8 Tips Membuat Kamar Tidur Sempit Menjadi Terasa Lebih Luas dan Lega

Kamar tidur Anda adalah satu ruangan di dalam rumah yang seharusnya bernuansa dan tidak terasa seperti ruangan lainnya. Relaksasi dan bersantai setelah melakukan aktivitas seharian penuh umumnya dilakukan dalam ruangan ini. Jadi, sudah semestinya kalau interior ruang pribadi Anda ini didekorasi semaksimal mungkin.

Tips Membuat Kamar Tidur Sempit Menjadi Terasa Lebih Luas

Namun, bagaimana jika kamar tidur berukuran sempit? Nah, masalah inilah yang sering dirasakan oleh kebanyakan orang. Sesuatu yang sudah biasa ketika orang memasuki kamarnya untuk beristirahat dan merasakan ternyata kamarnya berukuran terlalu minimal untuk rileks. Permasalahan ukuran kecil inilah yang menjadikan banyak orang sering bigung untuk mendekorasi, mengatur dan memaksimalkan sifat kecilnya.

Sebenarnya, walaupun ukuran kamar tersebut sempit, jika kreatif bisa menjadi ruangan pribadi yang favorit dan menyenangkan. Jika kamar tidur Anda kecil, silahkan simak beberapa tips di bawah untuk membawa ide ruang besar yang santai kembali kamar minimalis Anda.

  1. Pilih warna dengan cerdas

Pada ruangan sempit, jika Anda memberikannya warna gelap maka akan terasa seperti di dalam gua. Kalau Anda menyukai dan bersikeras menggunakan warna gelap, gunakanlah warna tersebut pada bagian aksesoris kecil, seperti bantal, guling, karpet atau permadani dan aksen pada kain tempat tidur dan sprei. Disamping itu, Anda bisa mencoba mempertimbangkan untuk menggunakan warna lain yang lebih terang pada dinding dan langit-langit untuk membuka ruang secara visual.

Tips Membuat Kamar Tidur Sempit Menjadi Terasa Lebih Luas

Sebagai contohnya adalah warna merah dan oranye  jeruk. Kedua warna ini akan memberikan efek yang maksimal dengan perpaduan dinding bata dan perabotan kayu. Selain itu, kedua warna tersebut sangat cocok bila dikombinasikan dengan banyak warna putih untuk menciptakan kesan sejuk. Jangan lupa untuk membawa cahaya alami semaksimal mungkin untuk menerangi ruangan. Ini bisa diatasi dengan menggnakan jendela kaca yang berukuran besar.

  1. Menghindari penggunaan perabotan yang terlalu banyak

Semakin banyak barang yang Anda miliki dan letakkan ke dalam kamar tidur, maka semakin sempit rasanya. Jika Anda mempunyai terlalu banyak perabot dan barang-barang pribadi, maka pertimbangkan untuk menempatkan perabotan-perabotan tersebut ke ruangan lainnya. Untuk kamar sempit akan lebih baik menggunakan sedikit furnitur yang multifungsi. Dengan demikian, ketika Anda memasuki kamar seketika akan merasakan tampilan ruangan pribadi Anda ini lebih luas daripada sebelumnya.

  1. Beli furnitur yang memaksimalkan ruang dinding

Berbelanja perabotan bisa menjadi tantangan tersendiri saat Anda tidak tahu persis apa yang akan Anda cari dan butuhkan. Pada kamar tidur sempit mengukur jumlah ruang dinding yang Anda miliki itu sangat penting, dan berapa banyak ruangan untuk furnitur yang dapat diproyeksikan atau ditempelkan pada dinding.

Tips Membuat Kamar Tidur Sempit Menjadi Terasa Lebih Luas

Memilih furnitur dengan bentuk bujur sangkar daripada melengkung merupakan alternatif terbaik. Umumnya, furnitur melengkung kurang efisien untuk ruangan sempit karena terlalu banyak memakan tempat dan menelan area yang harusnya digunakan sebagai akses jalan di dalam ruangan. Sebuah pilihan yang tepat jika Anda memilih perabotan yang ditempelkan pada diding. Ini untuk memaksimalkan agar tapak lantai lebih jelas terlihat dan tidak mengganggu area jalan dalam ruangan.

  1. Skala dekorasi ruangan dengan tempat tidur Anda

Bergantung pada ukuran kamar tidur, jika tempat tidur yang Anda miliki kemungkinan besar maka akan menjadi poin fokus yang kurang tepat. Jika mempunyai tempat tidur besar di sebuah ruangan yang kecil, mungkin saja Anda akan langsung merasakan sempit dan tidak nyaman. Pertimbangkan untuk menggantinya dengan tempat tidur yang berukuran lebih kecil, dan tempatkan lampu hias dan aksesoris pada meja kecil dalam proporsi yang sama. Meja kecil tersebut letakkan pada samping kanan dan kiri ranjang tidur.

  1. Tambahkan aksen visual pada langit-langit
Tips Membuat Kamar Tidur Sempit Menjadi Terasa Lebih Luas

Saat ini, sedang tren mendekorasi langit-langit menjadi tak biasa. Banyak orang kreatif yang berinisiatif untuk menambahkan dimensi visual ke bagian ruangan yang sering dilupakan, yaitu langit-langit. Jika Anda berfikir untuk menambahkan kesan alami ke dalam ruang tidur, tak ada salahnya melukis langit-langit dengan suasana alam. Atau Anda bisa menggantinya dengan genteng transparan jika atap tidak menggunakan plafon. Ini juga beerfungsi sebagai masuknya cahaya matahari ke kamar Anda. Namun, Jika Anda tetap memutuskan untuk menggunakan plafon standar, pertimbangkan untuk menggunakan warna yang lebih terang untuk menipu mata ke ilusi ruangan yang lebih luas. Langit-langit yang berwana lebih gelap dan tertutup akan terasa sebaliknya.

  1. Membuat kamar Anda menjadi sebuah ruangan yang lebih santai

Kesalahpahaman terbesar tentang memiliki kamar tidur kecil adalah Anda hanya bisa tidur, berganti pakaian dan meninggalkan ruangan. Ini tidak benar. Letakkan sebuah kursi dan lampu kecil di kamar tidur Anda, dan Anda langsung memiliki sudut ruangan untuk membaca. Bila Anda dapat memiliki area multifungsi di kamar tidur sempit, pasti Anda akan tetap betah untuk menghabiskan lebih banyak waktu di ruangan tersebut. Tambahkan meja kecil dilengkapi dengan lampu hias pada kedua sisi tempat tidur untuk membuat fokus poin agar tempat tidur lebih menyenangkan dan santai.

  1. Membuat titik fokus tampilan

Jika Anda mempunyai lukisan atau karya seni yang fantastis, tempatkanlah barang tersebut di atas tempat tidur. Ini akan menjadi titik fokus dan daya tarik mata dalam tampilan pada dekorasi kamar sempit Anda. Jika tidak ada lukisan, Anda bisa memanfaatkan foto keluarga atau foto seseorang yag memiliki pengaruh positif pada hidup Anda.

Namun, jika Anda seorang wanita dan Jika Anda tidak terlalu senang dengan karya seni maupun lukisan, maka meja rias antik juga terlihat bagus jika ditempatkan dalam sebuah kamar tidur kecil. Tambahkan juga vas warna-warni untuk menghiasi bagian atas meja rias. Gunakan imajinasi Anda untuk menonjolkan hal positif tentang ruangan dan hilangkan penekanan dari sifat kecil pada kamar Anda.

  1. Menempatkan TV ke dalam kamar atau tidak?
Tips Membuat Kamar Tidur Sempit Menjadi Terasa Lebih Luas

Menempatkan TV ke kamar tidur yang sempit didasarkan pada preferensi pribadi. Jika Anda memutuskan untuk lebih memilih TV, maka pertimbangkan jenis layar datar yang dapat ditempelkan pada dinding, atau mengambil sedikit ruang pada meja rias dengan meletakkan TV tersebut di atas table top meja rias. Namun, jika Anda tidak menginginkan TV, tetapi akan meletakkan unit stereo, maka hindari menggunakan speaker berukuran besar yang akan menghabiskan banyak ruang. Gagasan terbaik adalah menggunakan unit mp3 stereo yang berukuran mini.

Mendekorasi sebuah kamar tidur berukuran kecil bisa menjadi tantangan berat. Tetapi dengan perencanaan yang matang, hasilnya bisa membuat kamar terasa nyaman dan unik begitu Anda berhasil dan sukses menghiasinya. Gunakan delapan tips di atas untuk membuat kamar tidur Anda terasa lebih besar dan memanfaatkan ruang yang Anda miliki. Terapkan gagasan ini pada kamar tidur lain di rumah Anda dan lihat bagaimana kamar Anda akan langsung terasa lebih hidup.

Artikel "Featured"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH