Mendekorasi Rumah: DIY ataukah Menyewa Jasa Interior?

Mendekorasi sebuah rumah memang memerlukan pertimbangan dan juga perencanaan yang cukup matang. Dengan hasil yang sesuai keinginan anda, pastinya anda akan merasa lebih puas dan nyaman tinggal di rumah anda. Berbicara mengenai dekorasi, pertanyaan yang sering muncul adalah menyewa jasa interior ataukah DIY?

Pertanyaan ini kebanyakan akan muncul ketika seseorang ingin mendekor rumah mereka untuk suasana yang baru. Bagi seseorang yang kurang yakin atau bahkan kurang memiliki waktu luang di rumah, mendekorasi rumah ini tentunya akan diserahkan pada jasa profesional. Sedangkan bagi kebanyakan orang yang memang benar-benar yakin untuk mendekor rumah sendiri, maka tentu saja akan dilakukan sendiri tanpa harus menyewa jasa interior.

Apa saja keuntungan mendekorasi rumah tanpa menyewa jasa interior? Simak beberapa keuntungan berikut ini.

  1. Menghemat dana

Salah satu keuntungan yang sangat terlihat jika anda mendekorasi rumah sendiri adalah menghemat dana anda. Mengapa? Ya, tentu saja biaya yang harus anda keluarkan jika harus menyewa jasa interior tidaklah sedikit. Bahkan, anda harus menyediakan budget yang lebih dikarenakan sesuatu hal yang tak terduga.

  1. Lebih puas dengan hasil sendiri

Selain menghemat dana, melakukan pendekorasian sendiri juga memang akan melibatkan semua ide anda. Dengan usaha yang maksimal, maka tentu saja hasilnya juga akan lebih maksimal. Anda juga dapat menempatkan apa yang anda sukai dan menghilangkan apa saja yang anda kurang sukai. Hal ini juga menjadi poin dimana kebanyakan orang akan mendekorasi rumah mereka tanpa harus menyewa jasa professional.

Selain keuntungan di atas, pastinya ada sisi negatif jika anda mendekorasi rumah sendiri. Simak sisi negatifnya berikut ini.

  1. Membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak

Mendekorasi rumah secara keutuhan tentu saja akan menguras tenaga dan juga waktu. Apalagi, jika anda harus melakukannya sendirian tanpa meminta bantuan tenaga dari saudara atau keluarga anda. Apabila anda memiliki waktu sedikit di rumah, maka lebih baik serahkan tugas ini pada jasa interior.

  1. Tergantung dari kreativitas

Mendekorasi rumah juga memerlukan kreatifitas yang bagus, ide yang cemerlang, serta dapat menggabungkan beberapa ide agar rumah anda terkesan lebih menarik. Pemilihan warna juga merupakan unsur yang penting ketika anda mengubah nuansa rumah anda.

Mendekorasi Rumah: DIY Ataukah Menyewa Jasa Interior?

Lalu bagaimana jika hal tersebut diserahkan pada jasa professional interior design? Apakah hasilnya akan lebih memuaskan? Pertanyaan tersebut juga sering muncul ketika seseorang kurang yakin ketika akan menyewa jasa professional. Ada baiknya jika anda simak keuntungan dan kelemahan menyewa jasa professional berikut ini.

  1. Keuntungan

Menyewa jasa interior memang terkesan akan lebih praktis, dikarenakan anda akan mendapatkan saran-saran dekorasi dari tahap awal sampai dengan akhir. Hal ini tentu saja juga akan menghemat waktu anda dan juga tenaga bukan? Para jasa interior pastinya akan bekerja untuk mempertahankan kualitas, keindahan dan juga waktu.

  1. Kerugian

Nah, seperti yang telah dijelaskan dimuka, menyewa jasa professional pastinya akan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Oleh karena itu, anda perlu menyiapkan dana tambahan yang cukup jika suatu saat hal tersebut diperlukan. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk mendekorasi rumah anda tentunya juga membutuhkan waktu yang cukup banyak, mungkin sampai dengan bulanan atau bahkan tahunan.

Dilihat dari beberapa keuntungan dan juga kelemahan di atas, tentunya sekarang anda sudah menentukan mana yang harus anda pilih, apakah menyewa jasa interior atau melakukannya sendiri? Rencanakan segalanya dengan matang.

Kesalahan Yang Sering Terjadi Ketika Mendekorasi Rumah

Berikut ini 6 kesalahan yang sering terjadi ketika mendekorasi rumah.

  1. Dinding dengan warna gelap

Apakah anda memutuskan untuk memilih warna gelap pada salah satu bagian dinding di ruang tidur anda? Jika hal tersebut benar, maka jangan biarkan dinding tersebut gelap sepenuhnya karena akan membuat ruangan tampak sumpek bahkan akan terkesan lebih dramatis. Berilah cahaya lampu yang menarik pada bagian dinding tersebut agar tampak lebih hidup dan juga menarik.

  1. Jangan penuhi rak dinding anda

Rak dinding memang akan memudahkan anda dalam menata barang kesukaan anda. Selain itu, rak dinding juga akan membuat tampilan ruangan menjadi lebih rapi dan menarik. Namun, bagaimana jika anda memenuhi semua bagia rak anda dengan benda pajang atau buku? Jangan lakukan hal tersebut karena akan membuat ruangan tampak berat atau bahkan sumpek. Singkirkan benda yang anda tidak suka atau sortir mana saja yang anda sukai. Jadikanlah ra dinding anda sebagai point utama di ruangan anda.

  1. Pemilihan sofa yang kurang tepat

Apabila anda memiliki sofa dengan warna pucat atau warna terang, tentu saja akan membuat cepat kotor. Hal ini sering terjadi apabila anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan, seperti kucing atau anjing. Hindari pemilihan sofa dengan warna pucat dan pilih sofa yang mudah untuk dibersihkan dari noda dengan cepat.

  1. Ruang keluarga yang tidak nyaman

Ruang keluarga dengan tampilan yang berantakan tentu saja akan membuat anggota keluarga anda juga merasa kurang nyaman. Caranya cukup mudah, posisikan semua furniture di ruang keluarga anda dengan tepat dan jangan sampai terkesan berantakan. Berikan ruang yang cukup untuk bergerak di ruang keluarga anda. Tambahkan permadani agar anak-anak merasa lebih nyaman duduk di atas lantai.

  1. Dapur dengan tema warna putih

Memang akan terkesan bersih dan menarik dengan dapur berwarna putih. Namun, apa jadinya jika semua perabotan bahkan sampai lantai dapur juga berwarna putih? Kurang menarik bukan? Hindari hal ini dan berikan aksen warna yang menarik pada dapur anda agar terkesan lebih hidup dan indah.

  1. Tunjukkan point utama dari sebuah ruangan

Ketika memasuki sebuah ruangan tentunya pandangan mata akan tertuju pada sebuah point yang memang menjadi pandangan utama dari ruangan tersebut. Jangan sampai semua hal dari ruangan akan menjadi point utama karena akan terkesan sumpek dan juga padat. Hal ini menunjukkan tidak adanya keseimbangan dan serasa kurang harmonis. Oleh karena itu, pajang sebuah karya seni yang menarik untuk mempercantik ruangan anda atau kaca, bahkan sampai dengan permadani.

Demikian 6 kesalahan yang sering muncul ketika seseorang mendekorasi sebuah rumah. Pastikan anda menghindari hal-hal di atas agar rumah terkesan lebih indah dan menarik. Cari inspirasi menarik yang lainnya hanya di sini.

Artikel "Life Style"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.