Sudahkah Anda Memilih Mebel Kayu Jati Asli? Dapatkan dengan 7 Cara Ini

Anda yang ingin menggunakan mebel kayu jati asli, sudahkah mendapatkan furnitur yang benar-benar asli? Kini memang banyak furnitur yang terbuat dari kayu jati namun kualitas dari kayu jati bervariasi. Tidak semudah itu mendapatkan mebel kayu jati yang benar-benar asli. Bahkan Anda bisa saja tertipu dengan harga yang mahal padahal mebel tersebut belum tentu asli.

Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan berbagai tips untuk memilih mebel yang terbuat dari kayu jati asli. Setidaknya Anda bisa mendapatkan jenis mebel yang berkualitas dan sesuai dengan harga yang diberikan.

Memang agak sulit menentukan apakah mebel yang telah jadi menggunakan kayu jati asli atau bukan. Bahkan para profesional pun sering salah dalam menebak jenis kayu yang digunakan. Sebagai pemula dan termasuk orang awam Anda membutuhkan panduan yang jelas dan mudah untuk dipahami.

Berikut ini beberapa tips dalam memilih mebel kayu jati yang kuat dan sesuai dengan kebutuhan Anda:

  • Sumber Kayu

Furnitur kayu dapat dibuat dari beberapa pilihan seperti kayu lunak, kayu keras, atau kayu rekayasa atau buatan seeprti plywood. Kayu keras (solid) menawarkan kekuatan dan daya tahan yang sangat baik. Namun, harganya bisa sangat mahal. Pilihan kayu terbaik yang direkayasa adalah kayu lapis yang menawarkan kekuatan dan tampilan yang bagus serta selama menggunakan pelitur yang baik.

Jika Anda memilih kayu jati maka jenis kayu solid kebanyakan yang diproduksi. Sangat jarang mebel kayu jati dari kayu buatan. Karena tujuan utama kayu jati diolah menjadi mebel adalah untuk menampilkan karakteristik dari serat kayu jati yang dimiliki.

  • Karakteristik Kayu

Mengetahui sumber kayu akan membantu Anda mengidentifikasi apakah furnitur Anda memiliki karakteristik kayu. Setiap jenis akan berbeda. Anda perlu memeriksa apakah bulirnya terlihat benar. Pola yang lebih khas akan lebih berharga dan mahal. Kayu keras membuat pola terbaik dalam hal ini.

Kayu jati memiliki karakteristik khusus. Kayu jati yang asli akan memiliki umur lebih dari 80 tahun untuk masa tebangnya. Oleh karena itu akan timbul lingkaran tahun dari kayu yang akan terlihat jelas membuat serat kayu semakin menarik.

  • Konstruksi Furniture

Konstruksi mendefinisikan bagaimana tampilan furnitur Anda, berapa lama akan memenuhi kebutuhan Anda, dan bagaimana ia menangani seluruh fungsi dengan cara yang benar. Periksa ketiga bagian utama itu, dan pastikan bahwa itu bekerja dengan baik juga. Furnitur yang memiliki kualitas rendah atau buatan tangan akan berbeda seluruhnya.

Sudahkah Anda Memilih Mebel Kayu Jati Asli?

Periksa bagian siku mebel yang akan menunjukan bagaimana tingkat kerapian dan kekuatannya. Siku khususnya bagian sambungan kaki meja dan top table misalnya harus diperhatikan secara detil. Anda akan mendapatkan mebel yang tahan lama.

  • Finishing

Finishing pada furnitur kayu akan mencakup 3 hal. Anda harus memeriksa pengamplasannya. Kemudian, Anda juga akan melihat bagaimana pewarnaannya. Akhirnya, finishing juga akan menjadi bagian yang sangat penting. Anda akan mendapatkan permukaan yang halus, tetapi pori atau serat kayu masih terlihat. Itu harus sempurna juga.

Jika Anda memilih furnitur kayu jati asli maka finishing yang menarik adalah warna natural. Penggunan pernis atau plitur akan memberikan hasil yang maksimal belum lagi jika menggunakan cat water based yang aman dan juga ramah lingkungan.

  • Warna Kayu

Meskipun furnitur kayu akan difinishing, seharusnya terlihat seperti pohon asli pada warna aslinya yang asli. Jika yang Anda lihat tidak terlihat seperti itu, lupakan saja. Tidak hanya Anda membutuhkan pori-pori untuk terlihat, Anda juga akan ingin memiliki warna alami karena itu membuat karya nyata furnitur.

Sudahkah Anda Memilih Mebel Kayu Jati Asli?

Pewarnaan kayu dengan warna solid pada mebel kayu jati asli adalah sebuah hal yang salah. Warna solid akan menutup pori kayu yang mempersulit Anda menilai apakah penggunaan kayu jati asli atau tidak.

  • Desain

Desain sederhana tetapi yang dilakukan secara profesional dengan hasil yang sempurna dan halus akan menjaga keindahan alam kayu. Ini yang terbaik tapi harganya bisa mahal. Anda perlu desain yang berfungsi. Pastikan untuk desain ini Anda memilih sesuai kebutuhan dan gaya rumah.

Ukuran dari mebel seringkali menjadi pilihan yang sulit. Lakukan pengukuran dalam rumah Anda sebelum membeli mebel. Salah membeli ukuran yang terlalu besar akan mempersulit Anda menempatkannya.

  • Garansi

Periksa apakah Anda akan mendapatkan garansi untuk perabotan. Furnitur kayu jati umumnya kuat dan tahan lama, tetapi garansi adalah hak Anda sehingga Anda harus memintanya untuk perabotan Anda juga. Ini akan membantu Anda dalam pemeliharaan juga.

Kiat-kiat itu akan sangat membantu dalam memilih satu dengan harga terjangkau dan kualitas yang dapat diandalkan. Bersikaplah teliti dan jangan menoleransi kualitas yang kurang. Anda berhak mendapatkan yang terbaik.

Perawatan Mebel Kayu Jati Asli

Setelah Anda membeli mebel kayu jati asli, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan perawatan. Masalah perawatan seringkali terlupakan padahal untuk mebel kayu jati perawatan adalah hal yang terpenting.

Anda tidak bisa melewatkan masalah perawatan yang harus dilakukan secara rutin. Misalnya saja Anda menggunakan mebel kayu jati yang diletakan di luar ruangan maka cat saja tidak dapat melindungi furnitur dalam jangka waktu yang panjang.

Namun ketika perawatan dilakukan secara rutin maka Anda akan mendapatkan tampilan mebel yang mengkilap, perlindungan lapisan film yang kuat bahkan membuat jamur dan rayap tidak akan tumbuh. Perawatan ini cukup menggunakan bahan Beeswax dan diusapkan ke seluruh permukaan mebel kayu jati.

Langkah lengkap untuk proses aplikasinya adalah sebagai berikut ini:

  1. Siapkan mebel kayu jati Anda. Sebaiknya lakukan proses ini di tempat yang terang agar Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
  2. Setelah itu bersihkan mebel dengan menggunakan kain bersih yang kering. Untuk menghilangkan lapisan debu yang ada pada furnitur dan tidak mengganggu proses pemolesan.
  3. Siapkan kain bersih dan bahan Beeswax, Anda bisa memilih menggunakan Beeswax khusus furnitur atau produk Beeswax yang dapat digunakan untuk peralatan makan (food safe).
  4. Aplikasikan tipis bahan Beeswax dengan kain bersih dan kering. Poles sambil ditekan, Anda bisa mengusap secara memutar atau satu arah karena lapisan Beeswax akan menyerap melalui pori kayu.
  5. Setelah merata tunggu lapisan Beeswax mengering, setelah itu gosok kembali lapisan permukaan mebel kayu jati asli tersebut. Hasilnya Anda akan mendapatkan permukaan yang rata dan mengkilap.

Proses perawatan ini bisa Anda lakukan selama bebeapa kali dalam sebulan. Idealnya perawatan dilakukan selama 3 minggu sekali terlebih jika Anda meletakan furnitur di luar ruangan yang akan terkena panas matahari dan juga hujan.

Inilah perlindungan yang bisa Anda gunakan selain penggunaan bahan finishing atau hanya menggunakan lapisan pernis bahkan plitur saja. Nah apalagi yang Anda tunggu? Sebaiknya Anda menggunakan bahan Beeswax ini secara rutin setelah mendapatkan mebel kayu jati yang asli.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH