Masih Menggunakan Cat Oil? Ganti Pakai Cat Kayu Water Based

Pengrajin kayu sudah mulai berganti menggunakan cat kayu water based dari cat oil atau solvent. Rasakan manfaat menggunakan cat water based.

Cat oil atau yang lebih dikenal dengan cat solvent ini sudah digunakan oleh manusia sejak zaman dahulu. Cat solvent yang terbuat dari minyak membutuhkan bahan pencampur berupa thinner dan tingkat kilap yang tinggi. Saat ini masih banyak pengrajin menggunakan cat solvent. Masalahnya, furniture ekspor menentukan syarat cat yang aman, sedangkan kandungan kimia thinner banyak yang merupakan zat kimia berbahaya. Maka pengrajin perlahan sudah mulai beralih menggunakan cat kayu water based yang dianggap aman untuk furniture ekspor.

Cat-kayu-water-based-yang-aman

Cat solvent tidak aman dikarenakan kandungan yang ada di dalamnya banyak terdapat zat kimia berbahaya yang jika digunakan manusia dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Walaupun para pengrajin kayu menggunakan masker pada saat finishing kayu, partikel cat yang menyebar di dalam udara akan tetap terhirup . Partikel yang terhirup tersebut akan masuk ke dalam tubuh sehingga dapat menimbulkan banyak penyakit seperti kanker yang berujung pada kematian. Tidak hanya penyakit kanker saja kandungan kimia berbahaya tersebut juga bisa menyebabkan penyakit turunan. Tentu Anda tidak ingin keturunan Anda mengidap penyakit karena cat solvent bukan?

5 Keuntungan Cat Kayu Water Based

Dari efek menyeramkan dari cat solvent tentunya Anda lebih baik beralih menggunakan jenis water based atau cat kayu campuran air mulai dari sekarang. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda rasakan baik dalam jangka waktu dekat dan jangka waktu lama seperti di bawah ini:

  1. Lebih aman dan ramah lingkungan. Jika cat sovlent banyak mengandung zat kimia berbahaya, sebaliknya cat water based tidak. Cat ini dibuat dengan kecanggihan teknologi yang mengubah air menjadi bermanfaat sebagai bahan cat. Selain itu bahan pencampurnya hanya membutuhkan air yang tentunya tidak mengandung zat kimia berbahaya.
  2. Ongkos produksi yang murah. Jika melihat dari nominal saja cat water based memang tidak dapat mengungguli cat solvent. Tetapi jika berbicara tentang total keseluruhan produksi cat water based lebih unggul. Mengapa? Cat solvent dengan harga murah harus didampingi bahan pencmapur berupa thinner atau spiritus yang jika di total akan memakan baiya lebih banyak. Jika cat water based Anda hanya membutuhkan bahan pencampur air sehingga total biaya tidak akan banyak.
  3. Lebih tahan lama. Dengan fleksibilitas tinggi, cat water based tidak mampu melindungi furniture indoor maupun outdoor. Cat dengan kelenturan tingga dapat beradaptasi pada cuaca panas maupun hujan sehingga warna tidak pudar dan cat tidak pecah-pecah. Sedangkan cat solvent seperti cat melamin tidak mampu melindungi pada furniture outdoor karena tidak tahan terhadap panas matahari.
  4. Tidak memiliki bau menyengat. Bau selalu menjadi pemasalahan ketika Anda menggunakan cat solvent. Bau menandakan cat mengandung formalin yang tinggi sehingga ketika menghirupnya akan sangat berbahaya. Cat water based tidak memiliki bau menyengat sehingga tidak merusak lingkungan.
  5. Lebih cepat kering. Kelebihan ini yang tidak dimiliki cat solvent. Cat kayu water based dapat dengan cepat mengering tanpa panas matahari karena air yang menguap tidak harus dipicu panas matahari. Sedangkan cat solvent sendiri membutuhkan panas matahari agar minyak menguap dan cat meresap ke dalam pori-pori kayu.

Basis Cat Kayu Water Based di Indonesia

Lalu di mana Anda mednapatkan cat water based untuk kayu? Jawabannya adalah pada website ini. Anda tidak perlu repot-repot mencari produk cat water based di toko bangunan terdekat. Anda bisa menghubungi costumer service via telepon, sms dan WA di nomor 0822 1935 7399 . Cat kayu water based merk Biovarnish yang ditawarkan sangat lengkap mulai dari Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain dan juga Biovanrish Clear Coat dengan dua tampilan baik gloss dan doff.  Cat Biovarnish merupakan salah satu merk cat pelopor di Indonesia yang saat ini banyak diminati oleh pengrajin furniture ekspor. Anda tertarik? Segera pesan jangan sampai ketinggalan.

Artikel "Info News"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.