Serba Serbi Cat Polyurethane untuk Furniture Eksterior Tahan Lama

Tanpa adanya perlindungan dari bahan finishing seperti cat polyurethane kayu akan mengering dan tidak bisa bertahan lebih lama. Lapisan coating untuk kabinet kayu, furniture bahkan kusen jendela atau pintu bisa berwarna transparan atau natural menggunakan wood stain. 

 

Baik memberikan kesan kaya pada permukaan kayu atau memperlihatkan tampilan naturalnya dengan transparansi, coating akan memberikan berbagai proteksi. Jenis perlindungan yang diberikan antara lain seperti panas dan hujan, perubahan iklim, tekanan udara dan juga masalah rayap. 

 

Penting untuk memilih bahan finishing polyurethane sehingga perlindungan yang diberikan lebih kuat dan tahan lama. Dengan begitu Anda bisa menampilkan keindahan dari kayu di rumah. 

 

Apa Itu Cat Polyurethane?

 

Arti secara umum dari cat polyurethane adalah cat berbahan polimer yang diaplikasikan di permukaan sebuah material untuk memberikan perlindungan. Lapisan polyurethane dapat melindungi material dari masalah karat, pelapukan, abrasi, dan masalah lainnya yang mampu merusak. 

 

Lapisan polyurethane dapat memiliki tampilan gloss atau matte. Bisa juga memiliki warna solid dan juga transparan. Polyurethane yang digunakan sebagai cat kayu biasanya digunakan untuk finishing furniture hasil transparan dan mengkilap. 

 

Berbentuk pernis kayu dengan formulasi yang super kuat sehingga terbentuk ikatan mikroskopik antara molekul resin di atas permukaan lainnya ketika mengering. Hasilnya akan lebih tahan air, solvent, abrasi dan masalah lain dibandingkan pernis konvensional. 

 

Beberapa jenis cat polyurethane untuk kayu memberikan warna yang hangat sesuai jenis kayu. Jika Anda ingin mendapatkan hasil warna transparan sebaiknya gunakan polyurethane berbasis air. 

 

Jenis-Jenis Polyurethane Sesuai Bahan Pembuatnya

 

Polyurethane memiliki beberapa jenis sesuai dengan bahan pembuat dan pelarutnya. Dahulu kandungan volatile organic compound (voc) sangat tinggi untuk membantu pengeringan dan membentuk ikatan. Sayangnya voc berbahaya untuk keamanan lingkungan dan inilah yang kini menjadi banyak perhatian. 

Baca Juga:  Inspirasi dan Tips Desain Kamar Tidur Anak Laki-Laki Modern Kekinian

 

Penggunaan voc dalam bahan finishing kayu sangat dibatasi demi keamanan lingkungan. Sehingga membuat polyurethane terbagi menjadi beberapa jenis bahan. Berikut ini beberapa jenis cat polyurethane yang bisa Anda pilih. 

  • Bahan dasar solvent

Mengandungan voc paling tinggi dan jenis polyurethane yang pertama kali banyak digunakan. Proses pengeringannya lebih lama dibandingkan jenis lainnya. Jadi jika Anda ingin mengaplikasikan dua coating perlu waktu yang sangat lama. 

 

Hasilnya akan memberikan lapisan coating sangat keras dan banyak tersedia di pasaran. Hingga kini masih banyak digunakan di kalangan pengrajin karena harganya yang murah. Memberikan warna tertentu pada kayu. 

 

  • Bahan dasar air

Pada saat di dalam kaleng memiliki warna putih seperti susu, namun ketika diaplikasikan memberikan warna transparan. Tidak memberikan lapisan yang tebal dalam satu kali aplikasi, perlu beberapa lapisan jika Anda ingin mendapatkan hasil yang kuat.

 

Kandungan voc lebih rendah dibandingkan polyurethane solvent. Mudah dibersihkan cukup dengan air dan sabun saja. Jika ingin membersihkannya jangan pernah menggunakan bahan kimia yang mengandung amonia. 

 

Produk Polyurethane Water Based Terbaik di Indonesia

 

Jika Anda sedang mencari produk polyurethane yang terbaik di Indonesia maka Biothane adalah jawabannya. Produk ini merupakan polyurethane water based yang aman dan juga ramah lingkungan. Banyak digunakan untuk semua proyek kayu di luar ruangan dan heavy duty. 

Cat-kayu-polyurethane-Biothane

Kayu seperti deck kolam renang, lantai rumah bahkan lantai kantor. Lapisan yang dibentuk sangat kuat dan memberikan keuntungan lain saat proses aplikasinya. Apa saja keuntungan menggunakan Biothane? Berikut ini macam-macamnya. 

  • Low voc dengan kandungan standar di bawah 350 gr per liternya. 
  • Tidak menimbulkan bau karena kandungan voc yang rendah
  • Cepat kering, tidak perlu waktu berminggu-minggu untuk bisa segera menggunakan kayu
  • Mudah diaplikasikan, bisa menggunakan kuas, spray gun, bahkan roller
  • Memberikan hasil finishing bebas sagging
Baca Juga:  Cara Memadukan Antara Interior Rumah Klasik dan Modern Yang Unik

 

Di antara keuntungan dari proses aplikasi, Anda juga harus memperhatikan perlindungan yang diberikan. Kayu membutuhkan berbagai macam perlindungan, dan semuanya sudah terdapat dalam Biothane. Berikut ini beberapa perlindungan yang akan didapatkan. 

  • Memberikan daya rekat kuat
  • Lapisan film lentur mengikuti kembang susut kayu
  • Tahan terhadap serangan air hujan
  • Tahan perubahan cuaca khususnya sinar UV
  • Tahan terhadap bahan kimia
  • Mudah dibersihkan sehingga kayu akan tampak selalu bersih

 

Proses Aplikasi Biothane untuk Hasil Sempurna

 

Mengaplikasikan Biothane pada permukaan kayu tidaklah sulit. Prosesnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi pernis kayu pada umumnya. Anda memerlukan cat dasar kayu atau sanding sealer baru mengaplikasikan Biothane. 

 

Sanding sealer memiliki fungsi utama untuk menutup permukaan kayu sehingga lapisan coating di atasnya bisa diaplikasikan dengan rata. Persiapan kayu juga tidak boleh dilewatkan. Tanpa adanya persiapan hasil finishing menjadi tidak sempurna. 

 

Alat paling mudah yang bisa digunakan adalah kuas. Pilihlah kuas dengan bulu nilon yang dikhususkan untuk aplikasi cat water based. Bahan nilon tidak akan menyerap air berlebihan dan membuatnya keras. Anda bisa bisa menggunakan kuas berulang kali sesuai kebutuhan. 

 

Persiapan Material Kayu

 

Substrat kayu harus disiapkan dengan cara di amplas. Manfaatkan proses pengamplasan menggunakan kertas amplas halus dan juga kasar. Gunakan juga orbital sander apabila kayu berukuran luas dan rata.

 

Mulai dengan amplas grit 180, amplaslah searah dengan serat kayu. Pada bagian yang sulit seperti siku dan sudut Anda bisa mengamplasnya dengan manual. Pastikan permukaan kayu berubah menjadi lebih halus, cek dengan merabanya. 

 

Setelah pengamplasan amplas grit 180 selesai, ganti dengan grit yang lebih halus yaitu 220. Amplas dengan cara yang sama dan setelah selesai baru bersihkan debu amplas. Untuk mengangkat debu maksimal Anda bisa menggunakan kain microfiber yang telah dibasahi. 

Baca Juga:  Ingin Patio Furniture Tampak Natural? Ini Pernis yang Harus Digunakan

 

Aplikasi Sanding Sealer

 

Anda bisa menggunakan Biovarnish sanding sealer sebagai base coat. Terlebih dahulu campurkan sanding sealer dengan air di wadah yang terpisah. Dapatkan viskositas 11-12 detik NK2 dan aduk merata. Kuaskan sanding sealer merata searah dengan serat kayu. 

 

Diamkan sanding sealer agar mengering tanpa harus dijemur langsung dibawah panas matahari. Pada saat Anda mengecat pastikan dilihat secara detail pada permukaan kayu sehingga tidak ada bagian yang terlewatkan. 

 

Amplas ambang permukaan kayu dengan amplas grit 400. Lakukan merata tanpa harus terlalu ditekan. Bersihkan debu amplas dengan kain yang kering. Pastikan kembali seluruh permukaan sudah terlapisi dengan sanding sealer. Jika belum Anda bisa mengaplikasikannya kembali. 

 

Aplikasi Biothane

 

Saatnya untuk mengaplikasikan Biothane pada permukaan sanding sealer yang selesai di amplas. Pertama campurkan Biothane dengan air hingga mencapai viskositas 11-12 detik NK2. Aduk merata baru kuaskan ke seluruh permukaan kayu searah serat. 

 

Pengeringan bisa dilakukan dalam waktu semalaman. Pastikan cuaca tidak hujan jika Anda ingin mengecat deck kolam renang atau lantai kayu teras. Jika ingin memberikan dua kali lapisan maka tunggu kering lapisan pertama selama satu jam. 

 

Setelah itu Anda bisa mengamplas ulang permukaannya dengan amplas grit 400. Bersihkan debu amplas baru diaplikasikan larutan Biothane kembali. Hasilnya akan lebih tahan lama dan mengkilap. 

 

Artikel "Featured"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH