Kisah Sejarah Mebel Kayu yang ada di Dunia, Yuk Kenali Banyak Tipenya

Rumah kita mungkin memiliki banyak mebel kayu tetapi pada zaman dahulu apa yang kita miliki belum tentu ada. Dalam artikel ini Anda aka mengetahui lebih dalam tentang sejarah mebel kayu yang ada di dunia dan mengetahui bagaimana perkembangannya hingga kini digunakan dan menjadi salah satu barang pokok yang harus dimiliki oleh manusia.

Mebel adalah sebuah benda yang sangat umum sehingga seringkali manusia melupakan bagaiman perkembangan dari benda tersebut yang dipoengaruhi oleh seni, teknologi, mode kuno yang merupakan sejarah manusia juga. Mebel telah dibuat dalam banyak bahan dan banyak gaya, tetapi beberapa hal telah mendefinisikannya secara konsisten seperti kayu. Sebagai bahan, kayu umumnya tersedia, cukup lunak untuk bekerja dengan mudah, cukup ringan untuk dipotong, dan cukup kokoh untuk bertahan. Akibatnya, perabotan kayu telah memainkan peran besar dalam sejarah manusia.

Era Neolitikum dan Munculnya Mebel

Ketika Anda memikirkannya, furnitur merupakan tahap utama dalam perkembangan masyarakat manusia. Selama puluhan ribu tahun, semua kelompok manusia bersifat nomaden. Mebel bukanlah bagian dari kehidupan mereka karena tidak mudah dipindahkan. Kemudian, antara 12.000 dan 10.000 tahun yang lalu, bumi menjadi hangat dan orang-orang mengembangkan pertanian. Era ini disebut Revolusi Neolitik.

Dengan bertani, orang bisa tinggal di satu tempat, membangun rumah permanen, dan mengisi rumah-rumah itu dengan perabotan apa pun yang bisa mereka buat. Sangat sedikit tentang mebel kayu sejak saat ini karena kayu dapat diuraikan, tetapi Anda bisamelihat contoh dasar batu dasar, bangku, dan rak yang menunjukkan keragaman furnitur yang muncul berada di museum.

Pertama kali melihat mebel kayu benar-benar muncul dalam catatan arkeologi adalah di Mesopotamia kuno dan Mesir. Zaman ini adalah beberapa peradaban besar pertama dalam sejarah, dengan hierarki kekuasaan yang kuat, dan orang kaya memasukkan uang ke dalam komisioning mebel kayu.

Ternyata, tempat tidur kayu lebih nyaman daripada tempat tidur yang terbuat dari lempengan batu. Orang Mesir membuat bangku kayu, tempat tidur, dan meja-meja lainnya. Lengan dan kaki ditambahkan untuk menciptakan kursi-kursi tahta pertama di Mesir, sebuah praktik yang dibangun oleh Mesopotamia dengan membangun hierarki furnitur yang hanya dapat diakses oleh orang-orang dengan hak istimewa tertentu. Ini menetapkan preseden bahwa beberapa jenis kursi hanya dibuat untuk para bangsawan, sebuah tradisi yang akan terus berlanjut selama berabad-abad.

Kisah Sejarah Mebel Kayu Yang Ada Di Dunia

Jadi, mengapa perabotan kayu sangat terkait dengan kekuasaan? Kayu dihargai bukan hanya karena itu lebih nyaman, tetapi juga karena bisa diukir, dipoles, atau dicat. Raja-raja yang berkuasa, yang mampu menyewa seniman, dapat menampilkan kekayaan mereka melalui furnitur dekoratif. Namun, ada juga alasan kedua. Berapa banyak pohon yang Anda lihat di sepanjang Sungai Nil? Kayu harus diimpor ke Mesir, jadi kayu adalah bahan berharga.

Di Yunani kuno, dan kemudian Romawi kuno, ada akses yang lebih mudah mendapatkan kayu karena kedekatannya dengan hutan-hutan Eropa. Pada saat peradaban ini muncul, rute perdagangan juga semakin meluas, sehingga mereka dapat membeli kayu khusus dari tempat yang jauh.

Bangsa Romawi khususnya dikenal mengimpor bahan dan produk dari tempat yang sangat jauh. Jadi, mebel kayu lebih tersedia, setidaknya untuk orang kaya. Desain yang kita lihat saat ini menunjukkan tingkat rekayasa dan pengerjaan yang sangat tinggi, dan perabotan kayu yang bagus adalah simbol status di rumah aristokrat Yunani dan Romawi.

Eropa Abad Pertengahan dan Renaissance

Setelah jatuhnya Roma, keterampilan untuk mebel kayu yang dibuat dengan halus sedikit hilang. Ketika suku-suku Jerman naik mendapatkan kekuasaan, mereka menciptakan kursi-kursi besar dan meja untuk aula kerajaan. Kayu bukan barang langkag di Eropa Utara, tetapi perabotan berkualitas tinggi juga membutuhkan lebih banyak keterampilan dan waktu daripada yang berharga bagi banyak orang, jadi perabotan di kastil abad pertengahan sangat jarang.

Ini semua mulai berubah dengan munculnya Renaissance. Ketika kekayaan baru mengalir ke Eropa dari Asia Timur, warga kaya mengabdikan diri pada seni. Furnitur tidak dibebaskan dari ini, dan pengerjaan yang bagus kembali. Yang menarik saat ini adalah bahwa sekelompok bankir dan pedagang baru berkembang di suatu tempat di antara kaum tani dan aristokrat, khususnya di Eropa Utara.

Kelas menengah yang baru muncul memiliki cukup penghasilan yang dapat dibelanjakan untuk membuat hidup mereka sedikit lebih nyaman, dan produksi mebel meledak dengan munculnya pasar baru ini. Kemajuan dalam pelapis tidak menyakiti baik, karena perabotan perlahan-lahan menjadi lebih fokus pada kenyamanan. Itu setelah ini bahwa barang-barang suka meja dan sofa pertama mulai menjadi bagian standar dari satu set furnitur.

Beberapa Tipe Mebel Kayu

Kisah Sejarah Mebel Kayu Yang Ada Di Dunia

Setelah mengetahui bagaimana sejarah mebel kayu hingga ke Asia dan bisa dinikmati oleh banyak orang saat ini, berikut ini beberapa tipe mebel kayu yang digunakan sepanjang masa.

  1. Kursi

Kursi telah banyak berubah sepanjang sejarah. Ada banyak jenis kursi tergantung pada penggunaannya. Meja makan kursi, kursi lipat, kursi taman, dll.

  1. Love Seat

Kursi cinta adalah versi lebih kecil dari sofa yang dapat menampung dua orang dengan nyaman. Ini dikenal sebagai “kursi cinta” karena popularitas selama Era Victoria ketika digunakan oleh pasangan pacaran yang ingin menjaga percakapan mereka cukup pribadi tanpa berada di ruang pribadi satu sama lain.

  1. Sofa

Sofa atau sofa, adalah furnitur panjang yang dirancang untuk menampung banyak orang sekaligus menyediakan dukungan punggung dan lengan.

  1. Ottoman

Ottoman adalah bangku berkaki empuk yang biasanya berbentuk seperti kotak. Mereka sering ditempatkan di ujung kursi, kursi cinta, atau bahkan sofa / sofa untuk tambahan dukungan kaki. Banyak ottoman hari ini memiliki tempat untuk menyimpan selimut, bantal, dll.

  1. Recliner

Recliner adalah kursi yang sering dilapisi dan empuk untuk kenyamanan maksimal. Recliner memiliki kemampuan untuk condong ke belakang dan biasanya memiliki pijakan kaki yang tertanam yang memanjang dari depan kursi untuk relaksasi yang optimal.

  1. Ketua Watchman

Kursi Watchman dikembangkan dengan miring ke depan, versus kemiringan berbaring, untuk menyediakan tempat duduk yang nyaman. Tidak cukup nyaman untuk tertidur saat pria berjaga-jaga dan mengawasi bahaya potensial.

  1. Meja Kopi

Meja kopi adalah meja rendah yang biasanya diletakkan di depan sofa atau kursi cinta. Tujuan dari meja kopi adalah untuk minuman, makanan, atau tempat untuk mengatur kaki setelah hari yang panjang.

  1. Meja kerja

Meja kerja pada dasarnya adalah meja dengan permukaan datar tetapi mereka memiliki laci dan tempat bagi seorang individu untuk duduk. Meja-meja dirancang untuk menyediakan sarana paling efisien untuk menyimpan perlengkapan kantor dan dokumen sementara masih bisa duduk di meja dan bekerja.

  1. Meja

Meja memiliki permukaan datar dengan ‘kaki’ yang memberikan stabilitas sehingga barang dapat terus ditempatkan di atasnya.

  1. End Table

Ebnd table mengacu pada meja yang sangat kecil yang diletakkan di ujung sofa atau kursi cinta dan sering digunakan untuk memegang lampu,furniture dekoratif atau minuman.

  1. Tempat tidur

Tempat tidur terdiri dari kasur dan bingkai. Tempat tidur digunakan untuk orang yang ingin beristirahat atau tidur dalam posisi horizontal lengkap. Saat ini beberapa tempat tidur memiliki kemampuan untuk mengubah dukungan lumbar dengan sentuhan tombol.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH