Aplikasi Cat Kayu Water Based Tepat

Karena pelarutan cat pelarut berbasis lingkungan baru-baru ini diganti di pasar oleh cat kilau berbasis air, yang terakhir lebih mudah untuk dibuang, karena dampaknya yang relatif jinak pada ekosistem penting. Pembersih berbasis air dapat dibersihkan dari sikat tanpa menggunakan pelarut dengan campuran sabun dan air, membuatnya kurang berbahaya bagi kesehatan karena tidak adanya asap untuk menghirup. Dibandingkan dengan varietas berbasis pelarut, cat berbasis air cenderung tidak kuning dan tidak memancarkan bau yang kuat.

Aplikasi Cat Kayu Water Based Tepat
Aplikasi cat water based warna putih dengan kuas.

Namun itu tidak sama dengan pelarut gloss yang kebanyakan orang gunakan, dan memang membutuhkan perlakuan yang berbeda.

Bekerja Dengan Cat Water Based Tampilan Gloss

Cat berbasis air telah dikembangkan sebagai alternatif dari cat berbasis pelarut saat ini. Ini menawarkan banyak keuntungan untuk dekorator, waktu pengeringan cepat, bau rendah, membersihkan air dll. Tetapi sering ditemukan sulit untuk diterapkan tanpa meninggalkan bekas kuas (tramlines). Ini sering menyebabkan cat disalahkan – tetapi ini tentang teknik aplikasi yang berbeda.

Sebelum menggunakan kuas sintetis dalam waterbased gloss, penting untuk membasahi dan memutar kuas, ini akan mencegah pengeringan cat pada stok. Jika menggunakan sikat selama lebih dari 30 menit basahi sisir sikat dan tarik melalui filamen. Jika cat mengering terlalu cepat dianjurkan untuk meredam permukaan dengan spons untuk meningkatkan waktu buka.

Permukaan harus disiapkan dengan benar sebelum menerapkan air berbasis gloss karena kecenderungan cat untuk mengupas permukaan yang tidak disiapkan secara memadai. Cat yang ada harus dilepaskan sebelum mantel baru diterapkan dan ini dapat dicapai melalui penggunaan pencakar cat dan, jika cat terlalu keras kepala untuk menghapus dengan scraper saja, dengan senapan panas – meskipun perawatan harus diambil ketika menggunakan senapan panas untuk menghindari meninggalkan bekas hangus. Permukaan tanpa cat harus digerus dengan amplas atau grit blaster dan permukaan yang terabrasi harus sedikit dibasahi dengan spons basah.

Memilih kuas yang tepat untuk menerapkan gloss berbasis air akan memiliki dampak yang signifikan terhadap kualitas kuas cat dan serat sintetis cenderung menghasilkan penyelesaian yang lebih baik daripada sikat serat alami. Bahan sintetis yang digunakan dalam pembuatan bulu sikat cat, yang meliputi nilon, poliester dan polipropilena, lebih lembut daripada rekan-rekan alami mereka dan menyebabkan lebih sedikit kerusakan pada permukaan yang halus sambil memastikan penyelesaian yang lebih halus. Serat sintetis kurang porous dari serat alami karena itu cenderung menyerap air, memungkinkan lebih banyak air berbasis gloss pada sikat.

Lateks, atau cat berbasis air, cat sering digunakan untuk mengecat dinding interior atau perabotan yang tidak terkena unsur-unsur. Cat lateks dapat mengental kadang-kadang ketika tidak digunakan dan mungkin perlu menipis sebelum Anda dapat mulai melukis. Ikuti tips di bawah ini untuk mencegah penebalan cat Anda dan pelajari cara terbaik untuk cat berbahan dasar air tipis jika pencegahan gagal.

  1. Hindari Membiarkan Cat Terbuka

Salah satu cara termudah untuk menghindari penebalan cat berbahan dasar air Anda adalah dengan menutup tutup kaleng ketika Anda selesai menuangkan cat ke dalam ember atau panci gulung. Membiarkan penutup cat terlalu lama akan memungkinkan uap air menguap dari cat, yang pada gilirannya akan membuatnya lebih tebal. Jadi, segera setelah Anda menuangkan cat Anda, tutup kaleng cat.

Tip: Selain itu, lapisan tipis air pada permukaan cat sangat bagus untuk menjaga cat agar tidak terlalu tebal saat Anda membiarkannya. Tuang sedikit air dengan sangat perlahan di atas cat di kaleng. Jika Anda menuangkannya terlalu cepat, itu hanya akan bercampur dengan cat.

  1. Jangan Simpan Cat Terlalu Panjang

Jika memungkinkan, cobalah untuk menghindari menyimpan cat lateks terlalu lama. Seiring waktu, cat berbasis air akan mulai mengental karena kelembaban menguap dan konsistensinya akan menjadi jauh lebih keras, bahkan tekstur yang menyerupai dempul.

  1. Teruslah Mengaduk

Jika Anda tidak dapat mencegah cat Anda menjadi tebal, akan membutuhkan kerja keras agar bisa digunakan kembali. Untungnya, ini bukan kerja keras.

Ketika dibiarkan duduk untuk waktu yang lama, cat lateks akan mengeluarkan, dengan partikel yang lebih berat mengendap di bagian bawah. Sebelum mencoba mengencerkan cat, aduk, aduk, lalu aduk lagi. Semakin Anda mengaduk cat berbasis air Anda, semakin halus itu akan menjadi. Jika Anda memiliki latihan, pertimbangkan membeli ekstensi pengaduk cat untuk membuat proses lebih mudah dan lebih efisien. Batang pengaduk bor listrik sangat tajam. Masukkan atau lepaskan attachment pengadukan dengan bor listrik unplugged.

Saat mengaduk cat Anda, perlu diingat bahwa mengaduk cat selama satu menit atau lebih biasanya tidak akan mencampur cat dengan baik. Jika Anda mengaduk cat dengan tangan, aduk cat terus-menerus setidaknya selama lima atau 10 menit.

Anda akan ingin menggerakkan gerakan spiral ke atas dan ke bawah untuk mencampurnya dengan baik; Namun, cara terbaik untuk mengencerkan dan mengaduk cat lateks adalah dengan menuangkan cat bolak-balik di antara dua kaleng cat.

Tip: Juga, ketika menggunakan lebih dari satu galon warna kustom, Anda harus menuangkan cat berulang-ulang untuk mencampur cat. Ini disebut ‘tinju’ cat dan itu akan membuat warna Anda lebih konsisten di antara kaleng karena warna khusus diketahui sedikit berbeda dengan setiap campuran.

  1. Gunakan Air untuk Cat Berbasis Air Tipis

Jika pengadukan tidak cukup dan Anda perlu menambahkan cairan ke cat berbahan dasar air untuk mengencerkannya, cobalah air sebelum menambahkan yang lain.

Aplikasi Cat Kayu Water Based TepatTambahkan satu atau dua ons air ke kaleng dan kemudian aduk rata. Terus tambahkan air sedikit demi sedikit sampai konsistensi yang diinginkan tercapai. Jika Anda menambahkan terlalu banyak air di awal, Anda akan menemukan bahwa banyak waktu yang diperlukan untuk mencampur cat secara menyeluruh, jadi ingat, tambahkan sedikit, lalu aduk sedikit. Lanjutkan prosesnya sampai konsistensi cat tepat.

  1. Gunakan Aditif

Ada beberapa produk komersial berbeda yang tersedia untuk menipiskan cat berbasis air. Jika Anda melihat di bagian cat dari toko perbaikan rumah lokal, Anda akan menemukan produk yang dapat ditambahkan untuk menipis. Aditif komersial ini diiklankan untuk membantu mengencerkan cat dan juga bertindak sebagai pelapis cat, membuat cat lebih mudah diaplikasikan dan membantu menghilangkan bekas kuas yang tidak sedap dipandang. Meskipun jenis aditif komersial ini dapat efektif, tetapi juga mahal. Jadi, coba tambahkan air terlebih dahulu. Juga, sekali aditif tersebut dimasukkan ke dalam kaleng cat lateks, cat memiliki masa simpan yang sangat singkat.

Jika, setelah semua ini, cat Anda terlalu jauh untuk digunakan, sebaiknya hanya membuangnya dan mulai dengan kaleng baru. Dalam hal ini, pastikan untuk membuangnya dengan benar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here