Cara Finishing Pintu yang Murah dan Cepat dengan Warna yang Tepat

Mungkin cara paling murah namun paling berpengaruh untuk memperbarui tampilan pintu depan eksterior adalah mengecat pintu depan. Pemilihan warnapada pintu depan dan tengah, tentu saja merupakan salah satu aspek paling visual dari ruang masuk depan Anda.

Itulah mengapa memilih warna pintu depan yang sempurna dan mengecatnya dengan benar adalah hal yang sangat penting jika Anda ingin memancarkan kesan pertama sebaik mungkin. Ini proses yang sederhana dan lugas. (Pastikan bahwa Anda siap untuk membiarkan pintu Anda terbuka sepanjang hari.) Bosan dengan warna pintu lama Anda? Mari kita ubah dengan cara ini.

baca juga : spray gun murah untuk finishing pintu kayu

Bagaimana Memilih Warna Untuk Pintu Depan

Lihatlah warna-warna di rumah Anda. Anda akan ingin memilih sesuatu yang sesuai dengan bagian rumah lainnya. Misalnya sebuah rumah dengan dinding batu cokelat-cokelat. Ini bukan di antara warna favorit pemilik rumah, tetapi mereka harus dipertimbangkan sebelum memilih warna pintu.

Pintu depan Anda dapat memberi pengaruh besar pada keindahan dan daya tarik rumah Anda. Berikut beberapa wawasan tentang bagaimana memilih warna terbaik untuk pintu depan. Pikirkan tentang pintu depan favorit Anda. Mungkin yang berwarna kuning cerah di rumah teman membuat Anda merasa sangat disambut di rumah bergaya cottage.

Atau, pintu depan merah terang di rumah tetangga meminjamkan detail tren ke depan ke rumah yang diperbarui. Apapun masalahnya, warna pintu depan yang dipilih dengan baik membuat dampak langsung, melengkapi gaya rumah dan meningkatkan daya tarik dari depan. Jika sudah waktunya Anda melihat mengecat ulang pintu masuk Anda, maka pahami empat tips memilih warna untuk pengecatan ulang pintu masuk rumah Anda.

  • Memahami Sedikit Dasar-Dasar Warna

Warna tidak sesederhana memilih warna favorit atau warna yang lebih terang. Ada logika dan sedikit ilmu untuk memilih warna. Tetapi jika pemilihan warna membingungkan Anda, tempat yang baik untuk memulai ketika memilih warna terbaik untuk pintu depan Anda adalah roda warna.

Roda warna adalah cara yang bagus bagi Anda untuk dengan mudah mencampur berbagai warna yang terjadi bersama-sama. Skema warna umum berdasarkan roda warna termasuk monokromatik (beberapa nuansa warna tunggal); analog (warna yang ditemukan berdampingan pada roda warna); kontras (tiga warna berjarak terpisah secara merata pada roda warna); dan pelengkap (dua warna yang saling berhadapan di roda warna).

  • Gabungkan Warna dengan Gaya Rumah

Meskipun ada “aturan” tertentu dalam hal mencampur dan mencocokkan warna, ada juga isyarat yang berasal dari gaya rumah Anda dan warnanya. Misalnya, warna pastel mungkin terlihat tidak pada tempatnya dengan hiasan di rumah bergaya Tudor Inggris. Bergantung pada palet catnya, pintu depan hitam yang mengkilap mungkin tidak berfungsi saat dipasangkan dengan rumah bergaya Victoria yang berusia berabad-abad, sementara desain yang dipengaruhi Mediterania mungkin terasa sempurna selaras dengan pintu berwarna biru kehijauan.

Cara Finishing Pintu Yang Murah Dan Cepat

Penggabungan warna dan gaya rumah adalah untuk mendapatkan warna selaras. Rumah Anda juga merupakan panduan yang baik untuk apa yang berhasil dan apa yang tidak ketika memilih warna pintu depan. Mempertimbangkan bahan-bahan, warna yang melekat pada bahan-bahan, gaya, dan lanskap sekitarnya, di antara faktor-faktor lainnya. Maka jangan sampai Anda salah memilih warna dan membuat gaya rumah Anda mati.

  • Menggunakan Dampak Warna

Akhirnya, ketika memilih warna terbaik untuk pintu depan selalu ingat bahwa pintu depan Anda dapat menjadi alat yang dapat Anda gunakan untuk keuntungan Anda. Pengunjung menggunakannya untuk mencari jalan. Warna dapat membantu nada aksen di eksterior atau memberikan sentuhan akhir pada desain. Dampaknya mungkin halus atau mungkin lebih langsung yaitu efek formal atau semu.

Warna juga bisa membangkitkan emosi. Rona yang lebih cerah dapat menawarkan energi ke pintu depan, sementara yang lebih tenang memainkan nuansa tradisional. Warna yang lebih gelap lebih muram, yang lebih ringan cenderung lucu.

Memulai  Pekerjaan Mengecat Pintu

Kini setelah Anda mendapatkan warna yang tepat pada pintu rumah Anda saatnya melangsungkan pekerjaan mengecat. Anda harus bisa melakukannya jika tidak ingin mengeluarkan uang lebih dengan membayar tukang cat.

Anda bisa memulai proses mengecat dengan mengamplas. Ambil sedikit amplas 220 grit dan mulailah mengampelas permukaan pintu Anda. Mulailah dengan mengampelas lembut alurnya, jika pintu Anda memilikinya. Tips: Anda ingin menyingkirkan ketidaksempurnaan utama, tetapi Anda tidak perlu menghabiskan waktu dalam tahapan pengamplasan.

Saat melakukan pengamplasan ringan dan cepat, penting untuk diingat bahwa Anda tidak perlu menunggu untuk mendapatkan warna seragam dalam pengamplasan. Beberapa bagian pasti membutuhkan sedikit pengamplasan; yang lain, jauh lebih sedikit.

Jika Anda menemukan area yang tampaknya membutuhkan lebih banyak pengamplasan, maka cek dengan permukaan tangan Anda. Berhenti mengampelas setiap beberapa detik dan jalankan jari Anda di atas area tersebut. Jika terasa halus, tidak peduli apa pun bentuknya, Anda dapat melanjutkannya kembali.

Saat pengamplasan sudah selesai dan debu amplas sudah Anda bersihkan dengan potongan kain basah maka tunggu pintu benar-benar mengering. Tips: Sebaiknya cukup lepaskan semua perangkat keras sebelum melukis. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pengecatan yang merata, dan Anda tidak menjalankan risiko cat yang menetes di kenop pintu atau lubang kunci Anda.

Cara Finishing Pintu Yang Murah Dan Cepat

Jika Anda mendapatkan kesulitan untuk melepaskan kenop dan lubang kuci, cukup menutupnya dengan lakban kertas yang kuat. Pastikan semua bagian tertutup dan Anda mendapatkan semua perangkat yang tidak ingin dicat tertutup dengan rapi.

Siapkan cat eksterior Anda. Karena Anda akan melakukan pengecatan warna solid pada kayu natural Anda. Maka gunakan primer coat sebelum lapisan cat solid. Gunakan primer coat terlebih dahulu untuk menutup warna kayu asli dan serat asli.

Anda bisa mengaplikasikan primer coat hingga dua kali dan mendapatkan warna tertutup dengan baik baru Anda mengaplikasikan cat solid. Cara ini untuk menutup dan juga untuk  mendapatkan hasil warna yang tajam.

Ada metode untuk mengecat pintu yang membuatnya terlihat bagus di bagian akhir, berikut ini beberapa cara mudahnya. Mulailah dengan mengecat perimeter siku dari panel atas (salah satu dari enam panel persegi di pintu) dengan kuas. Lapisan pertama ini haruslah ringan jangan khawatir jika beberapa warna cat lama ditampilkan di beberapa bagian. Anda akan mendapatkannya cukup cepat dengan mantel kedua / ketiga.

Warnai seluruh panel, lalu pindah ke panel sebaliknya masih dengan kuas. Berhenti di sana sebentar. Pastikan, saat Anda melukis ini, ujung-ujung sapuan kuas cat baru akan segera dihilangkan. Jika Anda meninggalkannya, bahkan selama 30 detik, mereka dapat mengering, yang membuat hasil akhir menjadi sangat tidak halus. Selanjutnya, untuk lapisan pertama, Anda dapat menggunakan rol busa berkepadatan tinggi dan melukis bagian datar di sekitar dua panel yang baru saja Anda detail. Sekali lagi, perhatikan tepi gesekan cat baru Anda; jika bahkan ada sedikit kelebihan cat yang tersisa.

Jika semua bagian telah rata Anda cukup menunggu cat mengering dan Anda melepaskan lakban kertas yang menempel pada kenop dan kunci pintu.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH