Seni Kayu Palet yang Perlu Dicoba di Rumah dari Jam sampai Rak Sepatu

Barang-barang seni akan memberikan keindahan tersendiri di dalam  rumah. Benda seni biasanya memiliki harga yang sangat mahal dan juga sulit untuk menemukan yang cocok dengan keinginan Anda. Produk seni akan sangat menarik jika Anda menggunakannya di rumah dan akan memberikan kesan berbeda.

Namun benda seni yang mahal tidak perlu Anda beli karena Anda bisa menciptakannya sendiri di rumah. Para DIY biasanya banyak yang berkreasi dengan kayu palet dan mengubahnya menjadi bermacam-macam benda seni yang menarik dan Anda akan bangga telah memproduksinya sendiri.

Kayu palet sendiri dipilih karena terdiri dari berbagai macam jenis kayu yang memiliki banyak pilihan warna kayu.  Selain itu kayu palet juga mudah ditemukan dengan harga yang murah. Jenis kayu palet kebanyakan adalah kayu lunak yang membuatnya lebih mudah untuk dibentuk, Anda bisa berkreasi semaksimal mungkin dengan kayu palet.

Anda bisa menciptakan furnitur, home decor dan juga benda kerajinan lainnya. Jika kreasi Anda menarik jangan takut untuk menjualnya. Siapa tahu langkah ini bisa menjadi salah satu langkah menarik yang bisa Anda dapatkan untuk mendapatkan uang.

Macam-Macam Kreasi Seni dengan Kayu Palet

Mengolah kayu palet menjadi benda seni yang bisa dilakukan di rumah bukan hanya sekejab mata. Anda perlu melakukan rancangan apa saja benda seni yang akan Anda ciptakan. Ada banyak sekali yang bisa Anda pilih hingga sampai pada tahapan finishing.

Berikut ini beberapa benda seni yang terbuat dari bahan palet kayu dan bisa Anda ciptakan di rumah:

  1. Jam dinding

Ciptakan jam dinding unik satu-satunya di dunia dan hanya milik Anda. Apabila Anda memilih jam dinding yang unik ini maka Anda bisa menggunakannya di kamar. Menciptakan jam dinding ini sangat mudah Anda hanya perlu mengukur berapa ukuran jam dinding yang akan diciptakan. Setelah ukuran selesai potong dan rakit, Anda bisa menggunakan lem kayu water based yang lebih aman untuk merakit anatr palet kayu yang telah dipotong.

Seni Kayu Palet Yang Perlu Dicoba Di Rumah

Apabila Anda ingin memberikan motif pada palet kayu berbentuk angka jam Anda bisa menggunakan cat water based. Setelah pengecatan selesai rakit alat jam yang bisa Anda beli di toko jam. Setelah selesai Anda bisa memasang jam dinding.

  1. Meja tamu

Ciptakan meja tamu yang menggunakan material palet kayu. Ukur palet kayu sesuai dengan meja tamu, Anda dapat menciptakan bentuk yang sederhana seperti peti. Gunakan palet kayu yang memiliki cap tulisan untuk menambah nilai artistik atau Anda bisa menciptakan tulisan sendiri dengan teknik mal. Ciptakan kertas karton dengan mal tulisan yang Anda inginkan kemudian cat bagian tersebut hingga tercipta huruf-huruf. Agar meja tamu dapat bertahan lebih lama maka Anda bisa memberikan lapisan top coat water based.

  1. Headbed

Ciptakan kamar tidur Anda dengan furnitur yang dibuat sendiri. Selain untuk menghemat Anda juga bisa mendapatkan gaya bahkan warna sesuai dengan yang Anda inginkan. Headbed bisa Anda ciptakan menyatu dengan tempat tidur Anda. Pastikan Anda membuat sambungan untuk headbed kemudian susun kayu palet.

Setelah itu berikan lapisan cat pada kayu palet, Anda bisa memilih finishing warna natural, warna solid bahkan dengan teknik rustik atau finishing dengan menggunakan teknik wash.

  1. Meja tv

Meja tv dari kayu palet yang dijual di toko terlihat kurang kokoh dan mudah untuk rusak. Namun jika Anda menciptakannya sendiri maka Anda bisa memilih jenis kayu palet yang lebih kuat, menggunakan konstruksi yang tepat sehingga menjadi kokoh. Jika Anda menciptkana meja tv sendiri maka Anda bisa menyesuaikan dengan ukuran rumah dimana Anda akan meletakannya. Tambahkan beberapa laci untuk menyimpan beberapa barang.

  1. Rak sepatu
Seni Kayu Palet Yang Perlu Dicoba Di Rumah

Ingin memiliki sepatu yang tertata rapi dan dan bersih? Anda bisa memanfaatkan kayu palet sebagai gantinya. Tidak perlu Anda membeli rak sepatu dari plastik yang mudah rusak akibat perubahan cuaca. Anda bisa melapisi rak sepatu kayu palet sehingga tidak mudah berubah warna dan juga lebih tahan lama. Bahkan Anda bisa menentukan bentuk yang unik.

Menciptakan Seni Kayu Palet Lebih Tahan Lama

Setelah Anda memilih jenis seni kayu palet mana yang akan digunakan, Anda perlu memilih bahan finishing atau cat yang tepat untuk digunakan. Bahan finishing yang tentunya aman untuk seni atau kerajinan palet di dalam rumah adalah cat kayu water based. Alasannya adalah cat kayu water based adalah cat yang aman dan ramah lingkungan.

Biasanya setelah kayu palet selesai dibentuk dan difinishing menggunakan jenis cat solvent maka proses penguapan bahan pelarut berupa thiner dapat menciptakan polusi udara. Anda akan mengalami kesulitan bernafas jika terjadi polusi dalam ruangan hanya karena salah pemilihan bahan cat.

Bahan cat water based pun bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Apabila Anda membutuhkan bahan cat yang lebih tahan terhadap cuaca dan juga tahan terhadap goresan maka Anda bisa menggunakan bahan finishing seperti poliurethane.

Bahan cat ini bahkan bisa Anda dapat gunakan pada kreasi kayu palet untuk luar ruangan. Bahan yang lebih kuat terhadap cuaca secara langsung bisa Anda manfaatkan sebagai finishing bangku atau furnitur teras bahkan garden furnitur. Fungsi perlindungan juga akan membuat warna kayu palet tidak mudah berubah.

Poliurethane yang direkomendasikan untuk digunakan adalah produk Biothane. Bentuknya adalah cairan yang transparan sehingga melindungi warna yang ada di bawahnya. Namun pastikan sebelumnya Anda tidak melapisi kayu palet dengan bahan wax atau bahan solvent karena Biothane tidak akan dapat meresap ke dalam pori-pori kayu.

Proses aplikasipun sangat mudah campurkan Biothane dengan sedikit air kemudian aduk hingga rata. Aplikasikan dengan kuas secara merata usahakan satu arah atau hanya searah dengan serat kayu saja. Jika Anda mengaplikasikan berlawanan arah maka tidak akan menghasilkan permukaan yang rata dan juga halus.

Terakhir Anda cukup menunggu lapisan cat mengering selama 24 jam. Anda cukup mendiamkan karya Anda dalam ruangan yang bersih dan memiliki sirkulasi udara baik agar cat dapat mengering dengan cepat dan sempurna.

Pastikan Anda tidak meletakannya di sekitar tempat bermain Anda karena bisa merusak lapisan cat yang belum mengering. Jika sudah mengering maka Anda bisa melihat hasil mengkilap dan tahan lama dari aplikasi Biothane.

Apabila Anda memiliki spray gun dan ingin mendapatkan hasil aplikasi yang lebih halus lagi maka Anda dapat menggunakan alat tersebut. Produk Biothane tidak akan menimbulkan aroma yang sangat menyengat karena terbuat dari air dan bahan pelarut yang digunakan adalah air. Ketika Anda mengaplikasikan dengan spray maka percikan dari bahan cat yang menyebar ke ruangan akan aman.

Bahkan jika Anda ingin mengaplikasikan menggunakan kuas Anda bisa mengajak anak Anda untuk berkreasi bersama.

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH