Jenis Teknik Finishing Kayu Jati Belanda Yang Mudah Dan Perlu Diketahui

Apakah Anda masih bingung dengan teknik finishing? Temukan dua jenis teknik finishing kayu jati bealnda yang sangat mudah dalam artikel ini.

Kayu adalah material yang paling banyak digunakan di dunia bisa menjadi furniture, kertas, kerajinan dll. Untuk di Indoneisa sendiri yang merupakan negara pengekspor kayu terbesar di dunia ada bebagrai macam kayu yang bisa digunakan. Tetapi saat ini jenis kayu jati belanda yang paling banyak ditemukan dan dicari. Jenis kayu jati belanda adalah kayu bekas peti kemas yang merupakan jenis kayu pinus yang tumbuh di luar negeri. Kayu pinus menjadi kegemaran karena alasan mudah dibentuk dan tergolong kayu lunak (softwood). Selain itu kayu jati belanda sendiri memiliki harga jual yang sangat murah, dengan uang 120 ribu rupiah saja Anda bisa mendapatkan 20 pallet kayu jati belanda. Untuk finishing kayu jati belanda sendiri Anda bisa memilih berbagai macam hasil finishing.

Berbagai macam hasil finishing kayu jati belanda tergantung warna yang Anda pilih. Apakah Anda akan memilih warna kayu natural seperti warna kayu jati, warna kayu mahoni, warna kayu sonokeling bahkan Anda juga bisa memberikan warna kayu jati belanda itu sendiri. Karena warna asli kayu jati belanda yang putih cerah atau kekuningan membuat kayu ini sangat cocok diberikan warna kayu natural. Walaupun memungkinkan juga jika Anda ingin memberikan warna solid pada kayu ini. Untuk jenis teknik finishing kayu jati belanda sendiri ada berbagai macam cara yang bisa digunakan. Tetapi pada umunmya ada dua jenis cara yang bisa Anda dapatkan dalam artikel ini.

Pelajari 2 Jenis Teknik Finishing Kayu Jati Belanda Yang Paling Umum Dan Mudah

Ada dua jenis teknik finishing kayu jati belanda yang bisa Anda pilih dan gunakan yaitu brush system dan juga spray system. Bagi Anda penhobi kayu, ibu rumah tangga bahkan untuk pabrik furniture sekalipun bisa memilih kedua jenis teknik ini dan memmilih yang paling sesuai. Berikut ini teknik paling mudah yang bisa Anda pelajari:

  1. Teknik Finishing Brush System

Dalam teknik finishing ini tidak banyak alat yang harus dipersiapkan. Anda harus menyiapkan alat-alat sebagai berikut: cat kayu Biovarnish, air bersih dengan PH ±7, kuas berukuran 3 inci dan 5 inci, pisau pallet, amplas alumunium oxide no. 240 dan 400, gelas plastik, kain lap bersih dan kering.

Cara aplikasi :

  • Persiapkan media kayu yang sudah diamplas untuk membuka pori-pori kayu. Pastikan juga media sudah bersih, kering dan juga bersih dari kotoran atau debu amplas.
  • Aplikasikan Biovarnish Wood Filler ke seluruh permukaan kayu dengan pisau pallet searah serat kayu. Tunggu dempul hingga kering sekitar 20-30 menit kemudian amplas dengan kertas amplas no. 240 hingga serat kayu terlihat dan permukaan kayu halus.
  • Campurkan Biovarnish Wood Stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga benar-benar homogen dalam gelas plastik. Kuaskan ke seluruh permukaan, untuk bidang luas dan datar dengan kuas berukuran 5 inci secara horizontal searah serat kayu. Untuk bagian siku atau bagian kecil yang sulit dijangkau gunakan kuas berukuran 3 inci secara vertikal. Aplikasikan hingga semua bidang tertutup dengan cat. Tunggu kering sekitar 60 menit tanbpa dijemur pada panas matahari, kemudian amplas dengan kertas amplas no. 400. Amplas secara ambang saja, jika warna belum sesuai dengan yang diinginkan, Anda bisa melakukan finishing kembali.
  • Aplikasikan Biovarnish Clear Coat yang sudah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Untuk cara aplikasinya tidak jauh berbeda dengan Biovarnish Wood Stain. Lalu tunggu kering sekitar satu malam dan media kayu siap untuk digunakan.
  1. Teknis Finshing Spray System

Dalam teknik finishing ini Anda bisa menyiapkan alat-alat : spray gun, amplas alumunium oxide ukuran 240 dan 400, pisau pallet, air bersih PH ±7, cat kayu Biovarnish, gelas plastik dan kain lap bersih dan kering.

Cara aplikasi:

  • Pertama siapkan media kayu yang sudah diamplas dan memiliki permukaan halus, bersih dan kering.
  • Gunakan dempul kayu dan oleskan menggunakan pisau pallet ke seluruh permukaan kayu. Tunggu kering sekitar 20-30 menit saja baru diamplas menggunakan kertas amplas no. 240. Amplas hingga serat kayu terlihat dan juga memiliki permukaan yang halus. Bersihkan debu amplas.
  • Campurkan Biovarnish Wood Stain dengan pilihan warna yang Anda inginkan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air hingga mendapatkan viskositas 9-11 detik. Masukan ke dalam spray gun dan mulai semprotkan ke seluruh permukaan media kayu. Lakukan secara vertikal kemudian secara horizontal agar cat benar-benar masuk ke dalam pori-pori kayu. Tunggu hingga kering sekitar 60 menit kemudian amplas ambang dengan kertas amplas no. 400. Jika warna kurang sesuai, Anda bisa mengaplikasikan wood stain kembali.
  • Campurkan Biovarnish Clear Coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air, aduk hingga rata dan aplikasikan menggunakan spray gun sama seperti aplikasi wood stain. Tunggu hingga permukaan kering sekitar satu malam.

Jenis Produk Finishing Akan Menentukan Hasil Tampilan

Furniture-jati-belanda

Dalam menjalankan kedua jenis teknik finishing kayu jati belanda ini Anda dapat memilih salah satu cara yang paling mudah. Jika Anda sudah memiliki kompresor dan spray gun sebaiknya Anda bisa langusng memilih finishing dengan spray system. Begitu sebaliknya jika Anda menginginkan finishing yang muyah dan alat sederhana Anda bisa memilih cara brush system. Kedua cara ini memiliki hasil yang tentu berbeda tergantung dengan bahan finishingnya. Tidak semua jenis bahan finishing kayu dapat diaplikasikan baik dengan kedua cara tersebut. Hal ini dikarenakan formula yang sudah diciptakan hanya bagus digunakan dengan salah satu cara sja. Lalu bagaiamana dengan jenis produk cat yang bagus dan bisa digunakan dengan kedua cara tersebut? Produk ini bermerk Biovarnish. Produk Biovarnish ini diciptakan khusus sehingga dapat diaplikasikan dengan kedua cara tersebut.

Pemilihan produk finishing dan pemilihan jenis teknik finishing kayu jati belanda memang sangat penting. Pentingnya adalah hasil yang diberikan yaitu penampilan akan jauh berbeda. Jika Anda menggunakan produk Biovarnish dan aplikasi brush system maka tidak akan ada brush mark yang tertinggal. Produk cat water based ini adalah produk unggulan yang harus Anda gunakaa modern ini. Mengapa? Karena tidak ada kandungan bahan kimia berbahaya seperti formalin, merkuri dan juga timbal. Bahkan kandungan VOC (Volatile Organic Compound) sangat rendah. Anda tertarik menggunakan produk Biovarnish? Segera dapatkan dengan membeli langsung di alamat Jalan Raya Kudus No 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah. Anda juga bisa memebli via online dengan menghubungi nomor 0822 1935 7399 atau 082219357640 bisa juga melalui BBM di D69F376B.

Artikel "Finishing Idea"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.