Mudahnya Finishing Kayu Pinus Dengan Cat Kayu Kuas

Cara aplikasi dengan kuas untuk finishing kayu pinus dan juga pemilihan warna tepat akan membuat furniture tampak lebih menarik.

Finishing Kayu Pinus

Kayu pinus, adalah jenis kayu yang paling sering digunakan di Indonesia karena jenis kayu pinus paling banyak ditemukan. Kayu pinus adalah jenis kayu yang paling mudah tumbuh di mana saja. Kekuatan dari kayu pinus hanya pada furniture indoor saja karena jenis kayunya adalah softwood yang tidak mampu bertahan dari perubahan cuaca khususnya hujan. Walapun begitu dari jenis softwood tersebut membuat kayu pinus mudah untuk dibentuk. Bahkan sudah banyak berbagai macam desain furnture yang terbuat dari kayu pinus. Untuk menutup kelemahan dari kayu pinus tersebut maka dibutuhkan proses finishing yang tepat dan penggunaan cat kayu yang sesuai.

Cat yang sesuai dari segi perlindungan dan juga dari segi penampilan finishing kayu pinus itu sendiri adalah jenis cat kayu kuas. Mengapa? Cat kayu kuas adalah pilihan termudah bagi Anda yang akan melakukan finisihng sendiri di rumah. Dan tidak teruntuk finishing jumlah banyak hanya untuk jenis furniture tertentu saja. Jika menggunakan kuas, bagian sulit seperti siku atau cekungan pada furniture dapat dengan mudah dijangkau sehingga pengecatan akan merata dan menyeluruh ke seluruh permukaan kayu pinus.

Pilihan Warna Untuk Finishing Kayu Pinus

Keunggulan lain dari kayu pinus adalah dari segi warna. Kayu pinus memiliki warna kayu putih. Warna kayu yang putih ini sangat menguntungkan karena dengan mudah diberikan jenis warna berbeda seperti warna walnut brown, warna mahoni, warna yellow teak atau warna asli kayu pinus sendiri. Finishing kayu pinus berdasarkan jenis warnanya ini harus menggunakan jenis cat kayu yang tepat.  Selain warna natural terdapat jenis warna kayu lain seperti warna solid yang akan menutup warna asli pinus. Pemberian warna solid ini sendiri dikarenakan banyaknya mata kayu pada kayu pinus yang untuk sebagian orang kurang menyukainya.

Berikut ini hasil warna yang bisa diaplikasikan pada furniture berkayu pinus yang bisa menjadi inspirasi Anda.

  1. Warna kayu pinus natural. Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya bahwa warna natural kayu pinus juga cocok. Jika Anda memberikan warna natural kesan hangat di dalam ruangan akan terasa. Warna natural akan membuat serat kayu pinus yang halus akan terlihat dengan baik. Warna natural transparan akan memperlihatkan keindahan dari mata kayu serta alur minyak pada kayu pinus bagi Anda yang menyukainya.
  2. Warna patina. Warna patina ini akan membuat kayu pinus terlihat sebagian kayu lama. Terlebih dengan efek glaze yaitu keabu-abuan pada serat kayu pinus yang menonjolkan dan menambahkan kesan kayu lama.
  3. Solid Opaque Colors, jenis warna ini akan menutup secara keseluruhan warna kayu pinus. Mata kayu pinus akan hilang karena ditutup warna-warna seperti hitam, putih, abu-abu, hijau, atau warna solid lainnya.
Finishing Kayu Pinus

Ketiga jenis warna terbsut bisa menjadi inspirasi Anda menentukan finishing kayu pinus apa yang terbaik. Diharapkan Anda juga bisa memilih jenis cat kayu tepat untuk mewujudkan finishing yang sesuai dengan yang diinginkan.

Artikel "Finishing Idea"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.