Cara Finishing Kayu Jati Belanda Pada X Table dengan Cat Biovarnish

Anda bingung untuk melakukan finishing pada X table di rumah? Itu merupakan karya Anda namun Anda masih bingung memilih warna, memilih jenis cat dan bagaimana aplikasinya. Anda tidak perlu bingung karena di sini Anda akan mendapatkan jawabannya.

Finishing X table dimana bagian top table menggunakan kayu jati belanda dan bagian kaki X menggunakan material besi. Anda tidak perlu dengan gabungan tersebut baik semua bagian portable atau paten. Anda bisa melakukannya dengan tips dan trik tertentu.

Bahkan Anda bisa mendapatkan hasil sempurna dimana warna kayu jati belanda memiliki serat yang tampak lebih tajam dan warna yang natural. Jika Anda tidak menyukai warna dari kayu jati belanda asli Anda bisa menggunakan warna lain seperti warna walnut misalnya.

Kini ada banyak sekali jenis cat yang memberikan hasil warna lebih menarik daripada warna asli kayunya. Bahkan untuk warna natural bukan hal yang sulit untuk mendapatkannya. Jika Anda ingin mendapatkannya maka lakukan dengan cara berikut ini:

  • Menggunakan cat Biovarnish, jika Anda menggunakan Biovarnish series maka warna cat akan sangat bervariasi. Ada 20 pilihan warna wood stain yang dapat dipilih dan juga ada warna transparan yang akan menentukan efek natural. Hasilnya bisa Anda dapatkan dengan cepat karena Anda akan mendapatkan hasil finishing yang cepat kering.
  • Menggunakan cat enamel Orchid, menggunakan cat enamel pada kaki X table akan memberikan hasil yang maksimal. Tentu Anda bisa mendapatkan hasil rata dalam sekejap bahkan jika dalam keadaan hujan. Tidak seperti jenis cat enamel yang lainnya Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal yang menggunakan cat ini.
  • Pengamplasan yang tepat. Jangan pernah melupakan pengamplasan sebagai persiapan. Kayu jati belanda adalah jenis kayu yang mudah untuk diamplas karena termasuk jenis kayu lunak. Anda bisa mendapatkan hasil yang sempurna jika menggunakan amplas aluminium oxide. Gunakan amplas dengan grit kasar hingga 220.
  • Menggunakan kuas yang tepat. Jika Anda akan melakukan finishing dengan cat water based maka penggunaan kuas dan pemilihan jenis kuas yang tepat akan menghindari adanya brush mark. Anda bisa menggunakan kuas nylon yang cocok digunakan pada jenis cat water based karena tidak akan membuat bulu kuas menjadi keras. Anda juga bisa memilih jenis kuas sponge yang kini banyak tersedia dalam toko bahan finishing.

Persiapan Ruangan untuk Mengecat

Selain keempat hal di atas yaitu bahan dan alat Anda membutuhkan persiapan ruangan. Anda akan mengecat X table yang berukuran tidak terlalu besar jadi Anda bisa melakukan finishing di mana saja. Namun tempat adalahs hal yang sangat penting Anda tidak bisa melakukan finishing di tempat gelap dan juga di tempat yang kotor.

Mengecat cat water based Anda membutuhkan ruangan yang bersih dan memiliki ventilasi udara terbaik. Pastikan Anda mengecat dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Jika Anda akan melakukan finishing pada ruang garasi buka jendela danbuka garasi Anda.

Selain ruangan dengan sirkulasi udara yang baik Anda bisa menggunakan ruangan dengan pencahayaan yang terbaik. Dengan menggunakan cat water based yang mudah kering Anda bisa melakukan finishing di malam hari. Jadi Anda bisa menggunakannya tidak harus menunggu panas matahari.

Cara Finishing Kayu Jati Belanda Pada X Table

Jika Anda akan mengecat pada malam hari pastikan Anda memiliki penerangan yang cukup. Warna dari lampu juga akan menentukan jenis hasil. Pastikan Anda memilih lampu dengan warna flourscent. Warna tersebut akan membuat ruanga memiliki cahaya yang putih sehingg hasil dari warna transparan akan terlihat.

Namun jika Anda menggunakan lampu tungsten yang memiliki cahaya kekuningan maka Anda akan menjadi tidak percaya diri ketika mengaplikasikan. Warna kuning dari cahaya lampu akan membuat warna transparan berpendar atau bahkan memperlihatkan efek kekuningan padahal hasilnya tentu berbeda ketika terkena cahaya matahari.

Terakhir adalah pastikan ruangan Anda bersih dan bebas dari debu. Pada tahapan terakhir yaitu menunggu hingga full curing dimana furnitur memiliki lapisan cat yang mengering sempurna maka Anda perlu memastikan tidak ada kipas angin atau sumber angin yang akan menerbangkan debu pada permukaan furnitur yang telah dicat.

Debu sangat mudah untuk menempel dan menghasilkan permukaan kering yang kotor. Hindari hal tersebit terlebih jika Anda akan melakukan finishing dengan warna solid.

Mengecat Bagian Top Table

Anda kini akan mulai mengecat bagian top table kayu jati belanda. Mulailah dengan mengamplas seluruh permukaan dan mendapatkan hasil rata serat halus. Pori-pori akan otomatis terbuka yang memudahkan cat akan mengering dan mengeras.

Lapisan basecoat jika Anda ingin mendapatkan hasil warna transparan bisa dimulai dengan Biovarnish wood filler warna ramin. Gunakan dengan terlebih dahulu dicampurkan pada air, aplikasikan menggunakan pisau scrape. Aplikasikan merata berlawanan arah serat agar benar-benar masuk ke dalam pori.

Tunggu mengering dan mulai amplas dengan amplas 240. Jika perlu gunakan hand sander untuk mempercepat proses penghalusan. Hilangkan debu amplas dan Anda siap untuk masuk ke langkah berikutnya.

Cara Finishing Kayu Jati Belanda Pada X Table

Aplikasikan Biovarnish wood stain sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Aplikasikan dengan diencerkan menggunakan air. Kuaskan secara menyeluruh ke permukaan sesuai arah serat. Tunggu kering dan amplas dengan amplas 400 secara ambang hanya untuk membuka pori. Jika Anda belum mendapatkan warna yang sesuai aplikasikan cat sekali lagi.

Terakhir aplikasikan Biovarnish clear coat. Campurkan dengan air kemudian aplikasikan dengan kuas searah serat kayu. Gunakan kuas merata dan tunggu kering selama 24 jam untuk mendapatkan kering sempurna.

Mengecat Bagian X Kaki Meja

Kini Anda sudah mendapatkan bagian top table terkena cat selanjutnya Anda bisa mengaplikasikan cat besi Orchid. Caranya siapkan X table yang telah kering, permukaan rata dan sudah diamplas. Kemudian campurkan Orchid dengan sedikit air aduk hingga rata.

Aplikasikan cat besi Orchid merata ke seluruh permukaan kayu dalam satu arah. Pastikan Anda menggunakan satu kali sapuan kuas agar tidak menimbulkan brush mark. Aplikasikan hingga merata. Pastikan bagian siku X table sudah Anda lapisi.

Jangan terlalu banyak mengambil cat dengan kuas cukup pada bagian ujung sehingga Anda bisa mengaplikasikan tanpe efek bleeding. Tunggu lapisan mengering biasanya membutuhkan waktu 60 menit.

Amplas permukaan dengan amplas sama yaitu 400 cuup ditekan untuk meratakan cat dan menghilangkan brush mark. Anda bisa mengulangi aplikasi kembali setelah menghilangkan debu amplas. Untuk lapisan cat Orchid pada besi Anda bisa mengaplikasikan tiga hingga empat kali.

Lapisan pertama tidak akan memberikan warna yang terlalu tajam. Anda bisa memberikan pada lapisan kedua dan seterusnya. Pastikan Anda mendiamkan X kaki meja dalam ruangan yang bersih selama 24 jam. Jika perlu Anda bisa menggantung agar tidak menempel pada debu dilantai.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH