7 Rahasia Cara Mengecat Ruangan Tanpa Kotor dan Tips Membersihkannya

Ruangan yang dicat seringkali kotor sehingga Anda harus meluangkan lebih banyak waktu untuk mendapatkan ruangan yang bersih kembali. Namun siapa sangka mengecat ruangan tanpa kotor tentu hal yang sangat sulit.

Cat yang mudah mencari akan menetes dari dinding ruangan atau dari furnitur. Anda akan mendapatan permukaan kayu furnitur di rumah atau di kamar Anda mengotori lantai karena Anda salah mengaplikasikan cat.

Menghindari berbagai masalah tersebut maka Anda harus mempelajari bagaimana caranya agar mendapatkan permukaan kayu atau dinding yang baru di cat menimbulkan hasil yang diinginkan namun tetap tidak mengotori ruangan.

  • Pindahkan Aksesori untuk Akses Mudah Dalam Mengecat
Cara Mengecat Ruangan Tanpa Kotor

Kondisi kerja yang sempit menyebabkan kecelakaan kerja yang berantakan. Pindahkan furnitur atau susun kembali. Tutupi meja ruang makan dengan kardus atau koran dan atur kursi di atasnya jika Anda akan mengecat dnding. Tetapi pastikan tumpukan tidak menjadi penghalang.

Dalam beberapa kasus, dua tumpukan kecil dalam ruang untuk tangga di antara mereka lebih baik daripada satu jika Anda ingin mengecat benda yang tinggi. Pertahankan ruang kerja yang memiliki jarak minimal 3 kaki antara tumpukan dan dinding. Tutup tumpukan furnitur Anda dengan plastik. Walaupun Anda sdauh berhati-hati dalam mengecat beberapa tetesan dan percikan akan tetap terjadi.

Gunakan lakban yang akan menjaga plastik tetap di tempatnya dan menahan tumpukan bersama-sama jika Anda mengenainya dengan cat.

  • Tutupi Karpet Dengan Kain Kanvas

Kain kanvas benar-benar penutup terbaik untuk karpet. Mereka mudah menyebar, dan tidak seperti plastik, mereka tetap meresap cat ke dalammnya. Kain tidak akan menyebabkan Anda tergelincir di atas karpet. Bungkuskan kain sedikit di sepanjang dinding dan mereka akan tetap di tempat yang Anda inginkan.

Cara Mengecat Ruangan Tanpa Kotor

Tetes dan percikan normal tidak akan meresap terlalu dalam melalui kain kanvas, tetapi tumpahan besar akan terjadi. Ambil kain-kain pelepas dan ambil tumpahan dengan pisau atau pengukur dempul yang lebar.

Kain kanvas ini tidak murah, tetapi Anda tidak harus menutupi seluruh lantai. Anda bisa menutup pada sebagian saja. Terlelbih lagi jika Anda akan mereprasi furnitur besar di dalam ruangan dan tidak mungkin mengeluarkannya.

Pastikan Anda sudah memberikan kain kanvas di area terdekat dari furnitur yang akan Anda cat.

  • Lindungi Lantai Keras Dengan Kertas Konstruksi

Baik kanvas dan kain pelapis plastik licin ketika diletakkan di atas kayu, vinil dan ubin. Untuk perlindungan yang terbaik pada permukaan yang keras seperti laintai, Anda tidak bisa mengalahkan kertas konstruksi. Lembaran kertas dapat direkatkan perimeter ke lantai. Pastikan untuk membersihkan lantai kayu secara menyeluruh sebelum meletakkan kertas. Debu amplas yang terperangkap di bawahnya dapat menyebabkan goresan. Satu lapisan akan melindungi terhadap tetesan cat, tetapi bersihkan semua tumpahan sebelum cat dapat meresap ke dalam kertas.

  • Menutup Saklar Lampu

Bagian ini sangat penting jika Anda akan mengecat dinding yaitu menutup saklar lampu. Tentu Anda akan kesulitan jika saklar lampu unik di rumah Anda terkena cat pada saat Anda mengecat ulang dinding ruangan.

Namun jangan khawatir Anda bisa membuka tutup saklar hanya dengan obeng kemudian menutup saklar dengan kertas isolasi. Membuka saklart lampu bukanlah hal yang sulit kecuali Anda menginginkan cat masuk ke dalam saklar dan merusak listrik di rumah Anda.

  • Gunakan isolasi untuk menutup kusen jendela dan pintu

Kusen jendela dan pintu akan memiliki warna cat yang berbeda. Akan begitu sulit dan memakan waktu jika Anda tidak menggunakan isolasi kertas untuk menutup bagian kusen jendela dan pintu tersebut.

Cara Mengecat Ruangan Tanpa Kotor

Cat akan mengenai bagian pinggi kusen. Padahal jika Anda akan mengecat dinding dengan roler akan sangat sulit memastikan hal tersebut tidak terjadi. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal tanpa harus menggunakan kuas dan memastikan pinggir dari kusen tidak terciprat oleh cat maka lapisi seluruh kusen dengan isolasi kertas.

Pastikan isolasi kertas tidak meninggalkan gelembung yang membuat cat mudah meresap. Anda bisa melepas seluruh isolasi kertas setelah cat mengering.

  • Menutupi Kabel dan Menyelipkannya

Sedikit cat di tempat yang salah dapat melumpuhkan koneksi yang melayani telepon, TV, atau komputer Anda. Untuk melindungi jack telepon tanpa memutus semua kabelmaka buka tutup pelat penutup dan tutup bagian depan dengan selotip. Kemudian tutupi terminal di bagian belakang. Selipkan pelat ke dalam kotak kemudian lepaskan kabel koaksial dari pelat dan rekatkan konektor kabel.

  • Tutupi Lampu gantung

Lampu gantung adalah bagian tersulit ketika Anda akan mengecat langit-langit rumah. Anda tidak akan menemukan masalah jika menggunakan penutup khusus yang bisa Anda temui di toko bahan banguan terdekat di rumah Anda. Namun harganya pun tidak akan murah.

Sangat sulit jika Anda memiliki lampu gantung berbentuk chandelier berukuran besar dari kristal dan tidak mungkin untuk menurunkannya. Maka ada alternatif yang sangat mudah dan bisa Anda lakukan sendiri bahkan alatnya pun bisa Anda temukan yaitu dengan kertas koran yang akan membungkus kemudian Anda bisa menggunakan isolasi kertas yang mudah untuk dilepas.

Tidak seerti lantai, kertas koran tidak akan mebuat terpeleset Anda juga bisa menggunakannya pada jenis lampu gantu atau lampu dinding yang lainnya.

Membersihkan Karpet Jika Terkena Tumpahan Cat

Menumpahkan cat di atas karpet akan menjadi hal yang sangat serius namun Anda tidak perlu panik karena dapat mengatasinya dengan mudah. Kunci untuk menghilangkan noda cat yang tertumpah pada karpet adalah adanya kecepatan dan juga air.

Cat akrilik cepat kering dalam hitungan detik. Jangan langsung panik namun Anda bisa mengambil air dengan cepat atau persiapkan ember berisi air sebelumnya gar Anda mudah menjangkaunya. Segera ambil tumpahan cat dengan pisau dempul lebar dan jangan menyeka tumpahan Anda hanya akan memaksa cat lebih dalam ke karpet.

Kemudian mulailah untuk menghilangkan cat dengan lap basah. Biarkan cat tetap basah. Lanjutkan untuk menghapusnya kemudian isi kembali ember dengan air bersih dan hapus beberapa lagi sampai cat tidak lagi terlihat. Setelah selesai gunakan kipas untuk mengeringkan karpet yang basah.

Cara Mengecat Ruangan Tanpa Kotor

Untuk tetesan kecil atau cipratan, gunakan cara yang berlawanan. Biarkan saja catnya kering. Tetesan kecil cat akan duduk di permukaan karpet. Berhati-hatilah untuk tidak menginjak cat yang mengering. Setelah mengering Anda bisa mengambilnya. Gunakan tisu pembersih wajah, cara lain untuk menghilangkan tetesan cat adalah dengan tisu pembersih wajah. Kandungan alkohol di dalamnya akan mepermudah cat lateks yang telah mengering untuk lebih mudah diambil.

Jadi ketika Anda mendapati tetesan cat pada karopet mahal di rumah Anda jangan khawatir karena cat dinding pada umumnya sangat mduah dihilangkan baik dalam keadaan basah atau kering. Jika masih tampak sisa noda setelah Anda mengecat Anda bisa mencuci semua bagian karpet.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH