Motif Red Tiger Kayu Jati Belanda degan Warna Cat Kayu Biovarnish

Mengenal warna cat kayu berarti Anda akan melakukan pilihan terhadap finishing kayu. Selama ini ada dua warna utama yang kemudian dikembangkan yaitu warna natural transparan dan juga warna solid. Untuk mendapatkan warna natural maka bahan pernis dan juga plitur kayu digunakan sedangkan untuk warna solid maka cat duco atau cat enamel yang digunakan.

Pada perkembangannya ada berbagai macam warna yang dihasilkan bahkan dari kombinasi keduanya. Warna yang dikembangkan seperti warna patina. Warna patina adalah warna kayu yang mengadopsi dari tampilan kayu yang sudah mulai lapuk dengan efek silver.

Selain warna patina ada juga warna wash, warna wash ini dihasilkan dengan menggunakna taknik khusus yaitu menghapus sebagian warna pada bagian kayu tertentu. Bahkan jenis finishing wash ini banyak digunakan pada perbaikan furnitur lama yang menggunakan warna solid karena cukup menghapus pada bagian sudut atau bagian yang sering digunakan agar memiliki kesan tua.

Ada pula finishing yang memperlihatkan serat kayu menjadi lebih tajam dan Anda akan mendapatkan tampilan warna yang sangat berbeda. Warna ini disebut dengan warna red tiger. Warna merah yang dihasilkan memiliki motif belang dari harimau.

Bagaimana warna ini bisa memberikan furnitur keindahan dan bahan apa yang perlu digunakan akan di ulas secara lengkap dalam artikel ini.

Awal Mula Motif Red Tiger

Motif red tiger ini sebenarnya adalah pengembangan dari terknik lama yang muncul di Jepang. Teknik ini disebut dengan teknik Shou Sugi Ban. Teknik yang mengandalkan api untuk finishing kayu adalah salah satu teknik terbaik di jepang kala itu yang banyak dilakukan oleh masyarakat.

Teknik ini muncul karena banyaknya pohon cedar yang menghasilkan kayu untuk digunakan. Karena tenologi cat dan juga bahan finishing seperti pernis dan juga plitur baru muncul di Eropa maka masyarakat Jepang hanya memanfaatkan api.

Jenis kayu cedar sendiri adalah jenis kayu yang memiliki ketahanan sangat baik terhadap musim dingin dan juga perubahan cuaca yang lainnya. Selain itu kayu cedar juga memiliki serat kayu menarik seperti kayu jati.

Ketika selesai dibakar maka muncul lingkaran tahun yang merupakan serat kayu cedar. Kayu ini kemudian digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti pembangunan rumah dan juga furnitur. Sebelum menggunakan dan mengolah kayu ini ketika selesai ditebang maka kayu langsung dibakar.

Proses pembakaran ini tujuan utama adalah untuk mengawetkan kayu. Kayu cedar akan lebih awet dan lebih tahan lama. Lapisan luar kayu terbakar sehingga dapat mengunci pori kayu untuk menyerap kelembaban. Maka fungsi pembakaran sama seperit fungsi cat yang menutup pori dan melindungi pori kayu dari luar.

Selesai proses pembakaran maka kayu cedar masih harus dilapisi dengan minyak untuk membuatnya lebih tahan terhadap air dan kelembaban. Karena adanya proses pembakaran ini maka serat kayu cedar sangat terlihat dan memperlihatkan efek terbakar.

Munculnya efek ini berbeda karena tergantung dengan proses serta berapa lama Anda melakukan pembakaran. Semakin lama maka warna yang dihasilkan akan semakin gelap.

Macam-Macam Warna Kayu Terbakar

Pembakaran kayu sama seperti ketika menggunakan kayu bakar untuk memasak. Semakin lama maka Anda akan semakin menghabiskan kayu dan mengubahnya menjadi abu. Ada tiga tahapan warna yang dihasilkan dari teknik shou sugi ban yang dihasilkan.

Motif Red Tiger Kayu Jati Belanda Degan Warna Cat Kayu Ini

Hasil warna yang diberikan terlihat seperti gradasi ketika digabungkan namun Anda bisa melihat aslinya jika mencobanya secara langsung.

  1. Warna cokelat

Jika Anda membakar dalam waktu yang sebentar atau tidak lama maka Anda masih tetap memiliki warna kayu yaitu warna cokelat. Bedanya adalah serat kayu akan terlihat terbakar. Serat kayu yang memiliki pori besar ini mudah terbakar dan mengakibatkan pada bagian inilah warna kayu menjadi lebih gelap. Sama seperti perbedaan warna kayu gubal dan kayu teras yang sangat mencolok.

  1. Warna kemerahan

Tahapan inilah yang disebut dengan warna red tiger. Warna ini adalah warna kayu yang kemerahan namun hanya beraksi pada jenis kayu tertentu saja seperti kayu cedar. Maka Anda tidak dapat melakukan efek yang sama pada jenis kayu yang lainnya misalnya saja pada kayu jati belanda. Namun kini Anda bisa mendapatkan efek warna red tiger hanya menggunakan cat kayu water based.

  1. Warna charcoal

Warna ini akan dihasilkan jika Anda membakar kayu dalam waktu yang lama. Pembakaran yang menghanguskan akan menghasilkan warna charcoal. Jika Anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan warna charcoal dengan teknik bakar karena takut hangus dan kayu habis kini Anda bisa mendapatkan hanya dengan menggunakan cat water based.

Hasil warna yang dihasilkan di atas beradasarkan lama waktu Anda membakar kini tidak akan mengalami kesulitan untuk didapatkan. Teknologi cat water based akan membantu Anda untuk mepermudah mendapatkan hasil finishing yang sama dengan tenik shou sugi ban.

Bahkan dalam hal perlindungan cat juga mampu memberikan perlindungan pada kayu lebih lama.

Jenis Warna Cat Kayu untuk Motif Red Tiger

Memperoleh warna kayu merah dengan motif red tiger ini tentu akan Anda dapatkan dengan pemilihan bahan yang tepat. Selain bahan Anda juga membutuhka material yang tepat. Kunci utama motif red tiger adalah memperlihatkan serat kayu maka jenis kayu dengan serat menarik adalah hal yang sangat penting.

Jika Anda menggunakan kayu dengan serat lurus dan berpadu maka serat atau motif harimau tidak akan didapatkan. Ciri kayu yang baik adalah memiliki lingkaran tahun yang jelas, contoh kayu murah yang mudah didapatkan adalah kayu jati belanda.

Motif Red Tiger Kayu Jati Belanda Degan Warna Cat Kayu Ini

Kayu jati belanda sangat mudah ditemukan dan termasuk kayu lunak sehingga bahan finishing akan mudah meresap ke dalam pori kayu dan cepat kering. Anda bisa belajar untuk mendapatkan motif yang menarik dengan bahan ini. Warna kayu jati belanda yang putih akan mempermudah Anda untuk mendapatkan warna dan motif kayu yang lebh tajam

Selanjutnya untuk bahan, karena Anda akan menggunakan cat water based maka produk Biovarnish akan Anda dapatkan dengan pilihan warna tepat. Biovarnish wood stain papua rose merupakan pilihan warna yang tepat untuk memberikan motif harimau. Warna papua rose adalah cokelat gelap dengan efek kemerahan.

Produk selanjutnya yang perlu Anda gunakan adalah produk dengan warna kemerahan bisa Anda dapatkan dari Biovawnish wood stain red gl. Produk ini akan memberikan efek warna kemerahan namun tetap transparan. Gunakan bahan ini dengan kuas sponge dan terlebih dahulu dicampur dengan air.

Lapisan terkahir adalah Biovarnish clear coat matte. Hasil warna natural akan sangat cocok untuk finsihing motif kayu red tiger. Penggunaan clear coat matte akan memberikan efek tersebut, selain itu jika Anda ingin mendapatkan perlindungan yang tepat maka clear coat Biovarnish adalah keberhasilan Anda.

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH