Memilih Cat Terbaik dan Cara Finishing Kayu Palet Paling Mudah

Memulai finishing kayu palet bisa dikatakan sebuah kerja keras yang harus dilalui terutama bagi mereka yang masih baru dalam hal finishing. Setelah semua kerja keras Anda untuk menemukan kayu palet yang terbaik, memotong kayu dan dirakit kayu harus melalui finishing untuk tahapan akhir.

Cara finishing kayu palet paling mudah adalah memulai dengan membentuk, mengamplas dan finishing. Sebelum masuk ke tahapan finishing, pemilihan bahan cat juga harus disesuaikan dengan benar.

Semua kayu palet selalu berwujud belum di finishing, mereka bisa memiliki permukaan yang sangat kasar dan menyulitkan finishing. Namun kayu palet juga memiliki hasil yang sangat menarik yaitu tampilan natural.

Jika menggunakan kayu palet yang sudah dibiarkan selama berbulan-bulan di luar, sedikit mengamplas akan menimbulkan efek warna patina. Jika Anda ingin menggunakan kayu palet yang masih baru maka finishing natural bisa menjadi pilihannya.

Ada beberapa hasil finishing yang bisa Anda pilih dan membuatnya membutuhkan bahan finishing yang juga berbeda. Berikut ini beberapa pilihan hasil finishing menarik pada furniture kayu palet.

  • Finishing permukaan

Jika Anda ingin memberikan perlindungan dari luar pada kayu yang berukuran kecil seperti kayu palet maka cat kayu menjadi pilihan yang utama. Cat akan memberikan lapisan film untuk perlindungan. Tampilan yang diberikan bisa doff hingga glossy.

Aplikasi pada jenis finishing ini cukup satu kali yaitu setelah furniture selesai dirakit. Anda bisa mengaplikasikan cat sesuai dengan hasil akhir yang diinginkan.

  • Finishing ke dalam pori kayu

Selain lapisan permukaan, Anda bisa memilih finishing kayu yang masuk atau menyerap ke dalam pori kayu. Proses finishing yang menggunakan penyerapan ini tentu akan menghambat pertumbuhan rayap dan juga jamur. Tampilan yang diberikan adalah natural dengan sedikit kilau.

Aplikasi ini perlu dilakukan secara berkala. Beberapa orang menyebutnya juga sebagai perawatan kayu. Kayu akan bertahan lebih lama jika digunakan sebagai furniture indoor yang jauh dari kelembaban.

Anda bisa memilih salah satu hasil finishing yang diharapkan karena keduanya akan memberikan penampilan pada palet kayu yang berbeda.

Cara Memilih Bahan Finishing untuk Kayu Palet

Jika jenis finishing yang akan digunakan sudah dipilih kini saatnya untuk Anda memilih manakah jenis bahan finishing yang akan digunakan. Pada pembahasan kali ini, akan lebih berfokus pada finishing untuk menciptakan lapisan film pada kayu palet.

Beberapa jenis cat ada yang cocok diaplikasikan pada kayu palet dan adapun yang tidak. Ini disebabkan jenis kayu palet yang berbeda dengan kayu solid lainnya. Sebaiknya belajar bagaimana karakteristik dari kayu palet akan lebih mudah untuk memilih jenis cat yang digunakan.

Memilih Cat Dan Cara Finishing Kayu Palet Paling Mudah

Kayu palet termasuk dalam jenis kayu solid yang lunak  seperti kayu pinus dan kayu jati belanda. Kayu lunak ini memiliki ciri pori kayu yang berukuran besar dan rapat sehingga memudahkan minyak kayu untuk naik jika langsung diaplikasikan dengan top coat atau wood stain.

Menghindari naiknya minyak kayu palet yang tidak bisa diperbaiki setelah proses finishing selesai maka pastikan menggunakan cat yang tepat. Diperlukan cat dasar kayu yang akan menyegel pori kayu dengan baik, menghindari minyak kayu naik dan menciptakan permukaan kayu yang halus.

Cat dasar kayu ini bisa primer coat atau sanding sealer tergantung dengan hasil akhir yang diinginkan. Primer coat untuk finishing solid color dan sanding sealer digunakan untuk finishing natural. Lanjutkan dengan memilih jenis cat dasar kayu yang tepat.

Ada dua jenis bahan cat dasar kayu sesuai bahan pelarut dan bahan pembuatnya yaitu cat water based dan cat solvent. Cat solvent atau cat minyak merupakan cat yang akan menyerap cepat ke dalam pori kayu namun daya rekat yang diberikan tidak sebaik cat water based.

Cat solvent cenderung menimbulkan lapisan cat yang terlalu keras dan tidak fleksibel. Kekurangan inilah yang akan meningkatkan minyak kayu sehingga mata kayu akan cepat terlihat.

Cat water based berbeda, dengan high bonding pada pori kayu dan menutup pori dengan sempurna minyak kayu tidak akan naik. Gunakan cat water based baik itu primer coat dan sanding sealer agar minyak kayu tidak naik.

Pastikan juga saat mengecat gunakan semua jenis cat water based karena apabila cat di atas cat dasar kayu bukan water based cat tidak akan melekat dengan benar. Cat water based tidak hanya baik untuk jenis kayu palet namun juga aman dan ramah lingkungan.

Cat water based adalah cat yang rendah bahan organik sehingga pada saat bahan pelarut menguap tidak akan menimbulkan polusi udara. Inilah yang membuat cat kayu water based aman digunakan untuk manusia.

Cara Finishing Kayu Palet Paling Mudah

Kini setelah Anda memilih cat kayu water based untuk finishing kayu palet, saatnya untuk masuk ke tahapan mengecat. Cara finishing kayu palet dengan cat water based tidak berbeda dengan langkah-langkah mengecat pada umumnya. Untuk hasil yang terbaik Anda bisa mengandalkan finishing dengan spray gun.

Spray gun dan kompresor adalah kesatuan alat finishing yang bisa digunakan untuk hasil finishing yang merata dan halus. Hanya saja untuk menggunakannya Anda perlu menyiapkan bahan finishing yang lebih banyak karena penggunaannya yang boros.

Cara finishingnya tidak sesulit yang dibayangkan, Anda hanya perlu menguasai aplikasi spray gun saja. Sisanya proses finishing bertumpu pada pengamplasan dan pengeringan.

Cat water based perlu beberapa lapisan cat jika Anda ingin mendapatkan lapisan cat yang kuat. Lapisan film akan terbentuk dengan lapisan cat yang tipis dan berlapis. Sangat diwajibkan untuk membaca aturan pakai sebelum mengaplikasikan cat.

Memilih Cat Dan Cara Finishing Kayu Palet Paling Mudah

Perhatikan jumlah larutan yang dibutuhkan dan berapa lama kering yang diberikan. Ikuti petunjuk aturan pakai. Berikut ini cara finishing kayu palet dengan cat water based untuk hasil finishing warna natural paling mudah.

  1. Amplas permukaan kayu palet hingga merata dan halus. Bersihkan debu amplas untuk hasil yang halus.
  2. Aplikasikan wood filler water based untuk menambal bagian yang berlubang dan ratakan ke seluruh permukaan kayu. Tunggu kering dan amplas hingga halus. Gunakan amplas 240 grit.
  3. Campurkan sanding sealer dengan air sesuai saran dalam kemasan. Aduk merata dan masukan ke dalam tabung alat semprot. Semprotkan merata ke seluruh permukaan. Setelah kering amplas.
  4. Campurkan wood stain sesuai warna pilihan dengan air. Gunakan anjuran bahan pelarut and takarannya sesuai dalam kemasan kaleng. Semprotkan kembali permukaan kayu dengan wood stain. Setelah kering lanjutkan mengamplas.
  5. Lapisan akhir top coat, campurkan dengan air sesuai anjuran dalam kemasan. Semprotkan kembali ke permukaan kayu palet dan tunggu kering benar baru siap digunakan.

Pada aplikasi wood stain, Anda bisa mengaplikasikan cat berulang hingga mendapatkan warna yang diinginkan. Pastikan setiap lapisan cat kayu yang diaplikasikan selalu tipis karena lapisan yang terlalu tebal tidak akan melekat dan cepat kering.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH