Punya Furniture Jati Belanda di Rumah? Bagusnya Di finishing Apa Ya?

Memiliki furniture adalah wajib bagi pemilik rumah, dan mendapatkan furniture yang murah dan bagus membutuhkan usaha. Tidak mudah mendapatkan furniture bagus murah dan tahan lama. kebanyak furniture yang banyak dijual jadi adalah furniture yang murah namun ketahanannya masih dipertanyakan.

Bagaimana Anda akan memilih furniture kayu yang bagus dan juga tahan lama? Apakah jenis kayu yang sebaiknya digunakan? Jika Anda adalh penghobi kayu maka membuat furniture kayu sendiri bukanlah perkara yang sulit.

Anda hanya perlu ide, bahan baku, alat dan juga bahan finishing. Kayu jati belanda bisa menjadi permulaan dari semua proyek kayu yang akan Anda kerjakan di rumah. Membuat furniture dari kayu jati belanda adalah proyek yang sangat menyenangkan.

Kayu Jati belanda murah, mudah dan cukup bertahan lama jika Anda menggunakannya sebagai furniture dalam ruangan. Sebagai kayu lunak, harganya sangat murah dan tersedia dalam bentuk palet.

Kayu jati belanda sendiri merupakan kayu sisa ekspor atau kayu yang biasanya digunakan sebagai pengemas benda dalam peti kemas. Kayu ini bukanlah jenis pohon namun hanyalah sebuah istilah. Jenis pohon yang digunakan adalah kayu pinus.

jadi jika Anda memiliki keinginan untuk membuat furniture kayu jati belanda maka pilihlah kualitas yang terbaik. Ada banyak rumah tangga yang memanfaatkan furniture kayu jati belanda sebagai perabotan yang penting.

Misalnya saja seperti kabinet dapur, lemari pakaian atau bahkan furniture ruang tamu. Semua itu bisa Anda ciptakan sendiri di rumah dari kayu jati belanda. Untuk membuatnya tampak terlihat mewah maka desain dan juga finishing perlu dimainkan.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan furniture bergaya vintage atau modern dari furniture kayu jati belanda maka pilihan finishing ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk diaplikasikan.

Furniture Kayu Jati Belanda untuk Tampilan Vintage

Memiliki furniture dengan tampilan vintage, apakah yang terlintas dalam benak Anda pertama kali? Kesan tua dan rapuh pasti tidak jauh dari gaya ini. Bahkan Anda bisa menampilkan furniture jati belanda apa adanya tanpa adanya finishing dari warna cat solid.

Beberapa orang menggambarkan vintage menggunakan chalk paint dan itu tidaklah salah. Chalk paint yang diaplikasikan perlu teknik aplikasi agar furniture kayu tampak terlihat lebih tua daripada aslinya.

Punya Furniture Jati Belanda Di Rumah? Bagusnya Di Finishing Apa Ya?

Bioduco chalk paint, hadir untuk memenuhi hasil finishing vintage pada furniture kayu jati belanda di rumah Anda. Tampilan chalk paint sendiri akan memberikan warna pastel yang menakjubkan. Teknik aplikasi menggabungkan antara alat semprot dan juga kuas untuk memperlihatkan brush mark yang khas furniture lama.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda tiru pada furniture dari kayu jati belanda di rumah.

  1. Siapkan furniture kayu jati belanda. Amplas permukaannya untuk menghilangkan bulu kayu, setelah itu gunakan sikat kawat untuk membentuk tekstur. Teknik ini disebut rustic. Jika Anda memiliki alat reutic khusus gunakanlah untuk hasil yang lebih maksimal. Amplas sekali lagi untuk menghilangkan serpihan kayu.
  2. Pilih warna chalk paint yang Anda inginkan. Campurkan dengan air menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk merata hingga tidak ada bahan yang mengendap.
  3. Gunakan kuas untuk proses aplikasinya, lakukan satu arah. Kuaskan agar terlihat sedikit bekas sapuan kuas. Tunggu kering lakukan pengamplasan ambang dengan amplas 400.
  4. Aplikasikan Bioduco chalk paint sekali lagi hingga mendapatkan warna yang merata. Tunggu kering kemudian lanjutkan dengan pengamplasan. Gunakan amplas ukuran 320 kemudian amplas seluruh permukaan mengambang.
  5. Amplaskan pada bagian suku furniture hingga terlihat warna kayu aslinya. lakukan proses ini secara random ke beberapa bagian siku untuk memperlihatkan kesan rustic yang kuat.
  6. Siapkan Bioduco top coat matte yang sudah dicampur dengan air. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian semprotkan merata ke seluruh permukaan furniture. Diamkan furniture selama semalaman agar mengering dengan sempurna.

Proses finishing chalk paint dengan Bioduco ini sangat aman baik proses penguasan dan juga proses penyemprotan. Anda tidak akan mencium aroma yang kuat dari cat ketika diaplikasikan.

Artinya cat aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan Anda. Setelah proses pengeringans elesai and Anda meletakan furniture dalam ruangan tidak akan ada aroma yang mengganggu dan nyaman untuk digunakan.

Membuat Furniture dari Kayu Jati Belanda Tampak Modern

Kini saatnya untuk beralih pada furniture agar lebih tampak modern. Anda bisa menggunakan gaya modern itu sendiri dan kontemporer yang merupakan gaya pengikut perkembangan zaman.

Khusus untuk finishing ini agar berhasil dengan mudah maka warna natural adalah pilihan yang sangat bijak. Warna natural pada furniture bisa digunakan untuk gaya modern bagaimanapun Anda akan mendesainnya.

Kesan netral masuk pada berbagai pilihan warna dinding dan warna plafon atau dikombinasikan dengan desain ruangan Anda. Furniture dari kayu jati belanda dengan warna natural sudah sangat cukup memenuhi gaya modern dengan maksimal.

Memberikan warna natural bukan berarti Anda hanya akan memberikan pernis. Bahan tersebut hanya akan memberikan warna kayu menjadi transparan dan terlindungi dari lapisan coating.

Pernis harus dikombinasikan dengan wood stain yang merupakan pewarna kayu. Anda akan mendapatkan pilihan warna natural menarik dari berbagai macam warna kayu dari wood stain. Kayu jati belanda sendiri sudah memiliki tampilan serat kayu yang keren, jadi tugas Anda hanyalah untuk memperlihatkannya menjadi lebih tajam.

Pada aplikasi kali ini Anda hanya membutuhkan cat kayu Biovarnish yang seluruh prosesnya akan diaplikasikan menggunakan kuas busa. Proses finishingnya sangatlah mudahdanbebas daribrush mark. Anda akan merasakan tarikan yang sangat ringan dibandingkan dengan bahan finishing yang lainnya.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk finishing natural pada furniture kayu jati belanda untuk mendapatkan gaya modern.

  • Amplas permukaan kayu jati belanda dengan amplas. Gunakan amplas mesin atau amplas yang dibalutkan dengan balok untuk mendapatkan permukaan yang merata. Bersihkan debu amplas bekas pengamplasan untuk tidak menutup pori kayu.
  • Aplikasikan Biovarnish wood filler warna jati yang telah dicampur dengan air. Gunakan kain katun kering dan bersih untuk mengucapkan wood filler merata ke seluruh permukaan kayu jati belanda. Tunggu kering 20 menit kemudian amplas dengan amplas 240. Anda juga bisa menggunakan mesin amplas.
  • Aplikasikan Biovarnish wood stain warna salak brown atau walnut brown. Warna ini akan memberikan kesan yang tajam. Campurkan dengan air menggunakan perbandingan 4 bahan : 1 air dan aduk merata. Kuaskan ke seluruh permukaan furniture searah serat kayu. Tunggu kering kemudian amplas amabng dengan amplas 400. Lanjutkan dengan proses finish ulang jika warna kurang merata dan tajam.
  • Campurkan Biovarnish clear coat gloss dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk merata. Kuaskan cat ke seluruh permukaan kayu searah serat kemudian lanjutkan dengan pengeringan semalam. Furniture bisa digunakan keesokan harinya.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH