan kesan ruangan yang bahagia dan juga tenang. Warna ini dapat Anda padukan dengan warna putih, furniture dari bahan kayu dengan warna natural kayu, serta lantai keramik dengan motif yang menarik.

  1. Biru gelap
Ruang Baca

Selain warna yummy biru, anda juga dapat memilih warna biru gelap untuk tema ruang baca Anda. Warna ini sangat menarik untuk Anda padukan dengan tema furniture yang berwarna gelap pula, misalnya coklat tua. Pilih jenis kursi atau sofa dengan warna coklat dan meja dengan kaca berwarna gelap. Tambahkan permadani dengan motif sederhana berwarna abu-abu agar ruangan semakin elegant.

  1. Hijau lembut/ soft green

Selain warna gelap biru, anda juga dapat bermain dengan warna yang lebih muda, misalnya hijau lembut atau soft green. Warna ini akan memberikan kesan ruangan yang lebih segar serta lebih tenang. Warna soft green ini dapat anda terapkan pada bagian dinding dan juga rak buku Anda. Padukan dengan furniture kayu berwarna coklat serta sebuah kursi atau sofa yang nyaman dengan warna yang lembut pula. Pilih lantai dari bahan kayu agar terkesan lebih hangat.

  1. Hijau tua
Ruang Baca

Warna lembut memang dapat membuat kesan ruangan yang lebih segar. Nah, apabila Anda lebih menyukai warna bold, maka Anda dapat juga dapat memilih warna hijau tua sebagai tema dari ruang baca Anda. Warna ini juga akan memberikan kesan ruangan yang hangat dan modern. Pilihan furnitur yang tepat untuk ruangan ini adalah furnitur dengan gaya yang sederhana dengan perpaduan motif yang menarik.

  1. Plum

Apakah anda menyukai warna plum? Warna ini juga ternyata dapat anda jadikan sebagai inspirasi untuk ruang baca anda. Warna plum akan memberikan kesan ruangan yang modern dan manis ini, akan membuat Anda merasa lebih tenang ketika Anda membaca di ruang baca Anda. Permadani yang luas atau memenuhi ruangan dapat juga Anda kombinasikan dengan ruang baca berwarna plum.

  1. Biru laut

Warna biru laut juga dapat menemani Anda ketika anda sedang membaca di ruang baca Anda. Warna biru laut ini akan membuat ruangan menjadi lebih tenang dan juga fresh. Warna ini sangat cocok untuk Anda terapkan pada ruangan yang minimalis.

Berikut tips mengenai pemilihan warna yang dapat Anda digunakan. Ternyata setelah mengetahui tips di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan warna pada ruangan cukup penting. Tidak hanya sebatas sebagai kepentingan estetika saja. Pemilihan warna yang tidak tepat pada sebuah ruang baca dapat memengaruhi suasana hati dan psikologis pemiliknya dan apabila salah memilih warna bisa-bisa produktivitas kita yang menjadi taruhannya.

Selain perlu memperhatikan warna dari ruang baca yang akan anda gunakan, yang tidak kalah penting adalah memilih cat yang akan digunakan. Karena Anda bisa jadi akan menghabiskan waktu yang tidak sedikit di ruang baca, maka sebisa mungkin ruang baca tersebut sehat dan tidak meracuni. Usahakan memakai cat yang berkualitas dan tidak memiliki kandungan zat kimia yang berbahaya dengan kadar tinggi. Ini guna menghindari dampak buruk dari cat yang memiliki kandungan zat kimia yang tinggi. Anda bisa memilih cat water based untuk memenuhi kebutuhan cat pada ruang baca anda. Cat dengan pelarut air ini sudah terbukti tidak membahayakan kesehatan Anda jadi akan aman jika digunakan untuk mewarnai ruang baca di rumah Anda.

Artikel "Featured"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH