Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Kayu Jati Sebagai Furnitur

Siapa pun yang melakukan sedikit riset sebelum membeli perabotan baru  terutama furnitur teras hampir pasti akan melintasi beberapa iklan untuk kayu jati. Salah satu hal pertama yang akan membuat para pembeli potensial adalah furnitur yang dibuat dari kayu jati secara konsisten termasuk yang paling mahal. Mengapa? Alasannya adalah bahwa jati berharga baik untuk penampilan dan keawetannya. Di luar keindahannya, ia juga memiliki beberapa sifat alami yang tidak dimiliki oleh hutan lain.

Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Kayu Jati Sebagai Furnitur
Kumpulan log kayu jati.

Jati selalu menjadi bahan berharga. Pohon jati berasal dari, Tectona grandis, berasal dari daerah tropis. Sejak sekitar abad ke-7, telah digunakan untuk pakaian dan menghiasi tempat tinggal yang kaya dan kuat. Reputasi kayu itu membuat kaya negeri Belanda, yang menjajah Indonesia. Mereka menggunakan kayu untuk pembuatan kapal; jati untuk kayu kapal yang sangat baik karena kemampuannya untuk mencegah pembusukan kayu kering (akan mendapatkannya dalam satu menit).

Jati ditemukan di negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand, Burma dan Malaysia, tetapi mungkin tidak ada pemerintah pusat yang mengambil Jati sama seriusnya dengan Indonesia. Sejak era pascakolonial negara Indonesia sekitar pada pertengahan abad ke-20, pemerintah Indonesia telah memiliki sebuah perusahaan di tempat yang didedikasikan untuk mengelola salah satu sumber daya alam yang paling berharga. Perusahaan, PT Perhutani, mempertahankan perkebunan jati resmi di pulau Jawa di Indonesia. Di sini, sejumlah pohon yang telah ditentukan dapat ditebang setiap tahun. Setiap pohon diganti dengan yang baru yang ditanam di perkebunan.

Karena mebel kayu terbaik yang terbuat dari kayu jati berasal dari pohon dewasa, maka bisa memakan waktu sekitar 80 tahun sebelum pohon jati yang ditanam hari ini dipanen untuk menjadi kayu kayu furnitur. Karena itu, dan karena jati adalah bahan kayu yang sangat bagus, kayu jati tua sering direklamasi misalnya, dari struktur lama yang akan diruntuhkan dan diberi penampilan baru sebagai furnitur.

Mengapa Kayu Jati Berharga Sangat Mahal?

Cukup jelas bahwa orang-orang menilai keualitas kayu jati di atas rata-rata panjang pohon pinus atau pohon ek Anda. Tapi kenapa begitu, sebenarnya? Jawabannya terletak pada minyak alami dan karet yang ditemukan di dalam jati.

Anda akan menemukan banyak minyak alami dan karet yang terkunci tepat ke pori kayu yang rapat. Semua kayu mengandung minyak yang melindungi pohon pikirkan getah maple atau minyak pohon teh. Jati, bagaimanapun, dapat mempertahankan minyak ini dan karetnya bahkan setelah ditebang dan diproses. Karena itu, kayu jati memiliki sifat tahan cuaca yang lebih alami daripada jenis kayu lainnya. Ketika dikeringkan hingga tingkat kelembaban yang tepat sekitar 10 persen dari kandungan aslinya minyak dan karet tahan cuaca kayu. Minyak juga melindungi kayu dari pembusukan kering, yang merupakan masalah umum pada furnitur kayu tua. Terlebih lagi, minyak dan karet melindungi jantung kayu dari penjajah seperti jamur dan parasit yang dapat merusak kayu lainnya. Melindungi furnitur kayu dari penyusup seperti itu membutuhkan aplikasi minyak dan perawatan cuaca namun tidak demikian dengan jati.

Semua ini menjadikan jati sebagai bahan yang sempurna untuk furnitur luar ruangan. Seiring bertambahnya cuaca dari waktu ke waktu, kayu berubah dari warna coklat madu menjadi abu-abu licin. Meskipun jati mahal, Anda dapat mengambil uang yang akan Anda gunakan untuk waterproofing tahunan dan menerapkannya untuk membeli furnitur jati luar ruangan. Karena jati juga merupakan kayu yang sangat tahan lama dan kuat, pemilik set teras jati dapat mengharapkan pembeliannya berlangsung selama bertahun-tahun. Di gua-gua di India Barat, benda-benda yang terbuat dari kayu jati lebih dari 2.000 tahun yang lalu telah ditemukan utuh sangat mengherankan karena kayu yang tidak dirawat, tidak diolah. Ini juga mengimbangi biaya awal jati, terutama sekali Anda mempertimbangkan biaya penggantian furnitur.

Namun beberapa kayu jati lebih baik dari yang lain. Salah satu bagian dari jenis kayu jati, yang disebut sapwood, tidak memiliki sifat kuat yang sama seperti yang dibuat oleh jati dari jantung pohon. Sapwood diberi nama untuk lapisan luar pohon apa pun; lapisan bagian dalam pohon secara kolektif dikenal sebagai jantung atau heartwood. Pohon tumbuh keluar dari pusat, sehingga minyak alami pohon ditemukan lebih banyak di dalam hatinya. Hal ini membuat kayu jati lebih berharga daripada gubal, yang membuat hati jati lebih mahal. Selain itu, pohon memiliki lebih banyak gubal daripada kayu hati, yang juga menyebabkan kenaikan harga.

Jika Anda memutuskan untuk mengambil banyak uang untuk mebel kayu jati yang dibuat dengan baik dengan kandungan air yang rendah dan yang bersertifikat telah dipanen secara lestari dari cagar hutan PT Perhutani, tidak banyak yang harus Anda lakukan kecuali duduk kembali dan menikmatinya. Tentu, Anda akan membayar harga tinggi untuk perabotan Anda, tetapi Anda mungkin akan puas dengan pembelian Anda dalam jangka panjang. Jadi inilah alasan sehingga kayu jati bernilai sangat mahal. s

Mengenal Kekuatan Jayu Jati

Jati mudah untuk bekerja, relatif ringan, dan kerusakan dari pergerakan musiman yang minimal. Dengan rating Janka 1000lbf, kayu jati cukup keras untuk menahan penyok dan goresan sementara masih mudah dipotong dan dibentuk. Jati memiliku rongga kayu atau memiliki pori-pori sedang, dan biasanya memiliki serat lurus. Semua faktor ini membuat kayu ideal untuk sebagian besar proses pengerjaan kayu, namun tidak akan mengamplas ke permukaan yang halus karena banyak pori-pori terbuka.

Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Kayu Jati Sebagai Furnitur
furnitur luar ruangan dengan kayu jati.

Daya tahan pembusukan kayu jati yang luar biasa sebagian besar disebabkan oleh kandungan minyak kayu yang tinggi, yang anehnya, memiliki sedikit efek negatif pada menempelkan kayu. Sementara kayu lainnya memiliki ketahanan pembusukan tinggi, jati hanya sedikit yang berlimpah, bisa diterapkan, dan ringan seperti jati. Berat rendah jati sangat penting untuk penggunaannya pada furnitur luar ruangan. Perbedaan berat antara kayu jati dan kayu tahan cuaca lainnya, seperti ipe, dapat berarti perbedaan beberapa pon pada sesuatu yang sekecil kursi makan.

Meskipun daya tahan tinggi dan ketahanan air, jati masih tunduk pada efek yang dikenal sebagai pemudaran akibat papparan panas matahari. Untuk semua jenis kayu, paparan sinar matahari yang lama akan memudar permukaan warna kayu sampai hampir abu-abu padat. Jati dapat dengan mudah dikembalikan dari keadaan ini dengan beberapa pengamplasan cepat dan aplikasi ringan sealant, melestarikan warna alami kayu selama beberapa tahun lagi.

Jati mungkin mahal bagi sebagian orang, tetapi tidak ada kayu lain yang menunjukkan kombinasi kerja yang luar biasa, tahan cuaca, dan keindahan. Seperti impor mahal lainnya, kayu ini harus disediakan untuk digunakan pada benda-benda dan instalasi berkualitas untuk diturunkan. Jadi apabila Anda ingin memiliki warisan anak cucu berupa furnitur maka kayu jati adalah material yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here