Ingin Mengecat Pintu Rumah Layaknya Profesional? Begini Tipsnya

Mengecat pintu rumah adalah cara yang cukup murah untuk memperlihatkan tampilan baru dari pintu itu sendiri. Menggunakan cat pintu sendiri bukanlah hal yang sulit dan hasilnya bisa cukup memuaskan. Anda memiliki pilihan untuk bisa melakukannya di akhir pekan dengan waktu singkat yang Anda miliki. 

Namun akan beda cerita jika Anda menginginkan hasil layaknya pengecatan yang dilakukan oleh profesional. Anda perlu memilih bahan finishing yang tepat dan teknik yang sesuai. Walaupun sebenarnya untuk mengecat pintu, dasarnya sama. 

Setidaknya ada lima langkah yang bisa Anda duplikasi di rumah dari finishing yang biasanya dilakukan para profesional. Langkah apa saja yang bisa Anda lakukan atau Anda tiru agar mengecat pintu rumah Anda layaknya yang dilakukan profesional? Simak penjelasan berikut ini. 

5 Langkah Menggunakan Cat Pintu Kayu Seperti Profesional

Pada proses mengecat pintu yang telah terpasang, Anda harus mempertimbangkan banyak hal. Anda harus tahu jenis cat pintu kayu mana yang sebaiknya digunakan. Anda harus tahu alat apa yang harus anda gunakan saat aplikasi. Apakah kuas, roller atau spray gun? Pemilihan cat pintu dari jenis hingga warnanya pun tak boleh dianggap remeh. Apalagi jika Anda mendambakan hasil finishing yang luar biasa. 

Langkah 1. Memilih Cat untuk Pintu 

Ada empat produk yang harus digunakan jika Anda ingin mengecat pintu dengan warna solid. Anda bisa memadukan BioDuco Wood Putty, BioDuco Primer Coat, BioDuco Solid Colour, lalu diakhiri dengan BioDuco Top Coat. 

Nah, jika Anda memilih menggunakan cara yang lebih simpel, Anda bisa menggunakan BioDuco Chalk Paint lalu diakhiri dengan BioDuco Top Coat. Cukup dua produk saja, Anda akan menghemat waktu aplikasi namun pintu Anda tetap terlindungi dengan sangat baik. 

Akan lebih menguntungkan jika Anda memilih produk dengan merk sama sehingga hasilnya lebih menjanjikan. Selain itu pilihlah warna cat pintu kayu chalk paint ini sesuai dengan tema dari rumah. 

Warna-warna yang tersedia dari BioDuco Chalk Paint lebih soft walaupun ada juga warna gelap dan terang. Jika ingin warna netral Anda bisa memilih warna putih susu atau hitam. Pastikan warnanya bisa memberikan kontras atau tampilan harmoni pada pintu Anda. 

Langkah 2. Melepaskan Pintu dari Kusen

Agar saat Anda bekerja, Andan terlihat layaknya seorang profesional, maka Anda jangan mengecat pintu saat masih terpasang pada kusen. Anda harus melepaskan daun pintu dari kusen dan memindahkannya ke area lain khusus tempat untuk finishing

Memang sedikit rumit, tapi Anda akan mendapatkan hasil yang lebih rapi. Selain itu, akan mempermudah pengecatan kusen pintu. Untuk melepaskan daun pintu Anda hanya perlu melepaskan pintu dari engselnya saja. 

Setelah dilepas, pindahkan daun pintu ke ruang mengecat. Jangan posisikan pintu terbaring. Pilihlah posisi menegakkan pintu atau sandarkan pada dinding. Setelah itu Anda bisa menutup area knop pintu dengan isolasi kertas supaya tidak terkena cat. 

Jika terdapat engsel yang menempel pada daun pintu Anda bisa melepaskannya atau menutupnya juga dengan isolasi kertas. Tujuannya agar engsel tidak mudah berkarat karena terkena cat pintu rumah berpelarut air. 

Langkah 3. Mengaplikasikan Cat untuk Pintu 

Saatnya mengaplikasikan BioDuco Chalk Paint yang tadi telah Anda pilih warnanya.

Larutkan BioDuco Chalk Paint di wadah berbeda dan pastikan jumlah air tidak berlebihan, Anda bisa menyesuaikan dengan cara pemakaian yang tertera pada kemasan. BioDuco Chalk Paint mudah diaplikasikan, untuk pintu sebaiknya gunakan roller agar hasilnya lebih halus. 

Jika ingin menggunakan kuas, Anda perlu menggunakan kuas berbulu nilon. Sapukan atau roll cat ke permukaan pintu dan sesuaikan arahnya agar hasil lebih halus. Tunggu kering dan amplas ambang saja. Anda bisa mengulangi aplikasi BioDuco Chalk Paint hingga warna yang diinginkan muncul. 

Langkah 4. Mengaplikasikan Top Coat

Warna pada pintu sudah terlihat, tapi pintu tetap membutuhkan lapisan pelindung berupa top coat. Biasanya di tukang cat pintu kayu hanya akan memberikan satu lapisan dari masing-masing produk jadi hasilnya mungkin kurang memuaskan. 

Berhubung Anda mengerjakannya sendiri, dengan leluasa bisa mengaplikasikan dua hingga tiga lapisan baik BioDuco Chalk Paint atau BioDuco Top Coat. Tapi khusus untuk top coat disarankan  maksimal dua kali saja karena sudah cukup melindungi. 

Campurkan BioDuco Top Coat terlebih dahulu dengan air di wadah berbeda lalu kuaskan atau roll ke permukaan pintu. Pastikan arahnya sama ketika mengaplikasikan BioDuco Chalk Paint. BioDuco Top Coat tidak perlu dijemur agar mengering sempurna. Cat ini bisa mengering hanya cukup dengan dibiarkan atau diangin-anginkan di tempat yang terlindungi dari sinar matahari. 

Langkah 5. Keringkan dan Pasang Pintu Kembali 

Anda tentu tidak bisa membiarkan pintu utama rumah terbuka semalaman, karena BioDuco Top Coat memiliki waktu kering sentuh 60 menit. Jadi ketika sudah lewat 60 menit Anda bisa memasang kembali pintu. 

Sebelum memasang, lepaskan terlebih dahulu isolasi kertas pada knop pintu dan juga ngsel yang tadi dipasang. Cukup pastikan pintu terpasang pada engselnya dengan benar. 

Tips yang Diperlukan Saat Mengecat Pintu Rumah 

Dalam mengecat pintu, beberapa tips berikut ini bisa diikuti karena sangat membantu. 

  • Membersihkan pintu sebelum mengecat. Selalu ingat bahwa mengecat pada permukaan yang bersih akan memberikan hasil halus dan cat merata karena kotoran akan menghambat penyerapan cat pada pori kayu. Kebanyakan profesional akan membersihkan pintu dengan mengamplas lalu mengelapnya. Mereka akan menggunakan lap microfiber yang sudah dibasahi dengan air. Kemudian tunggu permukaan kering sejenak baru mulai mengecat.
  • Tidak menjemur pintu saat menggunakan cat water based. Mereka yang sudah paham akan karakteristik dari setiap cat akan sangat paham bagaimana suatu cat harus diaplikasikan. Seperti BioDuco Chalk Paint, yang merupakan cat pintu berpelarut air yangh tidak butuh dijemur setelah proses coating selesai diaplikasikan. Cat ini mudah mengering sendiri sehingga justru akan rusak ketika dijemur.
  • Memastikan bahwa cat cocok untuk eksterior. Karena hendak mengecat pintu utama, maka cat yang digunakan bukan cat pintu  untuk indoor. Anda harus tahu bahwa cat bisa digunakan untuk furniture eksterior sehingga perlindungannya terhadap cuaca akan lebih baik. 

Apabila Anda ingin mengecat pintu menggunakan Bioducob Chalk Paint dan BioDuco Top Coat, Anda bisa langsung melakukan pembelian produk di marketplace berikut ini. 

  1. https://www.tokopedia.com/biopaint102 (Tokopedia)
  2. https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries (Bukalapak)
  3. https://shopee.co.id/biovarnish.official (Shopee)

Artikel "Teknik Aplikasi"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH