Tren Desain Interior Tahun 202, Kerajinan Tangan Masih Jadi Favorit

Memasuki tahun 2021 pasti banyak hal-hal baru yang ingin dilakukan, bukan? Salah satunya adalah desain interior yang memerlukan perubahan agar lebih fresh.

Apa resolusi Anda untuk tahun 2021 ini? Banyak orang yang membuat resolusi agar pencapaian tahun depan dapat terlaksanakan. Faktanya, tidak sedikit orang yang juga memiliki resolusi tentang rumah masa depannya, loh. Karena rumah menjadi tempat yang nyaman maka desain interiornya pun harus mendukung nuansa tersebut.

Tren desain interior setiap tahunnya selalu berubah untuk memberikan nuansa yang baru dan fresh. Dengan penambahan aksesoris, furniture atau bahkan tata ruang menjadi titik point menciptakan nuansa ruangan terkesan lebih hidup.

Apa saja sih tren desain interior untuk tahun 2021 ini? Menariknya, untuk tahun 2021 ini ternyata trend desain interior fokus pada nuansa alam, loh. Yuk intip apa saja desain interior yang akan tren di tahun 2021 ini!

Desain dengan Nuansa Hangat dan Natural Alami

Tema yang satu ini umumnya mengacu pada warna-warna bebatuan seperti zamrud. Kesan alami yang dipancarkan ruangan dengan desain semacam ini akan memberikan nuansa yang tenang. Hal ini selaras dengan minat masyarakat urban saat ini notabene membutuhkan ruang yang menenangkan.

Anda dapat meletakkan aksesoris dengan nuansa alam pada ruangan Anda sehingga memberikan kesan yang natural. Cat yang digunakan pada ruangan tersebut juga tidak fokus pada warna putih ataupun krem saja melainkan juga warna-warna zamrud, kobalt atau bahkan mustard.

Desain Dengan Nuansa Alam

Sedangkan desain dengan nuansa alam ini cukup berbeda dengan yang disebutkan diatas. Untuk desain dengan tema alam ini umumnya menerapkan konsep penggunaan tanaman dalam ruangan. Trend ini juga sempat booming di tahun 2020.

Umumnya, untuk cat tembok justru menggunakan warna-warna yang cerah atau tenang sehingga dapat menyatu dengan konsep alam tersebut. Tanaman yang banyak digunakan untuk hiasan hingga tahun 2021 adalah kaktus mini. Meskipun berduri, justru tanaman yang satu ini memiliki minat yang tidak sedikit.

Desain Interior Era Tahun 1970-an

Siapa sangka era 70-an akan menjadi tren di tahun 2021. Desain interior ini biasanya disebut juga dengan dekorasi bohemian yang notabene mencerminkan kebebasan dan individualis. Meskipun demikian, furniture era 70-an yang akan digunakan pada tahun 2021 tersebut justru mengalami peningkatan karakter.

Desain Interior Konsep Artisanal

Desain yang akan tren selanjutnya adalah desain artisanal atau juga dikenal dengan desain interior dengan menerapkan kerajinan tangan atau alami. Konsep ini digadang-gadang juga akan diminati oleh banyak kalangan. Bahkan juga cocok jika diterapkan untuk hunian rumah minimalis modern

Desain Interior Konsep Kontemporer

Desain interior dengan konsep kontemporer memang banyak diminati hingga sekarang. Konsep ruangan akan lebih mengusung nuansa yang lebih rapi dan bersih. Umumnya, ruangan yang digunakan lebih mengacu pada warna putih, hitam dan warna kayu.

Tampilan Furniture Yang Cocok untuk Diterapkan Sesuai Tren Desain Interior Tahun 2021

Desain interior yang akan tren di tahun 2021 diatas umumnya juga menerapkan furniture. Tentu saja, furniture yang digunakan untuk tahun 2021 ini dengan ukuran yang minimalis dan modern. Kesan ramping pada furniture tersebut akan sangat sesuai dengan konsep desain interior yang sudah disebutkan diatas.

Dengan memadukan konsep desain interior serta berbagai aksesoris dan furniture akan membuat ruangan terkesan lebih artistik. Tidak hanya itu saja, ruangan juga akan terkesan nyaman bagi Anda. Terlebih jika Anda adalah orang yang lebih sibuk melakukan aktivitas di luar.

Aktivitas yang menghabiskan waktu di luar rumah pasti akan merasa penat dan melelahkan. Saat sampai di rumah pasti menginginkan ruangan yang menenangkan dan membuat rasa lelah tersebut hilang. Maka dari itu, furniture yang digunakan umumnya lebih sederhana dan bermaterial serat alam.

Banyak orang yang menyukai serat alam karena terkesan natural, serat alam yang umum digunakan diantaranya adalah kayu, rotan, bambu ataupun enceng gondok. Ya, enceng gondok bukan lagi tanaman hama yang mengganggu keindahan suatu kolam, danau dll. Kini, enceng gondok dimanfaatkan sebagai material furniture seperti sofa, meja, kursi dll karena teksturnya yang kuat dan natural.

Penggunaan enceng gondok ataupun serat alam yang lain akan sangat cocok jika menerapkan furniture dengan warna natural kayu. Warna natural kayu bukan sekedar coklat saja melainkan transparan natural yang fokus menampakkan serat yang melapisinya.

Umumnya, untuk menciptakan tampilan natural kayu adalah dengan mengaplikasikan plitur. Cat ini paling banyak digunakan oleh masyarakat, industry mebeling, kerajinan ataupun yang lainnya. Pengaplikasiannya yang mudah dan hasilnya tampak tajam membuat plitur juga banyak diminati.

Sayangnya, untuk tahun 2021 dan tahun seterusnya plitur dengan bahan solvent mulai diminimalisir penggunaannya. Hal tersebut bukan tanpa alasan melainkan kandungan pada cat solvent justru berbahaya bagi kesehatan.

Seperti yang diketahui bahwa masyarakat urban saat ini justru melek akan penggunaan produk-produk ramah lingkungan termasuk untuk desain interior. Penggunaan serat alam memang tergolong penggunaan produk yang ramah lingkungan namun tidak cukup hanya disitu saja.

Cat yang melapisi furniture ataupun hiasan interior juga harus ramah lingkungan. Saat ini, cat kayu yang ramah lingkungan hanya lah cat water based. Meskipun cat ini belum dapat menciptakan tampilan gloss yang optimal layaknya cat solvent namun tampilannya sudah cukup memuaskan para konsumennya.

Tidak hanya di Indonesia, justru masyarakat dunia sudah lebih dulu concern terhadap produk finishing yang ramah lingkungan. Dibuktikan dengan adanya regulasi keamanan interinasional seperti United State EPA yang menyatakan bahwa produk dengan kandungan VOC sangat berbahaya, salah satunya adalah cat.

Kini, cat water based sudah mulai dijumpai di Indonesia meskipun harga yang ditawarkan lebih tinggi dibandingkan cat solvent based. Namun, Anda tidak perlu membeli bahan pelarut lagi karena cat water based hanya menggunakan air sebagai pelarutnya.

Salah satu produk finishing yang ramah lingkungan bahkan bahan yang digunakan sudah disesuaikan dengan standar keamanan dari regulasi US-EPA dan ECHA-Reach adalah Biovarnish.

Biovarnish merupakan cat kayu untuk warna natural kayu yang terbuat dari bahan water based acrylic. Biovarnish terdiri dari beberapa produk finishing diantaranya adalah Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Glaze, Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Clear Coat.

Jika digunakan untuk finishing pada material serat alam dan bertujuan untuk mempertajam tampilan seratnya maka Anda dapat mengaplikasikan Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Clear Coat. Kedua cat ini sudah cukup memberikan kesan tajam pada serat yang dilapisinya.

Adapun tahap finishing menggunakan Biovarnish sebagai berikut:

  • Bersihkan terlebih dahulu material yang digunakan. Anda dapat mengamplasnya jika terdapat kotoran yang membandel dan menginginkan permukaan material yang rata.
  • Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer ke permukaan media finishing. Adakalanya seperti enceng gondok dan rotan mengeluarkan serat halus yang cukup sulit dipotong jika dengan diamplas biasa. Tujuan pengaplikasian Biovarnish Sanding Sealer ini adalah membuat serat halus yang keluar tersebut menjadi lebih kaku sehingga mudah untuk diamplas. Caranya, larutkan terlebih dahulu Biovarnish Sanding Sealer dengan air. Kemudian semprotkan ke seluruh permukaan media finishing secara merata. Diamkan selama satu jam dan jika sudah kering sentuh, amplas ambang menggunakan kertas amplas no. 400
  • Aplikasikan Biovarnish Clear Coat matte atau gloss ke permukaan media finishing. Setelah diaplikasikan, diamkan dalam suhu ruangan selama 24 jam.

Biovarnish Cat Natural Kayu Yang Cocok untuk Furniture Desain Interior Tahun 2021

Untuk material serat alam memang harus dilapisi cat kayu yang tepat agar cat tersebut dapat tahan lama dan melindungi serat alam lebih optimal. Pasalnya, serat dari alam tersebut sangat rentan rusak akan beberapa faktor seperti perubahan suhu, kelembaban udara, perubahan cuaca, serangan organisme perusak serat seperti jamur, rayap, thotor dll.

Dimana bisa konsultasi dan membeli produk-produk Biovarnish?

Anda dapat langsung menghubungi Customer Care melalui nomor kontak yang sudah tercantum pada website ini. Atau juga dapat mengirimkan e-mail ke Bioindustries yakni [email protected].

Untuk pembelian online secara praktis, Anda dapat melakukan pembelian melalui marketplace kesayangan Anda dengan mengklik link dibawah ini:

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioinudtries

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Sedangkan untuk offline, Anda dapat mendapatkan produk-produk Biovarnish ataupun produk dari Bioindustries lainnya melalui agen-agen di daerah terkesat Anda.

 

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH