Tipe Cat Kayu yang Bagus untuk Finishing Kursi Santai Halaman Belakang

Kursi santai biasanya diletakkan di halaman belakang namun tetap pada tempat yang teduh. Namun tetap saja, furniture ini akan terkena paparan sinar matahari ataupun air hujan yang dapat menyebabkan kayu mudah keropos. Maka dari itu, diperlukan lapisan cat untuk melindungi dari masalah cuaca tersebut.

Dalam memilih cat kayu untuk kursi santai tersebut alangkah baiknya cat memang diformulasikan tahan air atau tahan cuaca. Agar kayu tersebut bertahan dengan baik dan warna tidak mudah luntur.

Tips Memilih Cat kayu yang Bagus sebelum Finishing

Kursi santai yang diletakkan di luar ruangan membutuhkan lapisan cat yang tepat. Salah menggunakan cat, justru akan membuat kayu tidak tahan lama. Belum lagi soal warna yang tidak sesuai dengan ekspektasi cukup mengganggu. Anda tak ingin bukan sudah mahal-mahal membeli cat dan menantikan prosesnya lama hasilnya mengecewakan? 

Oleh karena itu pemilihan produk cat yang tepat harus dipertimbangkan. Ada beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam menemukan cat kayu yang bagus untuk finishing kursi santai nantinya. Baik dalam hal warna dan juga kualitasnya akan memberikan perlindungan maksimal. 

• Bisa digunakan untuk furniture outdoor

Beberapa produk biasanya diciptakan dengan tujuan tertentu. Misalnya cat hanya bisa digunakan untuk furniture indoor saja. Ada juga cat yang hanya bisa digunakan untuk furniture outdoor saja. Dibandingkan cat indoor, cat kayu yang dipilih harus bisa digunakan untuk furniture outdoor. 

Karena kursi kayu akan diletakkan di halaman belakang yang notabene luar ruangan. Biasanya keterangan cat indoor atau outdoor terdapat pada bagian kemasannya. Anda bisa memilih yang tepat dengan mudah. 

• Memberikan warna glossy yang baik

Furniture outdoor yang baik membutuhkan perlindungan dari pernis yang menghasilkan tampilan gloss. Coating yang digunakan akan memberikan perlindungan maksimal jika cat memiliki tingkat glossy yang tinggi. Setidaknya tingkat kilapnya maksimal adalah 80 hingga 85 persen. 

Jika terlalu tinggi atau rendah, cat justru tidak bisa menyamarkan goresan yang muncul akibat penggunaan. Cat dengan hasil matte juga tidak cocok digunakan karena hasilnya yang bisa memperlihatkan kerusakan dengan jelas. 

• Lapisan lentur tapi tetap keras

Coating yang dihasilkan dari cat harus keras tetapi juga lentur. Hal ini disebabkan kayu selalu berubah ukurannya tanpa disadari sesuai dengan cuacanya. Karena kursi diletakkan di luar ruangan, maka perubahan ukuran yang terjadi cukup besar. Saat panas akan memuai dan dingin menyusut. 

Inilah yang harus disesuaikan dengan cat kayu, di mana coating keras namun fleksibel. Keras saja tidak cukup mengubah coating jadi lebih awet. Jika hanya keras saja, ketika kayu berubah bentuk maka cat pasti retak bahkan adapun yang mengelupas. 

• Warna natural yang awet

Keawetan warna tentu jadi tujuan Anda membeli produk cat. Harga mahal mungkin tidak akan jadi masalah, asalkan Anda bisa mendapatkan coating yang bisa memberikan warna lebih awet. Seringkali warna yang diberikan tidak bisa bertahan setelah digunakan beberapa bulan. 

Penyebabnya adalah tidak tahan dengan serangan sinar uv yang dibawa oleh matahari. Sinar uv adalah penyebab utama mengapa coating cepat pudar hingga mempengaruhi warna kayu aslinya. Setidaknya dalam kemasan memiliki keterangan warna yang awet selama lima tahun.  

• Jangan lupa juga yang aplikasinya mudah

Dalam hal proses aplikasi, pemilihan cat juga perlu diperhatikan. Ada beberapa kemudahan yang seharusnya disediakan. Mulai dari mudah untuk diaplikasikan dengan alat apapun. Mudah dalam proses pengeringan yang tidak tergantung dengan panas matahari. 

Cat juga sebaiknya mudah dalam proses pewarnaan. Jika warna yang dihasilkan bisa langsung tajam karena daya tutupnya yang sangat baik maka tidak akan menjadi masalah. Anda harus menentukan cat mana yang aplikasinya tidak menyulitkan dan cepat. 

Cat Kayu yang Bagus Untuk Kursi Santai

Cat-kayu-untuk-kursi-santai

Karena cat kayu banyak ditemui di pasaran, tentu Anda perlu memilih cat yang bagus untuk kebutuhan furniture eksterior seperti kursi santai. Beberapa tahun terakhir, telah berkembang cat berpelarut air di Indonesa. Cat ini mulai dikembangkan karena banyak masyarakat yang mulai menyadari akan dampak buruk terhadap cat kayu berbahan solvent.

Cat kayu solvent memang sudah tidak disarankan untuk finishing furniture terutama daerah Amerika atau Eropa penggunaan cat tersebut telah dihentikan. Alternatif pengganti cat tersebut yaitu cat water based yang jauh lebih aman dan ramah lingkungan. Tentu aplikasinya lebih memudahkan Anda karena tidak perlu menggunakan bahan pelarut solvent seperti thinner atau sejenisnya. Cat kayu berbahan water based yang bagus untuk digunakan finishing furniture adalah Biovarnish.

Aplikasi cat ini sangat mudah dilakukan, baiklah untuk mempermudah finishing berikut langkah-langkah aplikasi Biovarnish:

  1. Pastikan media kering dan bersih. Untuk membersihkan media gunakan ampelas
  2. Gunakan Biovarnish Wood Filler untuk menutup pori-pori kayu dengan pisau palet.
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain yang sudah dicampur air (2:1) menggunakan kuas yang dilapisi kain. Tunggu hingga kering kemudian ampelas
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear untuk mengsilkan tampilan lebih cemerlang

Cat Kayu Biovarnish Yang Aman dan Ramah Lingkungan

Biovarnish

Cat kayu Biovarnish sangat disarankan karena jauh lebih aman, sebab bahan yang digunakan pada cat tersebut telah sesuai dengan standarisasi keamanan internasional seperti regulasi US EPA dan ECHA.

Cat ini cocok digunakan pada media kayu, plywood, MDF, bambu, rotan dan serat alam lainnya. Cat water based sangat disarankan oleh regulasi internasional sebab tidak mengandung bahan kimia berbahaya serta rendah VOC sehingga tidak akan membahayakan pekerja atau pun mencemari lingkungan.

Biovarnish selain mudah diaplikasikan, bebas voc dan cocok untuk kursi santai di halaman belakang, proses pembeliannya juga sangat mudah. Anda bisa membelinya langsung melalui beberapa link berikut ini. 

  1. https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish
  2. https://shopee.co.id/biovarnish.official
  3. https://www.tokopedia.com/biovarnishseries

Informasi dan pemesanan, juga bisa dilakukan dengan menghubungi kontak berikut via phone maupun WhatsApp ke no. 0879 3934 6433 atau 0822 2026 5056.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH