Tips Finishing Kayu Duco Solid Untuk Furniture Interior

Finishing kayu duco solid untuk furniture interior perlu dilakukan secara hati-hati. Pemilihan bahan finishing yang tepat menjadi faktor penting untuk keberhasilan finishing duco solid.

Kayu dan juga mebel merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sebuah rumah. Kayu dan juga mebel pastinya akan tampil lebih menarik dan awet apabila dilakukan finishing. Pemilihan warna juga merupakan hal yang penting agar suasana ruangan menjadi lebih anggun dan cocok.

Finishing pada kayu atau mebel dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan finishing kayu duco. Hal ini mungkin terdengar sudah biasa, namun bagaimana cara yang tepat untuk finishing kayu duco agar mendapatkan hasil maksimal? Simak tips berikut ini.

Tips Finishing Kayu Duco Solid Untuk Furniture Interior Rumah

  1. Pilih bahan finishing dan alat yang akan digunakan

Hal yang pertama yang dilakukan sebelum melakukan finishing kayu duco adalah menyiapkan alat dan juga bahannya. Hal tersebut antara lain adalah amplas, lap atau kain, cat primer, cat duco, clear coat, alat penyemprot cat, masker, dan wadah. Sebelum mengaplikasikan catnya, maka pilih cat dengan kualitas yang bagus dan juga tahan lama. Pilih cat yang sudah terpercaya dari produsen yang ternama agar cat benar-benar berkualitas. Pastikan warna yang anda pilih sesuai dengan tema ruangan agar tampak kayu atau mebel yang anda cat sesuai dengan tema ruangannya.

  1. Bersihkan media sebelum dilakukan proses finishing

Siapkan medianya atau kayu yang akan lakukan finishing. Bersihkan kayu atau mebel tersebut dengan menggunakan kain dan juga kuas untuk mengelap pada bagian yang sulit dijangkau. Pastikan mebel benar-benar kering pula agar mebel atau kayu tersebut tidak menyusut. Gunakan masker agar tidak ada debu yang terhirup.

  1. Amplas kayunya

Nah, kali ini anda memulai proses pengamplasan. Gunakan amplas kertas dengan nomor 120 kemudian gosokkan pada seluruh bagian kayunya. Pastikan tidak ada bagian kayu yang terlewat. Pastikan semua bagian kayu rata dan tidak bergelombang. Lakukan pengamplasan dengan teliti dan tekan sedikit yang kuat pada bagian kayu yang tidak rata atau bergelombang. Lap dengan kain apabila kayu sudah halus dan rata.

  1. Gunakan cat primer

Setelah proses pengamplasan pertama selesai, maka siapkan wadah untuk mencairkan cat primernya. Baca petunjuk mengenai penggunaan cat primer anda. Gunakan bahan pengencer cat yang sesuai dengan petunjuk penggunaannya. Aplikasikan cat pada seluruh bagian kayu atau mebel dengan sempurna. Tunggu hingga cat dasar benar-benar kering. Hal ini terkadang butuh waktu paling sedikit sekitar 2 jam atau bahkan selama 2 hari agar benar-banar kering.

Setelah kering, maka lakukan proses pengamplasan yang kedua dengan menggunakan kertas amplas. Gosokkan pada seluruh bagian kayu dengan teliti. Pastikan tidak ada bagian kayu yang terlewatkan. Apabila masih ada bagian kayu yang kurang rata, maka tekan amplas agar bagian kayu tersebut rata. Lap dengan kain agar tidak ada bagian debu yang masih menempel.

  1. Aplikasikan cat duco

Kayu sudah benar-benar halus sekarang, maka lakukan proses cat duconya. Siapkan wadah yang tepat dengan ukuran yang sesuai. Aplikasikan cat kayu duco pada semua bagian kayu dengan hati-hati dan teliti. Pastikan tidak ada bagian kayu yang terlewat. Proses ini dapat anda lakukan 2 kali apabila diperlukan untuk hasil yang lebih rata. Tunggu hinga cat duco mengering, lakukan proses selanjutnya.

  1. Aplikasikan clear coat

Nah, agar mebel atau kayu terlihat mengkilap dan cantik, maka aplikasikan clear cot pada lapisan atas mebel atau kayu. Clear coat ini dimaksudkan untuk melapisi cat bagian bawahnya agar lebih awet dan tahan lama. Larutkan terlebih dahulu dengan pengencer, pastikan larutannya tercampur rata. Kemudian aplikasikan secara merata. Tunggu kering sebelum diamplas ringan, kemudian aplikasikan ulang untuk hasil lebih maksimal.

Demikian tips finishing kayu duco solid untuk furniture interior rumah. Pastikan untuk menggunakan bahan finishing yang aman untuk tukang finishingnya dan terutama untuk keluarga tercinta. Semoga bermanfaat.

Artikel "Based Knowledge"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.