Pentingnya Mengetahui Cat Kayu Masih Bisa Diaplikasikan atau Tidak

Ketika disimpan dengan benar, kaleng lateks atau cat berbasis minyak yang belum dibuka harus memiliki umur simpan 2 tahun. Penyimpanan terbaik untuk cat adalah di tempat yang sejuk dan kering, jauh dari suhu panas dan dingin yang ekstrim. Cat tidak boleh dibiarkan membeku dan harus disimpan jauh dari ruangan panas seperti dapur dan peralatan penghasil panas lainnya.

Saat berurusan dengan bahan cat maka pasti pertanyaan yang harus selalu Anda tanamkan adalah tanggal kadaluarsa dari cat yang akan Anda beli. Anda bisa menanyakan hal tersebut pada pegawai toko dan berapa lama penyimpanannya setelah cat telah dibuka.

Pertanyaan lainnya adalah bagaimana Anda akan menyimpan cat tersebut, baik cat baru maupun sisa bahan car, garasi atau penyimpanan cat adalah: Apakah cat menjadi buruk? Kapan cat menjadi buruk? Apakah cat ini masih bagus? Jawaban singkatnya adalah ya, cat menjadi buruk. Di luar itu, apakah itu masih bagus atau tidak tergantung pada jenis cat yang Anda miliki dan kondisi di mana ia disimpan.

Jika disimpan dengan benar Anda dapat menggunakan cat berbasis minyak hingga 15 tahun dan cat berbasis air hingga 10 tahun. Cat yang telah terkena suhu ekstrim akan rusak. Temperatur yang ekstrim adalah apa pun di bawah 50 ° F atau di atas suhu kamar (72 ° F). Kemungkinan cat Anda telah terkena suhu ini jika Anda menyimpannya di garasi atau gudang Anda. Cat harus selalu disimpan di area yang dikontrol iklim.

Penutup kaleng cat yang ketat adalah rahasia untuk umur panjang cat Anda. Tanpa segel yang ketat, satu dari dua hal akan terjadi: cat akan mengering atau bakteri akan masuk dan membuat cat tidak dapat digunakan. Ada dua cara untuk mengetahui apakah cat Anda sudah rusak. Yang pertama adalah mengaduknya. Jika chunky atau bertekstur itu buruk. Kedua adalah menciumnya. Jika baunya seperti ikan atau seperti sesuatu selain cat, singkirkan itu.

Segera setelah Anda membeli warna cat baru tuliskan nama merek, nama warna, jenis cat (minyak, lateks, akrilik), jenis selesai (datar, satin, semi-gloss, gloss) dan formula. Formulanya biasanya ditulis dalam serangkaian huruf dengan angka setelahnya. Ini adalah informasi penting karena jika Anda ingin menyimpan lebih banyak cat, Anda akan membutuhkan angka-angka ini untuk mendapatkan kecocokan yang sesungguhnya.

Ciri-Ciri Cat Kayu Sudah Kadaluarsa

Pastikan bahwa sisa cat water based atau cat solvent yang telah disimpan di garasi Anda tidak rusak sebelum digunakan. Mengecat di ruangan dengan cat water based yang buruk dapat menyebabkan bau menyengat yang menjadi semakin kuat. Cat water based yang buruk juga dapat meninggalkan tampilan kasar pada permukaan yang dicat dan dapat dengan cepat mulai mengelupas.

Pentingnya Mengetahui Cat Kayu Masih Bisa Diaplikasikan

Kaleng cat tidak diberi label dengan tanggal kedaluwarsa, sehingga petunjuk lain harus memberitahu Anda jika cat telah menjadi buruk. Berikut ini beberapa tips untuk Anda lebih mudah mengetahui bagaimana kondisi cat telah kadaluarsa:

  • Bongkar tutup kaleng dengan obeng dan bau di dalam. Ketika cat masih bagus dan masih bisa digunakan, kaleng penuh dengan gas yang menghasilkan bau kimia yang kuat. Cat telah menjadi buruk ketika memiliki bau tengik yang kuat.
  • Tentukan apakah pelarut telah terpisah secara permanen dari partikel cat dengan mencampur cairan – yang mungkin telah menetap di atas – kembali ke dalam cat dengan tongkat pengaduk. Ketika kulit tipis dari cat yang mengeras telah terbentuk di atas, keluarkan sebelum pencampuran. Catnya bagus ketika cairan dan cat menyatu dengan lancar.
  • Periksa cat setelah mengaduknya untuk memastikan itu adalah satu warna yang konsisten. Cat yang tidak menyatu dengan warna aslinya tidak bagus.
  • Tuangkan cat dari kaleng ke dalam wadah bersih lainnya. Periksa bagian bawah cat dapat untuk lapisan cat yang mungkin telah diselesaikan dan dipadatkan. Cat buruk ketika lapisan karet ini tidak bercampur kembali ke cat.

Cara Menyimpan Cat Kayu yang Benar

Ketika Anda selesai dengan proyek pengecatan, selalu ada sedikit cat sisa yang mungkin Anda inginkan untuk sentuhan atau menggunakan hari lain. Penting untuk memastikan Anda menyimpannya dengan benar sehingga ketika Anda membukanya kembali atau memutuskan untuk mendaur ulangnya, itu masih bisa digunakan. Ketika saatnya untuk menyimpan cat Anda, cobalah untuk menemukan tempat yang kering, sejuk, dan gelap. Berikut adalah beberapa tips lain yang dapat membantu memastikan cat Anda disimpan dengan benar.

  • Saat membuka cat Anda, jangan menggunakan obeng. Sebagai gantinya, gunakan kunci cat. Ini alat yang tepat untuk pekerjaan itu. Kunci cat membuatnya lebih mudah untuk membuka kaleng tanpa membengkokkan atau merusak tutupnya. Ini akan memudahkan Anda untuk menutup kembali rapat ketika Anda menutupnya di akhir proyek Anda.
  • Hindari menyeka tepi sikat Anda di tepi kaleng cat. Sebagai gantinya, cobalah gantungkan karet gelang di bagian atas kaleng cat dan gunakan itu untuk menghapus sikat Anda. Ini akan membantu mencegah lingkaran kaleng Anda dari penumpukan cat, juga mempermudah menutup kaleng saat Anda setelah selesai digunakan.
  • Pentingnya Mengetahui Cat Kayu Masih Bisa Diaplikasikan
  • Saat menutup cat Anda, tutupi kaleng dengan selembar plastik sebelum Anda menutupnya. Bungkus plastik akan berfungsi sebagai paking, menciptakan segel yang lebih ketat untuk menjaga udara dan membuat cat lebih segar lebih lama.
  • Cat dapat membeku pada suhu yang sama dengan air, jadi selalu ingat untuk menyimpannya di tempat yang dingin, tetapi tidak terlalu dingin. Satu pembekuan mungkin tidak membuat perbedaan, tetapi semakin banyak cat membeku dan mencair, semakin besar kemungkinan akan rusak. Jika Anda bisa mengaduk cat menjadi konsistensi yang halus, seharusnya tetap bagus.
  • Karat yang jatuh ke cat Anda adalah cara yang pasti untuk membuatnya tidak dapat digunakan. Ketika mengecat wadah basah, mereka akan berkarat dan labelnya mudah rontok. Kaleng dan tutup kaleng dapat membuat berantakan dan berantakan ketika Anda mengatasinya, jadi penting untuk menjaga kaleng-kaleng Anda keluar dari hujan atau lokasi lembap – jaga wadah cat Anda tetap kering.
  • Simpan catatan pada kaleng untuk mempermudah menemukan apa yang Anda butuhkan. Letakkan titik cat pada tutupnya dan di sisi kaleng sebelum Anda menyimpannya dan gunakan spidol untuk mencatat di mana Anda membeli cat, tanggal, dan di mana itu digunakan.

Bahkan jika Anda berpikir Anda akan menyingkirkan sisa cat Anda, mengikuti tips ini akan membantu menjaga cat Anda dalam kondisi baik sehingga orang lain dapat menggunakannya atau mendaur ulangnya.

Jadi daripada membuang banyak sisa cat Anda, menyimpan dan menggunakan dikemudian hari akan lebih hemat dan juga tidak akan memberikan banyak limbah. Penggunaan ulang dari sisa cat bisa Anda kombinasikan dengan berbagai macam warna lainnya.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH