Cara Mempersiapkan Kayu dengan Mengamplas agar Halus dan Rata

Sedikit pengetahuan dasar tentang pengamplasan dan menyiapkan kayu sebelum pengecatan akan membantu proyek pengecatan Anda menjadi lebih cepat dan mudah. Banyak pekerja kayu yang mengabaikan hal ini, padahal pengemaplasan adalah bagian yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan.

Ketika Anda melewatkan tahapan mengamplas maka furnitur yang Anda buat tidak memiliki penampilan yang mewah. Bahkan penampilan yang diberikan adalah penampilan yang tidak akan memberikan hasil yang bernilai tinggi.

Permukaan kayu akan menjadi kasar dan bisa saja melukai kulit pengguna furnitur. Apalagi jika Anda menggunakan furnitur yang akan digunakan pada anak-anak. Kulit anak-anak akan sangat sensitif dan mudah terluka hanya karena permukaan furnitur yang tidak rata.

Maka pelajari pelajaran mengamplas berikut ini yang akan membantu Anda mendapatkan hasil finishing furnitur yang sempurna. Grade, atau grit, amplas didasarkan pada jumlah butiran pasir per inci persegi pada kertas yang menempel. Semakin tinggi angkanya, semakin bagus nilainya. Nilai bernomor lebih rendah menunjukkan amplas yang lebih kasar. Grit number umumnya tercetak di bagian belakang setiap lembar.

Mempersiapkan Kayu Dengan Mengamplas

Mutu amplas yang sedang dan halus umumnya digunakan untuk perabotan dan barang antik. Grit kasar (yang di bawah # 100) merusak lapisan kayu halus. Grit sedang, seperti # 120 dan # 150, berguna untuk menghilangkan sisa atau goresan lama. Grit halus, seperti # 220, sering digunakan untuk pengamplasan ringan akhir sebelum menempelkan cat pada kayu.

  • Amplas Mesin

Alat-alat listrik membuat pengamplasan lebih cepat, tetapi alat berat seperti belt sanders dirancang untuk pekerjaan pertukangan yang lebih berat dan dapat dengan cepat merusak barang antik yang bagus. Sebuah sander, sander putar ringan, lebih cocok untuk refinishing.

Pengamplasan tangan lebih baik untuk hasil akhir yang halus dan potongan-potongan halus. Robek lembar ampelas ke dalam empat bagian, lalu lipat menjadi potongan-potongan yang cukup besar untuk dipegang dengan tiga jari. Anda dapat membuat bantuan pengamplasan sementara dengan membungkus sepotong amplas di sekitar balok kayu yang pas di tangan Anda. Lebih baik lagi, gunakan balok pengamplasan yang berkontur, dapat Anda temukan dalam toko bahan bangunan terdekat, yang memungkinkan Anda memasang amplas dengan memasukkan ujung-ujungnya ke dalam alur di kedua ujung balok.

  • Amplas searah serat kayu

Pemeriksaan sepotong kayu mengungkapkan pori-pori di permukaan yang membentuk pola yang disebut serat kayu. Selalu amplas ke arah serat kayu tidak pernah tegak lurus atau di sudut. Ini juga berlaku ketika bekerja di tepi dan sudut yang sulit dijangkau. Goresan yang dibuat dengan pengamplasan terhadap serat kayu akan terlihat tidak menarik pada bagian yang sudah selesai dan akan sangat terlihat setelah pengecatan.

Mempersiapkan Kayu Dengan Mengamplas

Posisikan potongan kayu sehingga permukaan yang diamplas horizontal dan pada ketinggian yang nyaman. Untuk hasil akhir yang bersih, pegang balok pengamplasan dengan rata, dengan kencang menerapkan tekanan bahkan sambil bergerak maju mundur ke arah yang sama. Mengerahkan tekanan yang berlebihan atau menggunakan sudut blok pengamplasan akan menciptakan tekanan yang tidak diinginkan pada kayu.

Aturan yang sama berlaku ketika Anda menggunakan sander amplas dengan grit yang sesuai dan tahan sander sambil ditekan searah serat kayu dengan benar. Anda akan mendapatkan hasil amplasan yang halus dan benar.

  • Menghilangkan Debu Kayu Setelah Pengamplasan

Debu kayu dari pengamplasan akan menimbulkan masalah jika tidak dibersihkan dari permukaan sebelum pengecatan. Kain atau sikat kering bukanlah alat yang paling efektif untuk menghilangkan debu. Sebaliknya, gunakan kain bal, sepotong kain tipis tipis yang dibuat khusus untuk tujuan ini.

Bersihkan menggunakan kain bal yang dilipat melintasi kayu untuk menghilangkan debu. Ketika setiap sisi menjadi bersih dari debu, lipat kembali kain untuk mengekspos permukaan yang lebih bersih lagi. Kain bal ini tersedia di toko-toko perangkat keras dan memiliki harga yang sangat murah, atau Anda bisa membuatnya sendiri dengan merendam sepotong kain tipis 12 inci dalam minyak tung dalam jumlah sedikit.

Simpan kain dalam kantong plastik tertutup untuk mencegahnya mengering di antara penggunaan. Beberapa debu kayu dari pengamplasan akan menjadi hilang, jadi lebih bijaksana untuk memakai masker yang tepat saat bekerja.

Tips Untuk Mengamplas Dengan Benar

Mengeri harus menggunakan amplas dari nomr atau grit berapa menjadi sangat penting. Karena semakin Anda tepat memilih angka amplas maka pekerjaan mengamplas menjadi lebih cepat dan Anda tidak akan boros mengeluarkan untuk membeli amplas karena cara aplikasi yang salah.

Saat pengamplasan, mulailah dengan amplas kasar, lalu gerakkan ke kertas amplas halus. Semakin besar angkanya, semakin halus kertas grit. Seberapa baik grit tergantung pada proyek kertas 220 grit adalah baik-baik saja seperti yang diperlukan ketika pengamplasan tangan.

Ingat, selalu amplas sesuai dengan artah serat kayu dan bukan melawan arah serat kayu. Gunakan balok kayu saat hand-sanding, daripada memegang kertas di tangan Anda. (Amplas cenderung sesuai dengan tangan, mencegah Anda mencapai permukaan yang bergelombang sesuai tangan Anda pada permukaan kayu.) Staple kertas ke blok untuk tetap di tempatnya. Setelah kertas telah habis dapat dengan mudah dihilangkan.

Beli balok pengamplasan di toko bahan bangunan terdekat di rumah Anda. Beberapa jenis balok memiliki pin di dalam untuk mengunci amplas di tempatnya. Tarik satu ujung blok terpisah untuk mengeluarkan kertas dan gantilah dengan potongan yang baru.

Mempersiapkan Kayu Dengan Mengamplas

Sponge contouring memiliki permukaan pengamplasan di keempat sisinya, memungkinkan akses ke sudut. Anda bisa menggunakan alat sponge contouring untuk membantu Anda mengamplas lemari atau furnitur bagian sudut.

Jika alat-alat listrik lebih disukai untuk pengamplasan, sander belt adalah pilihan daya yang serius karena membutuhkan tegangan listrik yang sangat tinggi. (Berhati-hatilah untuk tidak membakar material saat menggunakan belt sander) Sisi bawah ke sander belt berbentuk sangat tipis atau sempit untuk dimasuki kertas amplas. Konstruksi ini sangat penting sehingga Anda hanya dapat menggunakan kertas amplas.

Sebuah sander adalah alat listrik yang memungkinkan akses ke sudut yang tidak bisa dilakukan oleh belt sander. Sander ini memiliki ujung runcing dan pad pengamplasan melewati tubuh sander untuk masuk ke sudut kayu. Bantalan pengamplasan memiliki hook dan loop tape di bagian belakang untuk memudahkan penghapusan.

Amplas yang didukung alat sangat membantu ketika bekerja dengan potongan-potongan yang memiliki tepi bulat atau tidak rata. Jika amplas yang didukung sponge bukan pilihan, gunakan setumpuk balok untuk membantu tepi berkontur. Ambil balok dari kotak dan bungkus sepotong amplas di sekitarnya. Saat pengamplasan, setumpuk balok akan menyesuaikan dengan kontur dan memungkinkan akses ke ruang-ruang yang sulit.

Nah oleh karena itu jangan sampai Anda meremehkan pelajaran mengamplas. Karena memang sebagian besar pekerja kayu sangat meremehkan pekerjaan mengamplas karena dianggap sangat membosankan bahkan menimbulkan kantuk.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH