Bagaimana Cara Sanding Kayu Jati Belanda pada Proyek Refinishing?

Sebelum mengecat ulang kayu, Anda harus menghapus bagian yang cat lama. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengamplas kayu. Cara ini akan menghilangkan lapisan cat yang lama dan lapisan cat baru dapat merekat dengan baik. Ini memastikan warna tidak hanya di permukaan, dan ini meningkatkan perlindungan, hasil finishing Anda yang baru akan memberikan kayu.

Ada alasan bagus untuk pengamplasan kayu yang melampaui sekadar menghaluskan permukaan.

  • Trim kayu baru dapat memiliki tampilan yang mengkilap. Ini disebut bahan pelapis. Lapisan yang menciptakan profil trim kayu menyebabkan glasir pabrik. Ini harus dilepas agar cat atau pernis dan plitur dapat menembus dengan benar.
  • Pengelupasan kimia selalu meninggalkan sedikit minyak di beberapa bagian. Pengamplasan adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan semua bagian tersebut.
  • Pengikisan bahan penutup pori sebelumnya seeprti wood filler atau dempula lama perlu dihilangkan dengan menghancurkan serat. Pengamplasan kayu membuka pori-pori ini, membantu finish untuk menembus ke dalam.
  • Pengamplasan menciptakan goresan kecil yang tidak terlihat di permukaan yang meningkatkan ikatan lapisan yang tidak tembus.

Bahkan jika Anda menggunakan stripper kimia, pengamplasan diperlukan untuk membuka pori-pori kayu kembali. Tidak sulit untuk melakukannya, tetapi pengamplasan kayu memang membutuhkan perencanaan dan kerja yang matang.

Lapisan avrasif adalah butiran abrasif yang terikat pada dasar yang fleksibel seperti kertas, kain, serat vulkanisasi atau film plastik. Kertas amplas adalah contoh yang sangat bagus. Abrasive semacam itu tersedia dalam berbagai ukuran amplas, mulai dari butir 2mm yang sangat kasar hingga butiran ultra halus berdiameter kurang dari satu milimeter.

Seperti yang Anda bayangkan beberapa abrasive lebih baik untuk pekerjaan tertentu daripada yang lain, beberapa dirancang untuk bekerja dengan tangan dan yang lainnya khusus untuk digunakan dengan mesin seperti sander orbital, sander belt atau drum sander.

Bagian terakhir dari teka-teki adalah seleksi grit. Ada kesalahpahaman yang sangat umum untuk dihindari saat berurusan dengan amplas aluminium oksida: Anda tidak perlu memulai dengan grit yang paling kasar yang dapat Anda temukan. Percaya atau tidak, hanya karena abrasif terasa lebih agresif itu tidak berarti itu benar.

Mengenal amplas alumunium oksid. Amplas jenis ini adalah mineral yang tajam, kuning, yang paling umum untuk segala jenis kayu bakar abrasive untuk alasan yang sangat bagus. Ini adalah satu-satunya mineral abrasif yang terfragmentasi di bawah panas dan tekanan yang dihasilkan oleh pengamplasan kayu. Karakteristik ini disebut kerapuhan dan itu sangat diinginkan. Ketika Anda menggunakan amplas aluminium oksida memperbarui tepi tajamnya secara konstan, tetap tajam dan memotong lebih lama dari mineral lainnya.

Bagaimana Cara Sanding Kayu Jati Belanda Pada Proyek Refinishing Yang Efektif?

Saat Anda mencoba mengolah materi yang sangat sulit, sebaiknya ambil pendekatan yang berlawanan. Anggap saja seperti balok es. Bisakah kamu menghancurkannya dengan palu? Lebih sering daripada tidak, semua yang Anda lakukan adalah memantul palu dari es, yang tetap tidak rusak. Tetapi jika Anda memahat es dengan pemecah es, Anda bisa menembusnya dengan mudah.

Ketika pengamplasan dengan aluminium oksida, prinsip yang sama berlaku. Daripada mulai dengan grit yang paling agresif, mulailah dengan sesuatu yang kurang brutal dan lebih baik, misalnya 80 grit. Anda akan menemukan bahwa sabuk pengamplasan yang lebih halus akan memecah finish dengan lebih efektif, setelah itu Anda akan dapat beralih ke ketrampilan kasar untuk mendapatkan hasil pengamplasan yang bagus dan datar.

Misteri terpecahkan! Ini adalah salah satu fakta penting yang berarti Anda tidak lagi harus berkeringat karena pengamplasan ulang kayu yang sudah jadi, baik itu lantai kayu yang indah, furnitur atau sesuatu yang lain sama sekali. Semoga berhasil!

Bersiaplah untuk Menghilangkan Cat dengan Pengamplasan

Sebelum mengampelas apa pun, siapkan untuk prosesnya.

  • Jika Anda bisa, lepaskan kayu dari peralatannya. Ini mungkin mustahil untuk dipangkas, tetapi pintu harus selalu dilepas dari engselnya.
  • Kunci, pegangan, dan aksesori apa pun harus dilepaskan.
  • Jika Anda mengamplas kusen pintu, lepaskan penutup kaca.
  • Jika Anda tidak dapat memindahkan kayu atau benda-benda yang menempel pada dinding, gunakan selotip dan kertas untuk melindungi semua yang tidak ingin Anda amplas.
  • Beri label semuanya saat Anda melepaskannya, dan pastikan untuk menyimpan semuanya bersama-sama sehingga pemasangan ulang menjadi mudah.

Ada dua cara berbeda untuk mengamplas kayu tenaga (mesin) atau tangan. Anda dapat menggunakan kekuatan sanders, seperti palm atau orbital sanders, untuk mempercepat proses. Hanya sadari bahwa kekuatan sanders dapat meninggalkan alur yang terlihat di permukaan. Namun, bahkan ketika daya sanders digunakan, sanders tangan sering digunakan untuk memuluskan alur atau di bagian kayu yang berkontur. Gunakan blok pengamplasan dengan kertas pasir untuk menyebarkan tekanan dan mempercepat pekerjaan. Anda juga dapat menggunakan spons pengamplasan untuk pekerjaan pengamplasan tangan.

Amplas dinilai dengan banyaknya grit. Semakin tinggi angka, semakin halus grit. Selalu mulai pengamplasan dengan grit terendah, seperti 80 atau 100 grit. Ini akan cepat menggores lapisan cat yang lama tetapi akan meninggalkan kayu kasar.

Gunakan grit yang semakin halus untuk menghilangkan goresan kasar tersebut, ke 120 atau 150 grit, diikuti dengan 180 grit. Ini akan menghilangkan goresan yang lebih dalam dan menggantikannya dengan pola goresan yang lebih halus.

Anda harus yakin bahwa semua goresan lama diamplas sebelum bergerak ke tingkat yang lebih tinggi. Pada saat kayu diamplas dengan amplas 180 grit, goresan seharusnya tidak terlihat.

Bagaimana Cara Sanding Kayu Jati Belanda Pada Proyek Refinishing Yang Efektif?

Beberapa jenis cat membuat goresan dalam sangat terlihat menonjol. Jika ini adalah tampilan yang Anda inginkan, Anda tidak harus mendapatkan hingga 180 grit. Untuk sebagian besar noda dan selesai, pengamplasan tidak boleh melewati 180 grit, karena akan membuat lebih sulit bagi pernis dan lak untuk terikat dengan kayu. Minyak seperti Tung atau minyak Denmark, bagaimanapun harus memiliki permukaan yang lebih halus karena mereka tidak dapat diamplas di antara lapisa film.

Pengamplasan kayu dengan hati-hati akan menghilangkan lapisan cat yang lama. Ini membuatnya lebih mudah untuk menerapkan finishing baru pada kayu Anda dan membuat kayu tampak jauh lebih baik. Setelah pengamplasan dan kemudian memperbaiki kayu, itu akan terlihat jauh lebih menyenangkan.

Tips Pengamplasan Kayu

  • Pasang kembali atau geser amplas pada blok sering untuk mengekspos permukaan pengamplasan baru.
  • Vakum atau sikat debu saat Anda amplas. Ini akan mencegah debu dari memuat amplas.
  • Sebelum melanjutkan dengan grit halus permukaan vakum. Ini akan menghilangkan debu dan abrasive apa pun yang terlepas dari pengamplasan sebelumnya.
  • Amplas dengan butiran tidak pernah melawan butir kayu. Gunakan sapuan panjang bahkan panjang, lebih sedikit menjilati.
  • Ketika amplas tidak lagi memotong permukaan secara efektif, buang dan dapatkan potongan baru. Pengamplasan kayu dapat membutuhkan usaha yang besar, amplas baru lebih murah dibandingkan dengan usaha Anda.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH