Jual Cat Kayu Biovarnish Water Based Ramah Lingkungan di Indonesia

Finishing yang bagus tentu dipengaruhi oleh cat yang digunakan. Fungsi cat tersebut tidak hanya untuk memberikan tampilan furniture lebih menarik namun juga menjaga furniture agar tidak mudah rusak.

Cat yang bagus tentunya memiliki keunggulan tersendiri dalam hal kualitas, namun perkembangan cat saat ini sangat penting memilih cat tidak hanya dari segi kualitas saja melainkan keamanan bahan juga amat penting. Pilih cat kayu yang aman agar lingkungan sekitar Anda terjaga dengan baik. Website ini salah satu yang jual cat kayu Biovarnish yang aman dan ramah lingkungan.

Cat Yang Aman Untuk Digunakan

Cat-kayu-Biovarnish

Cat yang aman bukanlah menggunakan bahan pelarut solvent seperti thinner dan sejenisnya. Justru cat tersebut hanya mengguankan bahan pelarut air. Cat water based sangat dianjurkan untuk digunakan dalam proses finishing demi menjaga stabilitas lingkungan dan kesehatan pekerja/pengguna. Sebab cat water based tidak menggunakan bahan kimia berbahaya yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan dan kesehatan.

Dalam jual cat kayu Biovarnish tentu memperhatikan bahan yang digunakan tersebut telah sesuai dengan standar keamanan yang disarankan. Tepat, cat Biovarnish menggunakan bahan yang memang diformulasikan sesuai dengan standar keamanan internasional seperti regulasi US EPA dan ECHA. Agar hasil akhir finishing optimal, perlu memperhatikan langkah-langkah berikut:

  1. Ampelas permukaan media untuk menghilangkan kotoran atau sisa minyak
  2. Gunakan Biovarnish Wood Filler untuk menutup pori-pori atau menyamarkan cacat kayu
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain yang sudah dicampur air (2:1) menggunakan kuas, tunggu hingga kering kemudian ampelas halus
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear agar tampilan akhir lebih cemerlang.

Jual Cat Kayu Biovarnish Yang Aman

Biovarnish

Seperti yang telah disingggung diatas bahwa produk yang di jual cat kayu Biovarnish merupakan cat berbahan water based acrylic brush system yang telah disesuaikan denga standar keamanan internasional sehingga cat tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya serta rendah VOC.

Biovarnish memenga diformulasikan sebagai pengganti plitur atau pernis guna memberikan lapisan cat dengan tampilan natural kayu. Cat ini sangat cocok diaplikasikan diberbagai media seperti kayu, MDF, plywood, bambu, rotan dan serat alam lainnya.

Apa Pentingnya Menggunakan Cat yang Ramah Lingkungan?

Masih banyak masyarakat Indonesia yang ragu untuk membeli cat kayu ramah lingkungan. Bahkan masih banyak pengrajin yang tetap mempertahankan untuk menggunakan cat konvensional seperti cat solvent atau sirlak India. Alasan utamanya karena menganggap cat berpelarut air kualitasnya tidak mumpuni. 

Selain soal kualitas, alasan lainnya karena takut dengan harga mahal. Memang cukup sulit untuk mengubah kebiasaan dalam finishing apalagi produk sudah digunakan bertahun-tahun. Padahal mungkin saja masih banyak produk lain seperti Biovarnish yang kualitasnya terbaik dan ramah lingkungan. 

Kesadaran harus mulai dibangun saat ini bahwa menggunakan cat kayu yang ramah lingkungan ini penting. Oleh karena itulah banyak masyarakat Eropa dan Amerika yang beralih pada cat water based. Karena selain aman kualitasnya juga tak kalah bagusnya. 

Berikut ini beberapa alasan mengapa menggunakan cat ramah lingkungan ini penting untuk memupuk kesadaran bersama. 

• Tidak menimbulkan polusi udara

Banyak yang tidak sadar bahwa cat yang mengering atau masuk masa pengeringan setelah aplikasi mengeluarkan polusi udara. Ada yang menimbulkan bau menyengat dan ada yang tidak. Polusi paling berbahaya adalah ketika zat organik menguap tapi tidak menimbulkan bau yang menyengat. Contohnya saja formaldehyde. 

Sangat berbahaya ketika furniture diletakkan di dalam ruangan dan menjadi sumber polusi udara yang tidak disadari dihirup setiap hari. Karena penguapan bahan pelarut akan terus terjadi setelah beberapa bulan coating mengering. 

• Menimbulkan sesak nafas dan pusing

Polusi udara dalam ruangan karena pengeringan cat menjadi sumber masalah kesehatan jangka pendek yang langsung terasa. Contohnya saja sesak nafas dan juga pusing yang selalu dirasakan ketika masuk ruangan dengan furniture baru. 

Apalagi jika furniture digunakan pada ruang tidur, pastinya akan sangat mengganggu pernapasan. Kenyamanan tidur pun akan terganggu di mana Anda tidak bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. 

• Masalah kesehatan jangka panjang

Jangka panjang dalam masalah kesehatan juga terjadi akibat polusi yang disebarkan dari pengeringan coating furniture. Penyebab utamanya adalah kandungan organik seperti timbal dan formalin. Contohnya saja timbal yang berbahaya bagi janin, tumbuh kembang anak dan sistem saraf. 

Ada juga masalah formalin yang berbahaya bagi sistem pernapasan serta pencernaan. Sangat berbahaya jika Anda menerapkan cat tidak aman pada furniture bayi terlebih mainan kayu untuk anak. Kecenderungan anak untuk memasukan mainan ke dalam mulut bisa jadi sumber masalah kesehatan di masa depan mereka. 

• Limbah cat yang sulit diatasi

Terbuat dari bahan organik, masalah yang ditimbulkan oleh cat solvent adalah limbah. Ketika banyak sisa cat setelah finishing maka pembuangan cat berpelarut solvent di Indonesia belum ada penangannya. Jika dibuang di air sungai atau laut bisa membahayakan ekosistem. 

Berbeda dengan cat berpelarut air yang masih aman untuk dibuang jika terdapat sisa. Tidak menimbulkan masalah pencemaran apalagi merusak ekosistem. Dengan begitu masyarakat bisa aman ketika menggunakannya. 

Inilah hal yang menguntungkan ketika menggunakan cat water based. Tidak heran bahwa di negara maju sudah menentukan regulasi dalam pembuatan cat yang aman serta ramah lingkungan. Dengan memperhatikan banyak aspek, cat Biovarnish di Indonesia pun sangat direkomendasikan. 

Beberapa pabrikan furniture ekspor, bahkan telah menggunakan Biovarnish untuk bahan finishing mereka. Anda yang di rumah tentunya harus meniru hal ini demi keberlangsungan masa depan yang lebih sehat. 

Informasi dan pemesanan yang di jual cat kayu Biovarnish bisa Anda lakukan dengan menghubungi kontak berikut via phone maupun WhatsApp  ke no. 0879 3934 6433 atau 0822 2026 5056. Bagi Anda yang ingin membeli dengan cepat, bisa juga langsung melalui link berikut ini:

  1. https://www.tokopedia.com/biovarnishseries
  2. https://www.tokopedia.com/catkayu
  3. https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH