Memilih dan Menggunakan Cat Enamel untuk Pengecatan Furniture Indoor

Banyak sekali kayu yang digunakan sebagai bagian dalam rumah. Misalnya saja pintu, kusen jendela dan juga furniture. Masing-masing kayu tersebut membutuhkan perlindungan dari cat yang kuat dan tahan lama. Tidak sembarangan cat yang bisa Anda gunakan karena perlu memperhatikan sifat ketahanan dan kekuatannya.

Cat enamel adalah salah satu jenis cat pilihan yang paling bisa diandalkan. Bagi Anda yang tidak suka dengan hasil finishing pernis dan tidak ingin ribet aplikasinya maka cat enamel bisa menjadi pilihan. Tampilan yang dihasilkan dari cat enamel adalah warna solid, dimana cat akan menutup warna kayu dan seratnya.

Mengapa cat enamel banyak disarankan? Cat ini memiliki proses aplikasi mudah yaitu hanya dengan kuas, selain itu juga tidak membutuhkan banyak lapisan. Anda juga bisa mengaplikasikan cat enamel pada permukaan besi. Jadi tidak hanya kayu saja yang bisa diaplikasikan. Keuntungan ini tentu saja akan menghemat budget Anda ketika melakukan pengecatan indoor di rumah.

Pada artikel ini Anda akan mengenali bagaimana cara untuk memilih cat enamel yang tepat. Tidak semua produk enamel bisa sembarangan dipilih. Ada beberapa kriteria yang harus Anda ketahui sehingga mendapatkan produk cat yang berkualitas dari segala sisi.

Mengenal Jenis Cat Enamel yang Beredar di Pasaran

Tidak semua produk cat enamel sama, secara umum ada dua jenis cat enamel dibagi sesuai dengan bahan dasarnya. Pertama adalah cat enamel dengan bahan solvent. Cat jenis ini membutuhkan waktu kering selama 8 hingga 24 jam. Proses pengeringannya bekerja dari dalam keluar.

Bau yang dikeluarkan sangat menyengat sehingga ruang bekerja harus sangat diperhatikan ventilasi udaranya. Udara yang berbau menyengat tersebut membawa racun dan sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Jenis cat enamel yang kedua adalah menggunakan bahan dasar air. Cat yang menggunakan bahan dasar air ini membutuhkan waktu kering lebih cepat yaitu satu hingga dua jam saja. Proses pengeringannya cepat bahkan jika Anda menyentuhnya maka akan sangat sulit untuk mengetahui apakah cat sudah kering dengan benar.

Cat enamel berbasis air sangat mudah untuk dibersihkan dengan air. Cat juga memiliki warna lebih bervariasi hingga warna metalik. Cat sangat kuat dan keras sehingga akan membentuk permukaan yang dapat dibersihkan berkali-kali.

Pelajari Ciri Cat Enamel yang Berkualitas

Setelah mengenal ada dua jenis cat enamel yang beredar di pasaran, saatnya bagi Anda untuk memilih salah satunya yang tepat. Kualitas tetap menjadi acuan utama, jika melihat dari kualitasnya maka banyak aspek yang harus diperhatikan. Sebagian besar orang akan melakukan percobaan untuk mengetahui manakah jenis cat yang berkualitas.

Jika Anda melakukan percobaan maka ada beberapa faktor yang harus dipelajari untuk membandingkan kedua jenis di atas. Berikut ini beberapa faktor penting yang wajib diperhatikan.

  • Perubahan warna

Cat enamel solvent memiliki kecenderungan warna pada permukaanya. Apapun warna solid yang Anda pilih namun cat sangat mudah untuk berubah warna menjadi kekuningan. Perubahan warna ini diakibatkan oleh kandungan formalin yang tinggi.

Sedangkan cat enamel berbasis air lebih aman karena tidak ada perubahan warna yang terjadi. Anda bisa menikmati warna solid yang tetap menarik selama beberapa tahun lamanya. Hal ini disebabkan kandungan bahan dasarnya lebih banyak air.

  • Kecepatan kering

Apakah Anda sedang mencari cat yang keringnya lebih cepat? Jika iya maka sebaiknya pilihlah cat enamel water based. Waktu kering cat enamel ini hanya dalam satu hingga dua jam saja sehingga akan sangat menghemat waktu. Cat juga dapat kering dalam suhu normal tanpa harus dijemur terlebih dahulu.

Sedangkan cat solvent memiliki waktu kering sangat lama yaitu lebih dari 8 jam. Jika Anda akan melapisi ulang maka perlu waktu lebih lama lagi untuk menyelesaikan satu kali finishing. Selain itu juga cat bergantung pada panas matahari untuk sistem pengeringannya.

  • Tingkat gloss

Semua enamel paint memberikan hasil tampilan yang glossy hanya saja tidak semuanya maksimal. Cat solvent adalah cat minyak yang tentu akan menghasilkan tingkat gloss sangat tinggi. Anda bisa mendapatkan kilap sempurna tanpa harus kesulitan mengaplikasikannya.

Sedangkan cat enamel water based memberikan tingkat glossy lebih rendah. Walaupun sama-sama memberikan tingkat glossy namun hanya sebesar 80% tidak lebih. Namun tingkat gloss ini sudah cukup untuk menutup area yang rusak.

  • Masalah keamanan

Jangan pernah lupakan tentang masalah keamanan aplikasi. Cat enamel solvent cenderung mengandung banyak logam berat sebagai pembentuknya. Anda harus berhati-hati ketika proses aplikasinya agar tidak mempengaruhi kesehatan tubuh. Pastikan ruang mengecat bersih dan berventilasi, gunakan masker dan sarung tangan sebagai pencegah pencemaran.

Produk yang berbasis air lebih aman. Tidak perlu takut toxic karena kandungannya sangat dibatasi. Anda bahkan tidak akan mencium aroma menyengat dari cat water based. Artinya Anda cukup menggunakan masker untuk aplikasinya.

Produk Cat Enamel Water Based Terbaik

Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan produk cat yang aman dan ramah lingkungan maka water based adalah pilihannya. Melalui ciri di atas maka satu-satunya kelemahan yang didapatkan hanyalah tampilan gloss. Jika Anda tidak bermasalah maka sebaiknya pilihlah cat ini.

Produk-cat-kayu-besi-Orchid-kemasan-setengah-kilo

Produk yang dianjurkan untuk diaplikasikan adalah cat enamel Orchid. Produk ini sangat rendah voc dimana kandungannya dibatasi hingga 50 gram per liternya. Jumlah tersebut tidak akan berbahaya jika digunakan di dalam ruangan.

Mengapa Anda harus menggunakan cat kayu besi Orchid? Berikut ini keuntungan apa saja yang akan Anda langsung dapatkan.

  1. Proses aplikasi mudah hanya dengan kuas
  2. Proses kering cepat hanya 60 menit
  3. Daya tutup yang baik sehingga tidak memperlihatkan warna dan serat kayu
  4. Berbagai macam pilihan warna solid dan metalik
  5. Mampu bertahan lebih dari 5 tahun
  6. Dapat diaplikasikan untuk media kayu dan besi

Dari macam-macam keuntungan menggunakan cat kayu besi Orchid, maka siapa saja yang menggunakannya akan dimudahkan. Khususnya jika Anda adalah pemula menggunakan cat Orchid adalah pilihan yang sangat tepat.

Cara Aplikasi Cat Kayu Besi Orchid

Kemudahan aplikasi adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan. Oleh karena itu mempelajari bagaimana langkah aplikasinya di awal akan sangat membantu Anda. Ikuti beberapa langkah aplikasi mudahnya berikut ini:

  1. Amplas permukaan kayu atau besi hingga halus. Bersihkan bermukaan dari debu dengan kain.
  2. Campurkan cat kayu besi Orchid dengan air dalam wadah terpisah. Aduk hingga rata dan tidak ada endapan.
  3. Kuaskan cat searah di permukaan kayu, tunggu kering kemudian amplas ambang dengan amplas 400.
  4. Jika warna kurang sempurna aplikasikan kembali. Anda bisa membuat empat lapisan coating. Pada lapisan terakhir diamkan kayu selama semalaman.

Apabila Anda menghendaki tampilan kayu yang lebih matte atau tidak mengkilap, tambahkan top coat matte. Pastikan jenis produk yang digunakan sama-sama terbuat dari bahan dasar air.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH