Lantai kayu keras yang telah difinishing dengan polyurethane berbasis air menambah kedalaman dan kehangatan ke rumah Anda. Namun, itu bisa membosankan selama bertahun-tahun digunakan, dan satu-satunya cara untuk menghidupkan kembali kayu adalah dengan memproduksinya. Tugas ini melibatkan membuang penumpukan lilin di permukaan bersama dengan finishing. Dengan bahan yang tepat, Anda harus dapat menyelesaikan tugas.

Langkah 1 – Ketahui Jenis Finsihing

Anda harus mengetahui jenis finishing yang tepat di lantai kayu Anda sebelum Anda melanjutkan tugas. Menerapkan beberapa tetes pelarut di area tersembunyi lantai Anda. Jika laquer, pelarut akan melarutkannya. Sebuah pernis lebih tipis, di sisi lain, akan melarutkan hasil akhir berbasis air dan pernis. Anda dapat mengkonfirmasi apakah itu pernis atau berbasis air dengan penggunaan toluene.

Langkah 2 – Hapus Lilin

Hapus lilin yang terakumulasi di permukaan dengan membersihkan lantai Anda dengan roh mineral. Taruh roh-roh itu di atas bantalan pembersih putih yang lembut dan lap di atas kayu. Biarkan basah. Bersihkan lantai sesudahnya dengan lap untuk mengeluarkan lilin.

Langkah 3 – Terapkan Stripper Polyurethane

Memperbaiki Furnitur Dengan Cat Kayu Water Based Polyurethane

Aplikasikan stripper dengan handuk dan pasir dengan amplas 80-grit. Bersiaplah dengan persediaan amplas yang besar, karena stripper akan menyebabkan hasil akhir menempel pada bubur jagung.

Memperbaiki Goresan Kayu Pada Lapisan Pernis

Jika Anda telah menggores pernis kayu di rumah Anda, Anda akan ingin memastikan bahwa Anda memperbaikinya dengan cepat karena terlihat. Berikut adalah beberapa langkah yang akan membantu Anda melalui proses tanpa rasa sakit.

Langkah 1 – Memperbaiki Goresan kecil

Jika goresan lebih memilih warna daripada kayu dihapus, maka ada beberapa opsi untuk Anda. Pilihan pertama adalah menemukan dan menguji pena atau spidol dengan warna yang sama dengan kayu dan Anda dapat menggunakannya untuk mewarnai goresan dan kemudian menggunakan kuas cat untuk memasang vernis di atasnya. Jika Anda mencoba metode ini, Anda akan ingin menguji penanda di tempat yang tidak terbuka untuk dilihat semua orang. Cobalah sudut atau tempat tersembunyi. Minyak almond juga dapat digunakan untuk memperbaiki goresan kecil atau ringan. Yang perlu Anda lakukan adalah mengambil tongkat minyak almond dan gosokkan pada kayu sampai mengisi dan kemudian setelah Anda dapat melapisi dengan pernis untuk menutupinya.

Langkah 2 – Memperbaiki Cacat Besar

Sebuah pengisi kayu dapat digunakan untuk penyok yang lebih besar. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghapus apa saja dengan stripper kayu dan bola kapas atau beberapa. Kemudian ambillah kain lap atau waslap yang bersih dan lembab dan letakkan di atas lekuk dan gunakan setrika untuk memanaskan area dengan mengeringkan kain pencuci. Kemudian gunakan filler kayu di tempat ini dan ulangi proses penyetrikaan. Setelah finishing, Anda bisa mengeluarkan kertas pasir dan kemudian menggunakan noda dan pernis untuk menyelesaikannya.

Langkah 3 – Memperbaiki Goresan dalam

Goresan yang lebih besar akan membutuhkan lebih banyak usaha daripada hanya goresan atau lekukan ringan. Dalam mangkuk, campurkan setetes lak tipis dengan alkohol yang didenaturasi dan gunakan kuas cat untuk mengecat ke dalam goresan dan area di sekitarnya sehingga semuanya menyatu. Setelah area benar-benar kering dan halus, Anda dapat mengaplikasikan satu atau dua lapisan minyak lemon. Jika metode ini tidak membantu untuk pertama kalinya, Anda dapat menggunakan campuran yang sama tetapi kemudian daripada menggunakan kuas, Anda dapat menggunakan tepi pisau untuk menggali ke dalam goresan dan kemudian membiarkan kering dan halus dan kemudian lapisan pada minyak lemon sesudahnya.

Memperbaiki Furnitur Dengan Cat Kayu Water Based Polyurethane

Jika metode ini tampaknya terlalu panjang dan Anda mencari perbaikan lebih cepat, Anda dapat mencoba tongkat perbaikan furnitur. Ini akan sering berhasil tetapi tidak dapat bertahan selama metode di atas. Setelah masing-masing metode meskipun Anda akan ingin noda kayu lagi dan kemudian kembali pernis.

Memperbaiki Lapisan Kayu Berlekuk

Seiring waktu, ada berbagai hal yang bisa merusak perabotan kayu. Beberapa kekurangan yang lebih sulit untuk diperbaiki adalah penyok. Penyok dapat terjadi ketika ada sesuatu yang jatuh di permukaan, atau bahkan sesuatu yang sangat berat duduk di sebatang kayu lunak dari waktu ke waktu. Penyok yang sangat kecil atau dangkal mengambil pendekatan yang berbeda untuk memperbaiki dibandingkan dengan goresan atau retakan. Kayu lunak, seperti pinus, sangat mudah ditekuk dan tidak banyak merusak. Kayu keras, seperti oak atau ceri, jauh lebih keras, tetapi jika penyok dapat membutuhkan lebih banyak pekerjaan untuk diperbaiki. Tanpa menghiraukan jenis kayu, dengan sedikit perhatian dan perawatan, penyok dapat diperbaiki ke titik di mana seseorang akan sulit sekali menemukan daerah yang penyok.

Langkah 1 – Cacat Berukuran Kecil dan Menengah

Penyok kecil sering dapat dikoreksi hanya dengan beberapa tetes air. Bersihkan lak atau pernis dengan wol baja. Teteskan dua atau tiga tetes air ke lekuk, dan biarkan selama satu atau dua hari. Air akan menyerap ke dalam kayu, meningkatkan area yang tertekan. Jika air tidak menembus kayu, coba dorong pin lurus langsung ke bawah ke kayu. Anda mungkin perlu mengetuk ujungnya dengan palu kecil beberapa kali jika kayu keras. Anda ingin pin itu sekitar seperempat inci ke dalam kayu. Buat beberapa lubang kecil di sekitar penyok dan berhati-hatilah agar tidak menggoyangkan jarum dan membuatnya lebih besar dari pin. Ini akan memungkinkan air menembus kayu dan memperluas serat. Tambahkan lagi sedikit air ke area tersebut dan biarkan selama satu atau dua hari.

Langkah 2 – Memperbaiki Cacat Besar

Memperbaiki Furnitur Dengan Cat Kayu Water Based Polyurethane

Untuk cacat-cacat besar, cobalah membasahi kain dan peras airnya agar tidak basah kuyup. Lipat kain sehingga ukuran dan bentuknya sama dengan lekuk, dan letakkan kain di atas lekukan. Tekan kain ke kayu menggunakan setrika pada pengaturan sedang. Berhati-hatilah untuk tidak membiarkan setrika menyentuh kayu secara langsung. Panas dan air akan kembali membuat kayu mengembang, mengisi lekukan. Untuk salah satu metode yang dijelaskan di atas, mungkin diperlukan beberapa upaya sebelum penyok sepenuhnya diangkat ke tingkat sisa permukaan kayu.

Langkah 3 – Menghaluskan

Setelah lekukan di kayu telah dinaikkan ke tempat Anda memiliki permukaan yang sama, Anda harus memperbaiki bagian akhir dari area di mana lekukan itu. Gunakan wol baja untuk mengeluarkan hasil akhir di sekitar bekas lekuk. Dengan kuas, aplikasikan pewarna atau pernis agar sesuai dengan bagian kayu yang lain, gunakan untuk menyatu dengan bagian lain dari area tersebut. Biarkan mengering sesuai dengan arah serat. Jika Anda sudah kering Anda bisa mengamplas pada seluruh permukaan hingga berubah menjadi halus. Langkah terakhir adalah dengan mengaplikasikan top coat atau clear coat sesuai dengan hasil yang Anda inginkan baik itu gloss, doft atau matte.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here