Cara Membuat Lantai Kayu Tahan Air, Rahasianya Ada di Bahan Finishing

Tidak ada yang membuat rumah Anda terlihat rapi dan nyaman seperti lantai kayu. Saat ini, kayu sepopuler dulu sebelum menggila karpet; warna yang bersahaja dan tampilan hangatnya memberi kesan hangat. Namun, merawat debu dan kerusakan tidak cukup untuk membuat lantai kayu bertahan lama. Dibutuhkan perawatan dan perawatan yang tepat, dan waterproofing adalah bagian penting dari rumus ajaib. Pikirkan berapa kali Anda atau anak-anak Anda secara tidak sengaja menumpahkan air atau susu atau melacak lumpur dari luar. Tanpa perlindungan, kayu akan merendamnya dan, setelah beberapa waktu, mendapatkan bintik-bintik hitam yang merusak daya tariknya. Sekali waktu, orang-orang menggunakan minyak yang berbeda, produk berbasis minyak, dan lilin untuk menjaga lantai kayu mereka dalam kondisi yang baik, tetapi sekarang, ada lebih tahan lama, poliuretan kuat atau resin yang akan membuat waterproofing yang jauh lebih mudah dengan instruksi yang tepat.

Langkah 1 – Persiapkan dan Beli Sealer

Menyiapkan lantai untuk waterproofing adalah langkah pertama yang sangat penting. Mulailah dengan menyapu dan menyedot debu di permukaan untuk memastikan bebas dari debu dan kotoran. Kemudian, periksa noda lama dan noda yang rusak, dan angkat atau perbaiki. Jangan lupa untuk memindahkan semua perabot di luar ruangan dan amankan ventilasi yang baik juga.

Kiat: Saat merencanakan waterproofing lantai kayu, pastikan Anda memilih seutas hari yang hangat dan kering karena hari hujan dan kelembapan tinggi dapat membuat mantel mengering lebih lama.

Berdasarkan kayu dan kualitas dan umurnya, pilih jenis finishing material yang tepat untuk digunakan. Paling umum, orang memilih urethane, baik dengan minyak atau pangkalan air. Juga, pastikan untuk memeriksa bahwa sealer pilihan Anda adalah variasi yang baik dan tajam.

Langkah 2 – Pasir

Mulai pengamplasan permukaan kayu dengan amplas grit medium, pastikan untuk benar-benar menghabiskan waktu di atasnya. Semakin menyeluruh Anda, semakin baik hasil akhirnya. Setelah itu, bersihkan dan hamparkan permukaan lantai sekali lagi, dan pastikan juga untuk membersihkan dinding debu untuk menyingkirkan debu yang tersisa. Pembersihan adalah bagian yang paling memakan waktu dari waterproofing.

Langkah 3 – Letakkan Mantel Pertama

Tambahkan lapisan sealer pertama ke lantai kayu Anda menggunakan trik kuno: oleskan urethane dengan lap wol atau kain pel yang terbuat dari bahan alami tebal. Anda juga bisa membeli aplikator wol. Menggunakan bahan ini akan memastikan lapisan yang halus dan bahkan pertama, yang penting untuk hasil akhir yang sama rata. Setelah selesai, keluarkan ruangan dan biarkan lantai benar-benar kering.

Langkah 4 – Tambahkan Lapisan Berikutnya

Pastikan bahwa lapisan sealer pertama telah mengering untuk waktu yang sesuai seperti yang ditunjukkan pada produk Anda. Ini akan mencegah kemungkinan sakit kepala dengan menambahkan beberapa lapisan berikutnya. Setelah selesai, keluarkan semua tonjolan dan kerutan pada lapisan awal dengan ampelas agar tidak muncul di permukaan yang telah selesai. Sapu dan hampa semua debu lagi sebelum Anda meletakkan lapisan berikutnya dengan kain pel Anda.

Beberapa pemilik rumah terus menambahkan sealer tetapi ini tidak diperlukan jika kayu dalam kondisi yang baik atau jika lebih baru dan dua mantel sebelumnya dilakukan dengan baik. Apapun, sepertiga dapat memberikan tampilan yang lebih baik dan waterproofing yang lebih kuat. Jika Anda memilih untuk menambahkannya, cukup ikuti prosedur yang sama seperti sebelumnya: biarkan uretana benar-benar kering, kelancaran keluar ketidaksempurnaan, bersihkan, dan akhirnya sikat pada lapisan baru.

Cara Waterproofing Dek Kayu

Untuk memastikan dek kayu Anda tetap menjadi salah satu aset terindah di rumah Anda, Anda harus menggunakan kayu tahan air. Membiarkannya terkena unsur-unsur dapat mempercepat keausan dan membuang investasi Anda sebelum Anda menyadarinya. Waterproofing akan memberikan dek jangka hidup yang lebih panjang dan membuatnya tampak seperti baru saja dibangun. Jadi, ikuti langkah-langkah di bawah dan berikan perlindungan yang dibutuhkan kayu.

Langkah 1 – Mempersiapkan Area

Penting untuk memiliki ruang kerja yang bersih dan jelas, jadi mulailah dengan menghapus semua barang dari dek Anda, termasuk perabotan dan alat pemanggang. Carilah papan yang longgar atau kerusakan setelah permukaannya bersih, dan lakukan perbaikan yang diperlukan saat ini.

Selanjutnya, gunakan amplas untuk menghaluskan semua bintik kasar atau kerusakan kosmetik ringan, seperti bantingan atau serpihan, dan kemudian bersihkan puing-puing. Menindaklanjuti dengan membersihkan geladak secara menyeluruh dengan sikat semak yang kaku dan air. Bilas dengan air bersih setelah dan biarkan kayu benar-benar kering. Ingat, meskipun bagian atas mungkin terlihat kering, bisa memakan waktu hingga dua hari untuk bagian dalam penghiasan untuk kering juga.

Langkah 2 – Terapkan Sealer Tahan Air

Selanjutnya adalah sealant. Amati cuaca dan rencanakan langkah ini untuk serangkaian hari yang cerah. Dengan menggunakan pengaduk cat, campurkan sealer secara menyeluruh, lalu tuangkan ke dalam nampan cat dengan baki pelapis di dalamnya. Lapisi kayu dengan sealer menggunakan roller tidur bebas serat berukuran 1/2 inci dengan menggulungnya seolah-olah Anda sedang melukis. Bekerja dengan dua hingga tiga bagian papan pada satu waktu, menggulung sealer dalam lapisan tipis, bahkan. Kemudian, gunakan kuas cat kecil untuk mendapatkan sudut dan pagar. Untuk mendapatkan adhesi yang benar pada kayu, pastikan untuk menerapkan beberapa lapisan tipis, bukan lapisan yang lebih sedikit dan tebal, dan gunakan waktu Anda.

Langkah 3 – Bagikan Sealer

Untuk memastikan bahwa sealer Anda didistribusikan secara merata, periksa setiap bagian setelah aplikasi dengan pad wol domba. Ini juga akan memberikan tampilan kelancaran dalam hasil akhir. Jika Anda tidak yakin maka lakukan aplikasi dengan roll, karena sanding sealer berwarna transaparan lakukan mulai dari pinggir terlebih dahulu baru ke area tengah.

Langkah 4 – Terapkan Lebih Banyak Coats

Tambahkan lapisan waterproofing lain sementara yang pertama masih basah. Dengan bekerja di bagian-bagian kecil, Anda akan dapat mengenakan dua lapis sekaligus tanpa menghalangi diri Anda. Lanjutkan dengan cara yang sama ini sampai Anda menambahkan sebanyak mungkin sealer karena Anda harus menjaga agar kayu tetap terlindung dengan baik.

Setelah Anda melewati seluruh dek, biarkan sealer benar-benar kering sebelum Anda membawa furnitur atau memanggang kembali. Baca instruksi untuk produk spesifik Anda untuk memastikan Anda memberikan waktu yang cukup kering, tidak peduli apa pun yang Anda gunakan. Biasanya waktu kering membutuhkan waktu semalaman.

Untuk memasikan Anda tidak merusak lantai yang sedang diberikan lapisan coating berikan tanda agar orang lain tidak menginjak. Untuk produk yang direkomendasikan baik itu lantai rumah Anda atau lantai dek kolam renang Anda bisa menggunakan produk Biothane. Produk ini sangat mudah untuk diaplikasikan dan juga sangat tahan terhadap cuaca. Jadi produk ini sangat direkomendasikan Anda yang menginginkan lantai kayu lebih tahan lama.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH